Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AMD Resmikan Ryzen Mobile 4000 Series, Prosesor Laptop 7nm Pertama di Dunia

0 2.243

Pabrikan chipset asal California, Advanced Micro Devices (AMD) baru saja mengadakan sebuah acara perilisan virtual awal pekan ini. Acara tersebut diadakan untuk memperkenalkan seri prosesor terbaru, AMD Ryzen Mobile 4000 Series, dibuat untuk pasar Asia Pasifik. Prosesor ini akan digunakan untuk berbagai perangkat laptop kelas konsumer maupun bisnis dalam waktu mendatang, berikan performa lebih baik serta lebih hemat daya.

AMD Ryzen Mobile 4000 adalah seri prosesor pertama untuk PC di dunia yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 7nm. Paige Shi selaku Head of APAC Consumer Business, AMD memaparkan jika seri prosesor terbaru ini bawa Zen 2 core yang memiliki instruksi per clock 15% lebih tinggi dengan densitas transistor ganda, serta konsumsi daya 20% lebih rendah. Berbagai keunggulan tersebut membuat AMD menjadi perusahaan yang kini memimpin performa mobile, baik dalam hal performa grafis, multi-thread & single-thread.

AMD pertama kali memperkenalkan prosesor APU (accelerated processing unit) pada tahun 2011 lalu. Kini tak hanya untuk perangkat PC, teknologi AMD juga bakal digunakan pada sejumlah konsol gaming ternama, sesuai dengan tekat mereka untuk menjadikan AMD sebagai prosesor gaming paling dominan. Managing Director AMD, Peter Chamber menyampaikan bahwa prosesornya akan digunakan sebagai sumber tenaga konsul gaming terbaru seperti Playstation 5, X-Box Series X dan platform cloud-gaming, Google Stadia.

Baca juga: AMD Ryzen PRO 4000 Series Dirilis Untuk Notebook Bisnis Ultrathin

Keunggulan AMD Ryzen 4000 Series

Performa AMD Ryzen 4000 Series
Performa prosesor AMD Ryzen 4000 Series signifikan lebih kencang dari kompetitor saat ini.

Lewat peningkatan performa yang dibawa pada prosesor AMD Ryzen 4000, sejumlah partner OEM yang mulai mengadopsi prosesor AMD akan semakin bertambah, dari yang sudah terus berkembang selama tiga tahun terakhir. Prosesor ini nantinya akan diadopsi oleh sejimlah produsen komputer seperti Asus, Acer, Dell, Lenovo, MSI dan HP dalam waktu dekat. Dan dengan tren PC gaming yang meningkat, AMD targetkan 2x lipat lebih banyak laptop gaming dibandingkan sebelumnya.

Dalam sesi peluncuran ini, berbagai perwakilan dari OEM yang bekerja sama dengan AMD juga turut menyampaikan berbagai produk terbaru mereka yang akan implementasi prosesor AMD Ryzen 4000 series. Secara umum, prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 dibadi dalam tiga kategori segmen laptop; Ryzen U-series untuk laptop ultra-thin, Ryzen H-series digunakan pada laptop gaming, sementara Ryzen PRO untuk laptop kelas bisnis.

Lewat AMD Ryzen 7 4800U, AMD hadirkan prosesor dengan 8 core 16 thread pertama di dunia untuk segmen laptop ultra-thin. Semua prosesor Ryzen U-series mulai Ryzen 3 sampai Ryzen 7 juga tentunya miliki kartu grafis terintegrasi, mulai 6-8 core. Nantinya prosesor ini akan digunakan pada beberapa seri seperti Acer Swift 3, HP Envy dan Lenovo Slim 7.

Selain Peningkatan Grafis, AMD Hadirkan Solusi Teknologi A+A+A

AMD SmartShift
Fitur AMD SmartShift pada kartu grafis terbaru berikan peningkatan performa ekstra.

Sementara untuk prosesor H-series akan digunakan oleh produsen laptop gaming seperti MSI dan Dell. Prosesor ini miliki rentang TDP (thermal design power) mulai dari 35 sampai 45 watt, yang membuat konsumsi daya cukup kecil untuk prosesor dengan grafis terpadu pada perangkat khusus gamer dan kreator.

Namun tak hanya itu, kedepannya AMD akan juga merilis prosesor AMD Ryzen dengan kartu grafis Nvidia agar dapat memberikan beragam pilihan serta menjangkau lebih banyak pengguna. AMD sudah bekerja sama dengan sejumlah partner OEM dan akan hadir dalam berbagai seri laptop gaming seperti Asus ROG, Asus TUF, Acer Nitro, HP Pavilion Gaming, HP Omen serta Lenovo Legion.

AMD juga perkenalkan solusi teknologi “A+A+A”, dimana AMD berikan solusi lengkap mulai dari prosesor, kartu grafis, serta software drive AMD Radeon Adrenaline. Dengan ketiganya dibuat oleh satu produsen yang sama serta terintegrasi, diharapkan kinerja perangkat PC yang gunakan solusi ini bisa lebih maksimal. “Saya dan seluruh tim AMD tidak sabar untuk dapat memberikan inovasi dan teknologi termutakhir di dunia,” tutup Peter Chamber.