Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

SMW Jakarta 2019 Bahas Masa Depan Media Sosial, Brand dan Influencer

Minggu ini adalah saat penting bagi para pegiat media sosial di Indonesia, khususnya yang berada di kawasan Jabodetabek. Pasalnya, ajang Social Media Week (SMW) Jakarta 2019 digelar pada pekan ini di Senayan City, Jakarta. SMW Jakarta 2019 mengusung tema “Stories: With Great Influence Comes Great Responsibility”.

SMW Jakarta 2019 yang sudah digelar keempat kalinya ini menjadi ajang berbagi informasi dan konferensi tentang ide, inovasi, dan wawasan terbaik seputar media sosial dan teknologi dalam perubahan bisnis, masyarakat dan budaya. Para audiens bisa mengikuti berbagai topik untuk mendapatkan insight dan wawasan terkini mengenai perkembangan media sosial dan teknologi.

Antonny Liem, Chairman Social Media Week Jakarta dan Chief Executive Officer PT Merah Cipta Media mengatakan, ada beberapa topik penting dalam perhelatan ini. Di antaranya Social Media & Society, The Future of Brands dan Influence Equation yang keseluruhannya saling berkaitan dalam bagaimana kita hidup dalam era yang terintegrasi dan saling terhubung.

Menurutnya, media sosial saat ini sudah masuk di hampir semua segi kehidupan masyarakat. Bahkan cara bermasyarakat dan berbisnis pun banyak dipengaruhi oleh media sosial. “Penggunaan media sosial yang tepat dapat dalam bermasyarakat dan berbisnis akan berdampak pada orang lain, tergantung pada konten yang disampaikan kepada pengikut (followers), baik konten yang bernilai edukatif, positif, inspiratif, informatif dan bermanfaat maupun yang berdampak negatif dan menyesatkan,” kata Antonny, saat jumpa pers pembukaan SMW Jakarta 2019 (12/11).

SMW Jakarta 2019Berbagai aspek dan pertanyaan seputar media sosial dan pengaruh digital itu akan dijawab melalui SMW Jakarta 2019 ini. Antony menambahkan, masyarakat diharapkan lebih meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dalam menyebarkan suatu konten dengan cara mendidik, mengarahkan dan menumbuhkan serta perlu berbagi dan bertindak, karena hal ini merupakan tanggung jawab bersama.

Related Posts
1 daripada 13

Sementara Nadya Hutagalung, selebritis sekaligus UN Environment Ambassador dan pendiri Let Elephants Be Elephants, menganggap platform media sosial dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dan berbagi nilai-nilai kebaikan untuk sesama. “Media sosial tidak hanya penting digunakan oleh mereka yang sudah memiliki nama dan banyak follower, tapi juga untuk masyarakat kebanyakan dalam memotivasi publik dalam rangka berbagi kebaikan, menyuarakan pesan-pesan humanisme, nilai-nilai dan pemikiran untuk kebaikan bersama,” kata Nadya.

SMW Jakarta 2019

Di panggung utama yaitu Konferensi terdapat lebih dari 24 sesi yang berlangsung mulai tanggal 13-15 November 2019. Para praktisi dan penggiat industri media sosial dan digital dapat mendengar dan belajar langsung dari para ahli di bidangnya, baik dari dalam mau pun luar negeri.

Untuk topik Social Media & Society dan Influence Equation, tema yang dibahas di antaranya adalah Building True Influence oleh Nadya Hutagalung. Kemudian It’s Time To Be a Responsible Netizen oleh Anita Wahid, Presidium MAFINDO.  Living in Social Media Today and Tomorrow oleh Najwa Shihab, Narasi TV.  Serta Do Influencer Really Have Influence oleh Oddie Randa, Managing Director, Gushcloud Indonesia.SMW Jakarta 2019 social mediaUntuk topik yang berhubungan dengan bisnis The Future of Brands, tema yang dibahas adalah: Is Social Media Honest? The Customer Perspective oleh Julien Chevignon, CEO  YouGov Asia Pacific. Kemudian Building Trust In an Era of Mistrust bersama Guy Kellawa (Head of Marketing Services and Communications Nestle Indonesia) dan Radityo Prabowo (Chief Executive Officer at DANIEL J. EDELMAN GROUP LIMITED). Juga ada Customer Centric Communication Design To Future-Proof Brand oleh Yhanuar Purbokusumo, Strategy Director, Mirum & Mark Verhagen, Creative Director, Mirum.

Panggung Community Meet Up diselenggarakan secara paralel dengan Konferensi, dan ada 40 sesi menarik yang akan dibahas antara lain: The Power of K-Pop Community on Social Media (Kekoreaan Kaskus), Mengembangkan Industri Esports dengan Formula Startups Indonesia (Hybrid), Anxiety & FOMO: The Impact of Social Media on Young People’s Mental Health (GoWork), Yoga Class: Healthy and Empowering (Riana Yoga Institute), dan How to Convert Engagement Into Acquisition (SMSC).

Untuk praktisi, penggiat media sosial dan industri digital, SMW Jakarta menghadirkan kelas-kelas Workshop pada 11-15 November 2019 yang menyediakan pelatihan intensif dan mendalam dibawakan oleh praktisi industri digital dan kreatif.