Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Perbandingan Layanan Streaming Disney+ Hotstar, Netflix, dan Amazon Prime

0 1.108

Peta layanan streaming video di Indonesia semakin sengit. Setelah pada akhir April yang lalu Hooq menutup layanannya, pada September ini justru ada pemain baru. Tak tanggung-tanggung, pemain baru itu adalah Disney+ yang masuk Indonesia melalui Hotstar dengan partner telco Telkomsel.

Hotstar adalah platform streaming asal India dengan 300 juta pengguna di negaranya yang merupakan anak perusahaan 21st Century Fox. Setelah 21st Century Fox diakuisi Disney pada 2019, layanan Disney+ pun digabung dengan Hotstar pada April 2020. Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang disambangi oleh Disney Plus.

Sebelumnya, di Indonesia sudah ada website entertainment lain yang juga menghadirkan fitur streaming movie online seperti Netflix dan Amazon Prime.

Menurut Business Insider, Netflix lebih unggul di total subscriber. Netflix memiliki 183 juta subscriber seluruh dunia per Juni 2020. Sementara untuk banyaknya content masih dipegang oleh Amazon Prime yang memiliki lebih dari 4000 konten.

Iprice melakukan analisis membandingkan Netflix, Disney Plus Hotstar dan Amazon Prime untuk mengetahui mana dari ketiga platform ini yang menawarkan harga terbaik dan jumlah konten eksklusif yang tersedia. Caranya adalah dengan memadankan harga dari paket basic ketiga platform tersebut, data diambil dari website resmi masing-masing platform per September 2020.

Netflix

Netflix TelkomselDari ketiga platform populer, Netflix membandrol harga paling tinggi dibandingkan Disney Plus dan Amazon Prime. Untuk paket basic bulanan dengan jumlah satu screen sharing Netflix dibandrol dengan harga Rp 120.000 jika dikalikan sebanyak setahun maka jumlahnya menjadi Rp 1.440.000.

Untuk memudahkan analisis, iprice memberikan analogi dengan membandingkan jumlah indomie goreng yang bisa dibeli dalam setahun. Hasilnya jika kita berlangganan Netflix sebanyak 524 bungkus Indomie.

Keuntungan berlangganan Netflix adanya free trial selama 30 hari untuk mengakses semua konten eksklusif di Netflix sebelum membayar biaya langganan per bulannya. Dengan membayar harga segitu kamu bisa menikmati 1650 lebih konten eksklusif di Netflix.

Amazon Prime

Ilustrasi pengguna Amazon Prime Video (Fotro: 123rd/prykhodov)
Ilustrasi pengguna Amazon Prime Video (Fotro: 123rd/prykhodov)

Amazon Prime sebagai satu-satunya platform entertainment yang berasal dari e-commerce memiliki banyak keunggulan. Berlangganan Amazon Prime kita tidak hanya bisa menikmati fitur streaming tapi juga privilege berupa priority delivery jika berbelanja melalui Amazon. Amazon Prime juga memiliki fitur tambahan berupa Amazon Prime Video dan Amazon Music.

Amazon prime di Indonesia harganya sekitar Rp 810.000 per tahun. Paket yang ditawarkan oleh Amazon Prime sedikit unik dibandingkan platform lainnya karena harganya per bulannya akan naik setelah berlangganan selama lebih dari 6 bulan. Berlangganan Amazon Prime total indomie goreng yang bisa dibeli setara dengan 295 bungkus. Dengan membayar biaya langganan tersebut kamu bisa menikmati 1616 lebih.

Disney+ HotstarPaket Disney Plus Hotstar Telkomsel

Berbeda dengan Netflix dan Amazon Prime yang memberikan free trial, Disney Plus tidak. Platform milik Disney ini menawarkan harga paling murah  dengan basis paket bulanan dan tahunan. Di Indonesia untuk bisa mengakses konten eksklusif Disney Plus jumlah biaya berlangganannya pertahun adalah Rp 199.000. Jika dianalogikan jumlah itu setara dengan 72 bungkus indomie dalam setahun. Total konten yang kamu nikmati memang tidak sebanyak Netflix, totalnya hanya 282 per 1 september kemarin.

Bahkan jika berlangganan melalui Telkomsel, tarifnya lebih murah lagi. Sebulan Rp25 ribu, 3 bulan Rp55 ribu, 6 bulan Rp85 ribu, dan setahun hanya Rp145 ribu.

Ketika berlangganan streaming video memikirkan harga adalah salah satu hal yang harus kita pertimbangkan namun seberapa banyak konten eksklusif yang ditawarkan menjadi hal yang juga vital karena tujuan dari berlangganan adalah untuk menonton konten.

Berdasarkan data dari Reelgood, Netflix memiliki paling banyak konten eksklusif yaitu 1650 konten. Amazon Prime memiliki sekitar 1616 konten eksklusif dan Disney Plus memiliki sebanyak 282 konten eksklusif.

Konten eksklusif adalah konten yang hanya akan tersedia di streaming website, jika kita mau mengakses kontennya kita harus berlangganan paket yang ditawarkan dari streaming website tersebut. Seperti Netflix memiliki beberapa film besutan Netflix Original.