Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TrueID Hadir di Indonesia, Layanan Streaming Film Gratis dan Legal

0 1.853

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, masyarakat cenderung memilih untuk akses hiburan yang bisa didapat dengan mudah dari rumah. Salah satunya dengan menonton serial televisi maupun film, lewat berbagai macam media seperti smartphone atau tablet. Hadir meramaikan sekaligus menambah pilihan untuk masyarakat Tanah Air, TrueID secara resmi hadir di Indonesia.

Layanan streaming film, serial dan konten digital asal Thailand ini sudah dapat dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia tanpa langganan berbayar, sejak 18 Agustus 2020 lalu. TrueID juga menawarkan beragam konten premium bagi penggunanya.

Tidak hanya konten lokal saja, melainkan juga dari berbagai negara, hadir dalam berbagai format dan kategori konten hiburan. Bila Gizmo friends belum tahu, TrueID merupakan bagian dari True Digital Group, unit digital dari True Corporation, grup telekomunikasi yang merupakan bagian dari Charoen Pokphand Group. Ini adalah grup konglomerasi terbesar di Thailand. Produk mereka lainnya yang sudah beredar di Indonesia adalah dompet digital TrueMoney.
Baca juga: Ini Tarif Paket Spesial Pre-launch Disney+ Hotstar dari Telkomsel

Pengguna TrueID Bisa Akses Konten Hiburan Premium Gratis

TrueID

True Digital Group sendiri mempunyai visi untuk menjadi digital transformation enabler di Asia Tenggara. Selain TrueID yang merupakan produk pertama untuk dibawa masuk ke Indonesia, perusahaan ini juga berencana untuk memperkenalkan bisnis lainnya ke Indonesia, termasuk solusi digital, analisa dan akademi digital.

Dalam tahap awal peluncurannya, TrueID bakal fokus pada film dan serial Asia, terutama dari Indonesia, Korea dan Thailand. Hal tersebut selaras dengan kampanye yang sedang diusung oleh TrueID saat ini, yaitu “#AsiaVaganza”. Kampanye tersebut berfokus pada film dan serial Asia, agar para penggunanya dapat nikmati konten hiburan premium dari ketiga negara tersebut secara gratis.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (27/8), Armando Siahaan selaku Country Head dari True Digital Indonesia jelaskan jika konten Indonesia dan Korea dipilih karena merupakan sesuatu yang paling dicari penggunanya di sini, juga selain karena sedang trending. TrueID juga ingin menjadi platform VOD yang menyebarluaskan konten Thailand.

Di Indonesia sendiri, TrueID telah menjalin mitra dengan beberapa production house, perusahaan televisi, studio digital serta distributor internasional untuk berikan konten yang terbaik. Tak hanya berikan layanan, TrueID pun menyebutkan jika tengah menggarap produksi sejumlah original series.

TrueID Bakal Bawa Beragam Jenis Konten Lain Ke Depannya

Ingin menikmati konten yang ditawarkan oleh TrueID? Mudah saja, Gizmo friends hanya perlu mengakses situs resminya di trueid.id, lalu tinggal pilih saja film yang akan ditonton. Ketika kami menjajalnya, memang semudah itu, bahkan tak perlu registrasi email untuk mendapatkan konten dari dalamnya.

Armando menegaskan bahwa ini masih langkah awal bagi TrueID. “Kami akan menambah film dan serial dari berbagai negara, video singkat seputar gaya hidup dan konten yang memiliki segmentasi khusus seperti anime dan dokumentari,” kata Armando.

Kok bisa TrueID gratis tapi legal? Berdasarkan info yang kami terima, layanan ini menganut model bisnis berbasis iklan. Sebagaimana yang dilakukan oleh platform lain seperti Viu dan iflix di mana mereka menyediakan konten yang gratis, namun dijejali dengan iklan. Dari pengujian yang kami lakukan ketikan mengunjungi situs trueid.id, memang belum nampak ada iklan. Kemungkinan karena mereka masih dalam tahap awal peluncuran, sehingga trafiknya masih kecil belum menarik minat para pengiklan.

Selain itu, TrueID juga akan memperkenalkan beragam layanan baru, seperti live streaming TV dan artikel yang meliput entertainment dan lifestyle atau gaya hidup. Sayangnya, memang belum disediakan aplikasi mobile untuk menikmati konten lebih nyaman. Bagaimanapun juga, dengan ditambahnya kehadiran TrueID, tidak ada alasan untuk Gizmo friends menonton film atau serial bajakan di situs illegal ya!