Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AMD Ryzen Seri 3000XT Tingkatkan Frekuensi CPU dengan Fabrikasi 7nm

1 363

Perusahaan semikonduktor asal California, Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) pekan ini memperkenalkan seri prosesor baru yang menambah kelengkapan jajaran CPU Ryzen untuk perangkat desktop. Adalah AMD Ryzen Gen 3 atau generasi ketiga, terdiri dari tiga varian; AMD Ryzen 9 3900XT, AMD Ryzen 7 3800XT dan AMD Ryzen 5 3600XT. Ini adalah pertama kalinya AMD perkenalkan seri XT dalam keluarga prosesor Ryzen.

Prosesor desktop AMD Ryzen 3000XT terbaru ini diciptakan khusus untuk performa yang maksimal untuk beban kerja apa pun. Sebagai bagian dari jajaran prosesor AMD Ryzen generasi ketiga yang telah meraih penghargaan, AMD Ryzen 3000XT series juga dioptimalkan pada frekuensi lebih tinggi, agar mampu hadirkan performa tingkat elit yang mendominasi gaming dan kreasi konten.

Saeid Moshkelani, Senior Vice President & General Manager, Client Business Unit AMD mengatakan jika pihaknya benar-benar berkomitmen untuk mendengarkan para pelanggan, dan juga komunitasnya agar dapat hadirkan produk-produk terbaik. “Dengan prosesor AMD Ryzen 3000XT, kami membuat optimisasi tambahan pada proses manufaktur 7nm, untuk berikan performa single-thread terbaik pada industri prosesor desktop consumer dengan pilihan serta fleksibilitas lebih bagi para antusias.”

Baca juga: AMD Resmikan Ryzen Mobile 4000 Series, Prosesor Laptop 7nm Pertama di Dunia

AMD Ryzen Seri 3000XT Lebih Kencang & Hemat Daya

Ya, dirancang dengan arsitektur “Zen 2” dan proses manufaktur 7nm, AMD Ryzen 3000XT series dapat berikan frekuensi boost lebih tinggi, namun dengan TDP yang sama seperti keluarga Ryzen 3000 lainnya. Varian tertingginya, AMD Ryzen 9 3900XT tawarkan peningkatan performa single thread hingga 4% dari generasi sebelumnya, serta lebih efisien daya 40% dari kompetitor.

Baik prosesor AMD Ryzen 9 3900XT, AMD Ryzen 7 3800XT dan Ryzen 5 3600XT, seluruhnya miliki spesifikasi yang dirancang khusus bagi para antusias yang inginkan performa terbaik serta lebih memilih untuk gunakan pendingin aftermarket sebagai solusi kebutuhannya. AMD sendiri berikan beberapa saran pendingin yang direkomendasikan, untuk memastikan para antusias bisa memaksimalkan potensi prosesor AMD Ryzen 3000XT series secara menyeluruh.

Tabel spesifikasi AMD Ryzen 3000XT series
Spesifikasi, Harga dan estimasi ketersediaan AMD Ryzen 3000XT series di Indonesia.

Selain perkenalkan CPU baru untuk kelas desktop, AMD juga menandai ketersediaan chipset AMD B550 di seluruh dunia. Chipset tersebut merupakan produk mainstream pertama di dunia dengan dukungan PCIe 4.0. Tersedia dalam berbagai bentuk (form factor) motherboard, AMD B550 cocok untuk performa kecepatan tinggi baik untuk game maupun multitasking.

AMD juga umumkan chipset A520 untuk socket AM4 dan prosesor desktop AMD Ryzen generasi ketiga dengan lebih dari 40 desain, kini dalam tahap pengembangan. Motherboard AMD 500 series ini dapat berikan performa esensial untuk prosesor AMD Ryzen Generasi Ketiga, serta kompatibel untuk prosesor AMD Ryzen generasi ketiga dan seterusnya, termasuk Ryzen 3000XT series.

Disamping chipset dan prosesor baru, AMD juga umumkan software akselerasi penyimpanan, AMD StoreMI yang didesain ulang dengan UI baru dan algoritma akselerasi yang lebih baik. Versi kedua ini dapat percepat waktu booting sampai 31%, serta mengurangi waktu load game sebesar 13% dibandingkan dengan HDD saja.