Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco M2, Kembaran Redmi 9 dengan RAM Lebih Lega

1 6.455

Merek smartphone yang satu ini memang seperti ingin melebarkan sayapnya, tak hanya merilis kelas flagship dengan harga murah, tapi juga ingin bersaing di beberapa segmen lainnya. Beberapa hari lalu, Poco X3 dirilis sebagai ‘smartphone 4G paling bertenaga’, menjalankan chipset terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 732G.

Sementara dua seri yang lebih lama, Poco F2 Pro & Poco M2 Pro hadir dengan desain fisik identik smartphone Xiaomi. Kali ini, Poco hadirkan seri yang lebih murah yaitu Poco M2. Dan sama seperti beberapa saudaranya, smartphone ini terlihat persis seperti Xiaomi Redmi 9 yang sudah kami ulas secara lengkap. Lalu apa perbedaannya?

Baca juga: Poco X3 NFC, Smartphone Kencang Harga Rp3 Jutaan

Spesifikasi Poco M2

Desain Poco M2

Secara desain, perbedaan yang diberikan Poco pada Poco M2 hanyalah opsi warna serta tekstur yang berbeda. Bila Redmi 9 punya finishing warna sirkular di sekitar frame kameranya, di Poco M2 dibuat lebih polos, dengan aksen two-tone yang terbagi antara bagian atas dan bawah.

Tiga warna yang dirilis adalah Brick Red, Pitch Black dan Slate Blue, dengan finishing anti-fingerprint agar tidak mudah kotor. Bagian depannya identik, menggunakan waterdrop notch untuk meletakkan kamera depan 8MP f/2.0.

Layarnya berdimensi 6,53 inci dengan resolusi full HD+, gunakan panel IPS yang dapat mencapai kecerahan hingga 400 nits. Dan tentunya sudah terlindung dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Sementara empat kamera belakangnya punya setup yang terdiri dari sensor utama 13MP f/2.2, 8MP f/2.2 ultra wide-angle, 5MP f/2.4 macro & 2MP depth sensor.

Perbedaan kedua pada sektor hardware adalah kapasitas RAM yang dimiliki oleh Poco M2 sedikit lebih lega. Menggunakan chipset yang sama (MediaTek Helio G80), Poco M2 miliki RAM 6GB dengan opsi penyimpanan internal hingga 128GB. Lebih tinggi dari varian RAM paling besar Redmi 9 di India dan Indonesia, yang mencapai 4GB saja.

Mendukung triple slot, pengguna dapat memasukkan dua kartu SIM plus kartu microSD sekaligus, hingga kapasitas 512GB. Kapasitas baterai 5,000 mAh di Poco M2 juga telah mendukung fast charging 18 watt melalui port USB-C, hanya saja perlu membeli adapter terpisah, karena bawaannya masih 10 watt saja.

Spesifikasi lainnya masih sama, seperti jack audio 3,5mm, lapisan tahan air P2i water-repelling nano-coating sampai sensor inframerah. Untuk sektor software, Poco janjikan MIUI yang bebas iklan. Menjalankan MIUI 11 berbasis Android 10, smartphone ini bakal dapat pembaruan ke MIUI 12 dalam waktu dekat.

Harga Poco M2 di India

Warna Poco M2

Lalu, berapa harga yang harus ditebus untuk Redmi 9 dengan steroid ini? Poco India mulai menjual Poco M2 pada 15 September mendatang di e-commerce lokal, Flipkart. Varian dasar dengan memori 64GB dibanderol seharga INR10,999, atau sekitar Rp2,2 jutaan. Dan INR12,499 (Rp2,5 jutaan) untuk varian 128GB.

Poco sendiri mengatakan jika kehadiran smartphone ini tidak untuk saling bersaing dengan saudara sendiri. Seperti yang diketahui dari spesifikasinya, harga jual Poco M2 lebih mahal. Penjualannya juga hanya dilakukan secara daring, dalam e-commerce yang berbeda. Menurut Gizmo friends, perlukah Poco membawa smartphone ini ke Indonesia?