Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jam Pintar Samsung & Google Ingatkan Pengguna untuk Rajin Cuci Tangan

0 14.508

Mencuci tangan secara rutin adalah salah satu tindakan preventif terbaik untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut dianjurkan terutama ketika kamu baru saja memegang benda asing, atau misalnya kontak fisik dengan orang lain. Selama masa pandemi berlangsung, dianjurkan untuk mencuci tangan secara rutin tiap harinya.

Bahkan selebriti ikut ramai-ramai membuat kampanye untuk mencuci tangan secara rutin dan benar agar semua masyarakat dapat mengikuti cara mereka, lewat beragam konten yang di-posting pada media sosial seperti Twitter, Instagram sampai TikTok.

Nah, bagi kamu pengguna jam tangan pintar atau smartwatch milik Samsung atau Wear OS Google, kini bisa diingatkan mencuci tangan secara rutin lewat pengingat masing-masing.
Baca juga: Apple dan Google Kerja Sama Bangun Teknologi Pelacak Covid-19

Ingatkan Mencuci Tangan, Google Perbarui Aplikasi Jam WearOS

Google lebih dulu mengimplementasikan pengingat untuk mencuci tangan lewat smartwatch mereka. Google merilis pembaruan aplikasi “Clock” untuk WearOS versi 5.4.0 yang membawa fitur untuk mengingatkan penggunanya cuci tangan dalam periode waktu tertentu. Pembaruan ini bisa kamu cek secara langsung lewat Google Play Store jika belum didapat, meski harusnya sudah otomatis.

clock wear os ingatkan mencuci tangan

Ketika sudah waktunya mencuci tangan, jam akan bergetar untuk menampilkan notifikasi. Buka notifikasi tersebut, dan akan muncul timer selama 40 detik. Aplikasi akan mengingatkan penggunanya agar menggunakan sabun sebelum timer berjalan, dan ketika selesai, pengingat yang sama bakal muncul dalam waktu tiga jam kemudian.

Fitur ini harusnya tersedia untuk semua merk smartwatch yang menjalankan sistem operasi WearOS, baik Fossil, TicWatch, Skagen maupun lainnya. Kalau kamu merasa terganggu dengan notifikasi pengingat tersebut, opsi untuk men-disable tentu tersedia.

Susul Google, Samsung SRI-B Rilis Aplikasi “Hand Wash”

Samsung Hand Wash

Berbeda dengan implementasi Google, Samsung mengharuskan penggunanya untuk mengunduh aplikasi tambahan lewat Galaxy Store. Aplikasi tersebut bernama “Hand Wash”, dibuat oleh sebuah grup yang terdiri dari desainer serta developer Samsung Research Institute, Bangalore, India (atau SRI-B UX & wearable teams). Aplikasi ini dirancang oleh tim mereka selama dua minggu, menghasilkan sebuah solusi agar pengguna smartwatch Samsung bisa tetap sehat dan aman.

Sama seperti Google, aplikasi Hand Wash milik Samsung juga akan mengingatkan pengguna untuk mencuci tangan secara rutin. Durasinya 25 detik; 5 detik pertama adalah untuk menyalakan keran air serta menggunakan sabun, diikuti 20 detik berikutnya yaitu proses mencuci tangan dengan durasi yang disarankan oleh WHO. Jadwal pengingatnya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Smartwatch Samsung akan memberikan gerakan haptic feedback ketika durasi sudah mencapai batas minimum, plus memberikan notifikasi saat jadwal cuci tangan berikutnya sudah tercapai. Aplikasi Hand Wash ini juga memberikan tambahan watch face dengan pengingat kapan terakhir kali sudah mencuci tangan. Hand Wash dapat diunduh di Galaxy Store dan kompatibel baik untuk seri Galaxy Watch serta Samsung Galaxy Watch Active.