Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco M3 Rilis di Indonesia, Jawara Baru Kelas Entri Harga Mulai Rp1,8 Jutaan

4 4.641

Mengusung tagar “the new entry level killer”, Poco M3 akhirnya diresmikan di Indonesia. Punya spesifikasi yang cukup bertenaga di kelasnya, ini adalah pertama kalinya untuk Poco, sub-brand dari Xiaomi, untuk ikut bertarung di segmen kelas entri. Melawan cukup banyak kompetitor yang sudah bermain lama.

Gunakan kombinasi baterai, prosesor dan kamera yang prima, Poco M3 adalah senjata pertama dari Poco Indonesia untuk mengawali tahun 2021. Sebenarnya, mereka sudah mulai bermain dalam kelas entri lewat Poco M2, saudara kembar Xiaomi Redmi 9. Namun smartphone tersebut hanya tersedia di beberapa negara saja, tidak termasuk Indonesia.

Dengan adanya Poco M3, Poco Indonesia bakal turut mendominasi pasar smartphone Tanah Air melalui tiga seri yang dihadirkannya secara resmi, di mana ketiganya memiliki segmen yang berbeda-beda. Poco F2 Pro untuk kelas flagship terjangkau, Poco X3 NFC di kelas menengah, dan kini produk terbarunya yang ramaikan pasar perangkat Rp1 jutaan.
Baca juga: Begini Harapan Bos Xiaomi Indonesia di Tahun 2021

Keunggulan Poco M3

unboxing Poco M3

Secara tampilan, smartphone ini memiliki desain serta opsi warna yang cukup tegas atau berani. Hadir dalam opsi warna hitam dan kuning, bingkai kameranya mendominasi bodi bagian belakang. Selain tiga sensor kamera utama, logo Poco juga dibuat besar. Meski gunakan material plastik, permukaannya dibuat bertekstur sehingga tidak licin dan tidak mudah kotor.

Di bagian depan, desainnya masih cukup sederhana dengan waterdrop notch, meski memang kompetitor juga banyak yang adopsi desain serupa. Layar Poco M3 sudah beresolusu full HD+ saat lainnya masih banyak yang HD+. Dengan rasio bodi ke layar mencapai 90,34%z sertifikasi emisi cahaya biru dari TUV Rheinland dan Widevine L1, untuk dukungan streaming konten HD.

Sensor sidik jarinya disematkan di bodi samping, menyatu dengan tombol power. Sementara di sektor audio, Poco M3 sudah mendukung standar Hi-Res Audio, dilengkapi jack audio 3,5mm serta setup speaker stereo. Tentunya setup tersebut bakal hadir sebagai daya tarik tersendiri, bagi konsumen yang hobi streaming film maupun bermain gim.

Chipset-nya menggunakan Qualcomm Snapdragon 662 octa-core 11nm, dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal hingga 128GB. Performa kecang di kelasnya juga dikombinasikan dengan baterai yang sangat besar. 6,000 mAh, dan didukung 18W USB-C fast charging. Diklaim sanggup putar video hingga 17 jam, Poco juga sematkan adapter 22,5W dalam paket penjualan.

Di depan, terdapat kamera 8MP f/2.0 yang punya fitur AI Beautify. Sementara bodi belakang dipersenjatai tiga sensor kamera. Sensor utamanya punya dimensi 1/2″, beresolusi 48MP f/1.79 dengan fungsi Pixel Binning 4-in-1. Ditemani dua sensor 2MP untuk foto potret dan makro.

Fitur kameranya tak kalah lengkap dengan seri yang lebih mahal, sebut saja mode malam khusus, mode, profesional, pengambilan format RAW sampai mode perekaman video slow motion 120fps. Jalankan MIUI 12 for Poco, Poco M3 dijanjikan bakal dapat pembaruan ke Android 11 dalam waktu mendekat.

Harga Poco M3 di Indonesia

POCO M3 harga indonesiaLalu berapa harga juara kelas entri terbaru dari Poco satu ini? Seperti tradisi sebelumnya, POCO selalu memberikan harga yang mengejutkan jika dibanding spesifikasi yang ditawarkan. Terlebih dengan embel-embel killer di setiap segmen, membuatnya harus memberikan penawaran harga yang menarik minat penggunanya.

POCO M3 ditawarkan dengan dua varian. Pertama, untuk varian 4+64GB dipasarkan dengan harga perkenalan sebesar Rp1.799.000 dari harga normal Rp1.899.000. Sedangkan varian kedua dengan konfigurasi memori 6+128GB eksklusif dipasarkan untuk Indonesia. Smartphone ini dipasarkan dengan harga perkenalan sebesar Rp2.199.000 dari harga normal Rp2.299.000.

Xiaomi menggelar penjualan perdana POCO M3 mulai tanggal 26 Januari 2021 pada pukul 10.00 WIB di sejumlah e-commerce yaitu MI.com, akulaku, Lazada. Juga dipasarkan melalui toko luring Mi Authorized Store dan jaringan Erafone.

Spesifikasi POCO M2

Prosesor: Qualcomm Kryo 260, proses manufaktur 11nm
CPU: octa-core hingga 2,0 GHz
GPU: Adreno 610 GPU
AI: Mesin AI Qualcomm generasi ke-3
RAM: 4GB / 6GB LPDDR4X
Penyimpanan : 64GB / 128GB  UFS 2.2
Layar: 6,53″ FHD+ Layar Dot Drop 340×1080 FHD+
Baterai: 6000mAh (typ) support fast charging 18W
Kamera belakang: 48MP Kamera utama + 2MP Macro camera + 2MP Sensor Depth
Kamera depan: 8MP
Slot SIM: 2+1 slot kartu, nano-SIM + nano-SIM + microSD (hingga 512GB)
Dimensi: 162,3mm x 77,3mm x 9,6mm
Bobot: 198g
Navigasi : GPS / A-GPS / GLONASS / Beidou / Galileo
Keamanan: AI Face unlock, sensor sidik jari
Sensor: Sensor jarak | Sensor cahaya sekitar | Akselerometer | Kompas elektronik | Motor getaran | IR Blaster
Sistem operasi: MIUI 12 untuk POCO, berbasis Android 10

Cek harga smartphone POCO di

LAZADA Shopee