Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Network Services Baru Ericsson Hadir dengan Kecerdasan Buatan

0 6.165

Perusahaan telekomunikasi dan jaringan, Ericsson baru saja meluncurkan dua layanan terbaru yang merupakan bagian dari Network Services mereka. Portofolio ini disempurnakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan lebih berfokus pada AI, otomatisasi dan transformasi digital.

Dua layanan baru Ericsson untuk Network Services adalah Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) dan Omni Network Channel. Dengan AI dan analitik prediktif, keduanya diklaim mampu menangani masalah-masalah rumit yang dihadapi oleh penyedia jasa komunikasi.

Ya, layanan ini ditujukan bukan untuk end user, melainkan penyedia layanan komunikasi agar dapat memastikan jaringannya selalu aktif serta memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Kasus yang sering dialami antara lain pertumbuhan data secara eksponensial dan peluncuran teknologi-teknologi baru secara terus-menerus seperti 5G, transformasi digital, dan sumber informasi serta pengetahuan yang tersebar.

Baca juga: Kembangkan Teknologi Jaringan 5G, OPPO Kerjasama dengan Ericsson

Dua Portofolio Baru Untuk Ericsson Network Services

Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) merupakan layanan dukungan antisipatif dari Ericsson berbasis AI, yang memungkinkan identifikasi dan penyelesaian masalah sebelum hal tersebut memengaruhi kinerja jaringan. Layanan tersebut mencegah pemadaman pada saat kritis dan menjamin kestabilan jaringan yang dibutuhkan, untuk keberlangsungan layanan dan kinerja end-to-end yang optimal. Riset oleh Ericsson menunjukkan bahwa layanan ini mampu mengurangi insiden kritis sampai 35 persen, dengan melakukan pengumpulan data selektif dan secara otomatis menangani masalah-masalah dengan rata-rata waktu lima menit sejak proses pengumpulan data.

ericsson network services

Sedangkan Network Services baru lainnya adalah Omni Network Channel adalah ruang kerja digital terpadu yang dirancang untuk interaksi antara penyedia layanan komunikasi dengan Ericsson. Layanan ini menjamin kemudahan navigasi, panduan bantuan mandiri dan kolaborasi tanpa gangguan. Ruang kerja ini meningkatkan kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan melalui penanganan lebih cepat atas berbagai masalah operasional yang dihadapi oleh penyedia layanan komunikasi dan Ericsson. Omni Network Channel juga telah mendukung 5G, serta mendukung penyedia layanan komunikasi dengan peningkatan kemampuan karyawannya.

Fokus Utama Ericsson Hadirkan Network Services Baru

Roger O’ Hargan, Head of Service Area Networks, Ericsson mengatakan, “Nilai utama kami adalah ‘Teknologi yang diperkuat oleh manusia,’ di mana manusia, kerangka kerja dan teknologi merupakan aset utama kami. Di semua layanan baru ini, kami mengutamakan para penyedia layanan melalui panduan bantuan mandiri dan kolaborasi tanpa gangguan, kreasi bersama, serta akses data yang mudah. Semua hal ini menjamin pengalaman jaringan yang selalu aktif.”

Justin van der Lande, Principal Analyst di Analysys Mason menyatakan, “Para penyedia layanan ingin melakukan interaksi secara transparan dengan rekan bisnisnya saat menyelesaikan persoalan terkait jaringan. Teknologi ruang kerja cerdas dari Ericsson, yang didukung oleh para ahli, dapat menjawab tuntutan ini. Metoda ini meningkatkan skala operasi Ericsson, kerangka kerjanya yang telah teruji, dan kekayaan pengetahuannya akan industri ini, yang akan memberikan manfaat besar bagi penyedia layanan.”

Ia menambahkan, Network Services berbasis kecerdasan buatan milik Ericsson sekarang dapat diakses dengan pengetahuan yang diperoleh melalui pertukaran data (shared daya insights), yang senantiasa mengutamakan pengalaman pelanggan. Layanan baru ini melengkapi Ericsson Operations Engine, produk Ericsson untuk managed operations, desain dan optimasi jaringan, yang diluncurkan pada Januari 2019 lalu.