Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AMD Ryzen PRO 4000 Series Dirilis Untuk Notebook Bisnis Ultrathin

0 1.157

Produsen yang dikenal dengan prosesor dan grafis untuk perangkat komputer, Advances Micro Devices, Inc. (AMD) baru saja mengumumkan ketersediaan produk baru mereka secara global. Yaitu prosesor mobile AMD Ryzen PRO 4000 Series, merupakan prosesor notebook komersial x86 7nm pertama di dunia.

Jajaran AMD Ryzen PRO 4000 Series siap menghadirkan jumlah core serta thread paling banyak untuk produk notebook seri bisnis super tipis (ultrathin). Prosesor tersebut ditargetkan akan mulai hadir pada pertengahan tahun 2020 mendatang, pada notebook komersial dari HP dan Lenovo yang ditujukan untuk kalangan bisnis.

Saeid Moshkelani, Senior Vice President & General Manager, Client Business Unit AMD mengatakan jika peluncuran prosesor mobile AMD Ryzen PRO 4000 series ini mendefinisikan kembali standar baru pengalaman PC, mulai dari komputasi desktop kelas atas hingga notebook ultrathin serta gaming. “Dibangun di atas arsitektur ‘Zen 2’ dan proses 7nm, portofolio AMD Ryzen for Business memberikan performa canggih, fitur keamanan yang dapat diandalkan, daya tahan baterai yang mengesankan dan pengelolaan canggih, untuk tingkatkan kemampuan notebook ultrathin secara signifikan,” tambah Saeid.

Kenggulan Prosesor Mobile AMD Ryzen PRO 4000 Series

AMD Ryzen PRO 4000 Series

AMD Ryzen PRO 4000 series sepenuhnya dioptimalkan untuk kemampuan kerja jarak jauh, serta didesain untuk membawa komputasi bisnis pada tingkatan lebih tinggi dengan performa multi-threading. Hal tersebut sangat cocok untuk mendukung kegiatan para pebisnis yang harus bekerja dari rumah, dan mencari perangkat notebook portabel dengan performa tinggi dan fitur keamanan berlapis. Memungkinkan mereka untuk akses data penting perusahaan di mana saja dan kapan pun.

Ada tiga seri yang dihadirkan, masing-masing yaitu AMD Ryzen 3 PRO 4450U, Ryzen 5 PRO 4650U, serta Ryzen 7 PRO 4750U. Seri tertinggi, 4750U berikan performa per watt 2x lebih tinggi dari generasi sebelumnya, serta didesain lebih hemat daya dengan masa penggunaan baterai hingga 20 jam lebih pada notebook premium. Performa keseluruhan meningkat 37% lebih baik dalam aplikasi Microsoft Office jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Jajaran prosesor terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur eksklusif seri PRO. AMD PRO security berikan tingkat keamanan berlapis mulai dari hardware hingga sistem operasi, dilengkapi fitur Memory Guard untuk memberi perlindungan data serta identitas. Sementara AMD PRO manageability mengaktifkan penuh fitur kemampuan pengelolaan untuk penerapan, imaging dan manajemen yang disederhanakan.

Baca juga: AMD 2020 Gembleng Pelajar Madrasah dengan Teknologi Digital Hingga IoT

AMD Ryzen PRO menawarkan dukungan penuh untuk Microsoft Endpoint Manager untuk berikan solusi manajemen cloud yang fleksibel dan terintegrasi. Untuk mendukung kebutuhan bisnis, AMD PRO Business Ready hadir sebagai solusi komputasi enterprise untuk daya tahan jangka panjang. Prosesor AMD Ryzen PRO memiliki stabilitas software terencana selama 18 bulan dan ketersediaan terencana selama 24 bulan.

Rencananya prosesor ini akan digunakan untuk seri notebook bisnis dari HP, lewat seri HP ProBook 445 G7, ProBook 455 G7 dan laptop convertible bisnis HP ProBook x360 435 G7 yang diluncurkan awal tahun ini. Lenovo juga akan memperbarui seri ThinkPad mereka dengan prosessor mobile AMD Ryzen PRO 4000 series, namun belum didetilkan seri apa saja yang bakal dirilis.