Waduh! Nomor HP di Kartu Nama ‘Squid Game’ Ternyata Benar-Benar Ada

Seoul, Gizmologi – Tidak bisa dipungkiri serial Squid Game telah sukses mencuri perhatian pemirsa Netflix. Namun, di balik kesuksesan tersebut ternyata ada fakta yang mengejutkan yang membuat seorang pebisnis di Korea Selatan menjadi terganggu karenanya.

Sejak memulai debut streaming-nya pada 17 September 2021, Squid Game menjadi serial yang paling banyak ditonton pelanggan Netflix di berbagai negara. Di Amerika Serikat, serial ini berhasil melampaui Bridgerton sebagai serial original Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Kesuksesan ini ternyata tidak begitu menyenangkan bagi seorang yang bernama Kim Gil-Young. Ya, perempuan yang sedang menjalankan bisnisnya di Seongju, Korea Selatan mengaku dihubungi banyak orang tidak dikenal.

Hal ini dikarenakan nomor HP yang tercetak pada kartu nama yang diterima karakter Seong Gi-Hun di episode pertama Squid Game ternyata nomor HP miliknya. Jadi ceritanya, dengan menghubungi nomor tersebut, karakter yang diperankan aktor Lee Jung-jae harus mengikuti permainan mematikan yang bisa membuatnya kaya raya.

Menolak Kompensasi

Seperti dikutip dari Koreaboo, Jumat (8/10/2021), pada bulan lalu, Kim mengatakan kepada Seoul Broadcasting System (SBS) bahwa dirinya sempat ditawari kompensasi senilai 1 juta won atau sekitar Rp 13 juta. Secara tegas dia menolaknya dengan alasan akan kehilangan kontak dengan seluruh kliennya jika nomor HP-nya diganti.

“Setelah Squid Game disiarkan, saya menerima pesan teks dan panggilan telepon tidak ada habisnya, 24 jam 7 hari, menyebabkan saya kesulitan menjalani hidup sehari-hari. Ini adalah nomor HP yang sudah saya gunakan lebih dari 10 tahun dan saya tidak akan mau untuk menggantinya,” ungkapnya.

Selama itu pula, Kim mengaku telah dihubungi lebih dari 4.000 nomor tak dikenal yang menghubunginya sepanjang hari hingga malam karena penasaran. Hal ini menyebabkan baterai smartphone yang digunakanya cepat habis.

“Sebelumnya saya tidak tahu kenapa ada begitu banyak orang yang menghubungi saya. Namun seorang teman mengatakan bahwa nomor HP saya di Squid Game dan di situlah saya mulai menyadarinya,” pungkasnya.

Netflix Melanggar Hukum

Squid Game
Squid Game (foto: Netflix)

 

Akhirnya keluhan Kim diterima pihak Netflix yang berjanji memotong adegan yang menampilkan nomor HP Kim.

“Bersama dengan pihak produksi, kami sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini, termasuk mengedit adegan dengan nomor HP tersebut jika diperlukan,” begitu bunyi  pernyataan Netflix.

Mungkin ini adalah sebuah ketidaksengajaan, di mana nomor HP random yang digunakan ternyata milik orang lain yang nyata. Dalam hal ini, Netflix disebut-sebut telah melanggar hukum.

Di Korea Selatan, jika mengungkapkan informasi pribadi seseorang merupakan pelanggaran hukum. Apa yang Netflix lakukan dengan membagikan nomor HP orang lain ke jutaan pasang mata, tentu saja adalah sebuah pelanggaran yang hebat.

Apakah pihak yang dirugikan akan menuntut Netflix secara hukum? Kita lihat saja nanti.

Tinggalkan komen