Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco F3 Diresmikan, Varian Global Redmi K40 dengan Snapdragon 870

0 4.017

Menjelang akhir Februari 2021 lalu, Xiaomi melalui sub-brand Redmi telah merilis tiga smartphone terbarunya melalui lini Redmi K40 series. Ketika dua dari tiga seri gunakan cip terbaik, Redmi K40 hadir sebagai yang paling sederhana. Kini, dalam nama berbeda, Poco F3 hadir dengan spesifikasi yang serupa.

Sudah cukup umum bila Xiaomi dan Poco rilis smartphone dengan desain maupun spesifikasi yang mirip. Bahkan sama persis, hanya berbeda wilayah perilisannya saja. Nah, kabarnya Poco F3 kali ini hadir untuk penuhi segmen yang diisi Redmi K40 secara global. Menjadi smartphone 5G terjangkau dengan harapan bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Meski terjangkau, desainnya sendiri masih mirip seperti sang flagship Xiaomi Mi 11. Sekilas dari belakang, terlihat ada dua modul kamera besar yang ditemani dua sensor tambahan di antaranya. Yang sedikit dibedakan adalah opsi warna dan aksen pada bodi belakangnya, dimana Poco F3 punya opsi warna biru bercorak dengan logo yang besar.

Baca juga: Ini Bedanya Xiaomi Redmi 9T & Poco M3

Spesifikasi Poco F3

Poco F3

Di atas kertas, smartphone ini tak kalah gahar dengan sang flagship terbaik dari Xiaomi. Tampilan layar depannya, misalnya, gunakan panel E4 AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Terlihat seperti Poco X3 NFC, Poco F3 punya bidang layar 6,67 inci beresolusi full HD+.

Fitur seperti MEMC, True Color sampai HDR10+ juga tetap dibawa, dengan kecerahan otomatis yang akurat sampai 1300 nits. Di balik layar yang terlindungi Gorilla Glass 5, terdapat cip Snapdragon 870 5G dengan opsi RAM sampai 8GB dan penyimpanan UFS 3.1 hingga 256GB.

Chipset tersebut sejatinya merupakan versi penyegaran dari Snapdragon 865 Plus, terbaik untuk flagship rilisan 2020, sehingga tentunya masih sangat bertenaga. Yang ‘disederhanakan’ pada Poco F3 adalah setup kameranya, dengan sensor utama 48MP Sony IMX582 f/1.79.

Kedua sensor lainnya adalah sensor ultra wide-angle 8MP f/2.2 dan telemacro 5MP f/2.4, sementara kamera depannya hanya beresolusi 5MP. Setidaknya, fitur foto dan video tetap hadir lengkap. Ditambah mikrofon khusus di bodi belakang untuk berikan fitur audio zoom saat merekam video.

Kapasitas baterai 4,520 mAh di dalamnya diklaim sanggup bertahan hingga dua hari pemakaian. Sementara pengisian dayanya lebih sederhana dari Mi 11, menggunakan fast charging 33W lewat port USB-C. setidaknya, bisa terisi penuh dalam waktu 52 menit saja.

Dan untuk kemampuan audionya, disematkan beragam teknologi seperti Dolby Atmos, dukungan Hi-Res Audio baik lewat kabel hingga wireless, dan tentunya setup speaker stereo yang bahkan dimiliki Poco M3. Oh ya, meski sudah gunakan panel AMOLED, sensor sidik jarinya tetap disematkan di bodi sebelah kanan.

Harga Poco F3, Bakal Tersedia di Berbagai Negara

Poco F3

Bakal hadir dalam tiga opsi warna (Arctic White, Night Black, Deep Ocean Blue), Poco F3 bakal mulai dijual pada tanggal 27 Maret mendatang lewat sistem pre-order. Tentunya, masih untuk wilayah Eropa. Namun Poco janjikan beberapa negara lain termasuk negara tetangga, Singapura.

Harganya? Untuk varian memori 6/128GB, dibanderol 349 Euro atau Rp5,9 jutaan. Sementara opsi tertinggi 8/256GB mencapai 399 Euro (Rp6,8 jutaan), meski bisa dibeli dengan harga sebanding varian termurah dalam masa pre-order. Akankah hadir di Indonesia untuk menggantikan Poco F2 Pro? Kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen