Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Netflix Rilis Ranking ISP Indonesia, Biznet dkk Juara dan Telkom di Urutan Akhir

2 2.184

Salah satu media hiburan yang paling banyak diakses oleh masyarakat, terutama selama pandemi berlangsung adalah platform streaming video. Menjadi yang paling populer, Netflix telah merilis daftar internet service provider (ISP) atau penyedia internet di seluruh dunia yang diurutkan berdasarkan kecepatan akses platform-nya.

Melalui situs khusus bernama “Netflix ISP Index”, Netflix melakukan komparasi performa jaringan dari masing-masing ISP di seluruh dunia. Tujuannya tentu saja untuk berikan informasi ke konsumen, ISP mana saja yang kencang atau optimal untuk mengakses layanan streaming video mereka. Sekadar kencang saja tidak menjamin optimal.

Dari daftar yang dirilis, Indonesia termasuk salah satu negara yang disediakan komparasinya oleh Netflix. Dari hasil tersebut, mungkin bakal terjawab pertanyaan dari Gizmo friends yang keluhkan koneksi lemot saat mengakses Netflix, meski dengan paket internet berkecepatan tinggi sekalipun.
Baca juga: Ini Perbandingan Layanan Streaming Disney+ Hotstar, Netflix, dan Amazon Prime

Metode Netflix Untuk Urutkan Performa ISP

Dalam berikan daftar performa ISP-nya, Netflix juga beberkan metode-metode yang digunakan sebagai penilaian. Yang pertama adalah dengan kalkulasi kecepatan dalam besaran Mbps, dengan rentang 0,5Mbps. Setelah itu, dihitung seberapa konsisten kecepatan ISP tersebut dalam satuan jam.

Pada pengujian kedua, dinilai bobot nilai dari satu ISP berdasarkan kecepatan rata-ratanya, untuk hasilkan metrik indeks kecepatan. Selain itu, pengujian juga dilakukan pada waktu “prime time”, di mana tiap negara bisa berbeda-beda.

ISP yang terpilih adalah ISP yang banyak digunakan oleh setidaknya lebih dari 1%, dari jumlah tayang Netflix di negara tersebut. Data diambil pada akhir tahun lalu, di minggu kedua bulan November 2020. Lantas bagaimana dengan hasilnya?

Telkom Paling Lambat Akses Netflix

Netflix ISP Leaderboard Indonesia

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, total ada 8 ISP yang diuji oleh Netflix di Indonesia. Yaitu Biznet, Cyberindo Aditama, GIG milik Indosat Ooredoo, MNC Play, MyRepublic, LinkNet atau First Media, XL Home serta Telkom (Indihome).

Urutan penyebutan di atas juga sudah berurutan dari performa paling tinggi, hingga paling lamban. Kelima ISP pertama miliki rata-rata kecepatan yang sama saat digunakan untuk streaming konten Netflix di 3,4Mbps. Sementara LinkNet dan XL Home di 3,2Mbps, dan Telkom (Indihome) pada urutan terakhir di 1Mbps.

Jadi kalau Gizmo friends merasa kualitas video maupun koneksi putus-putus saat akses Netflix menggunakan Indihome, mungkin inilah jawabannya. Belum diketahui pasti kenapa ISP dari Telkom hasilkan kecepatan paling kecil. Padahal, sudah secara resmi tidak memblokir penyedia konten streaming satu ini sejak beberapa bulan lalu.

Dan dari hasil komparasi di atas, Gizmo friends yang mungkin baru berencana untuk memasang ISP atau berpindah, bisa konsiderasi satu dari lima urutan teratas yang punya kecepatan paling kencang untuk streaming Netflix. Dipilih saja sesuai ketersediaan di masing-masing daerah ya.