Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembelian Tiket Bus DAMRI Kini Sudah Bisa Pakai DANA

Ketika masyarakat sudah mulai berkegiatan di luar rumah, moda transportasi yang biasa dipilih untuk bepergian ke luar kota, salah satunya adalah dengan naik bus. Selain lebih terjangkau, juga dinilai praktis karena tak memerlukan uji kesehatan selayaknya kereta atau pesawat, meski tak boleh mengesampingkan protokol kesehatan.

Untuk menurunkan risiko terpapar virus dari orang lain selama bepergian, DANA baru saja menjalin kerja sama dengan salah satu penyedia moda transportasi bus, yaitu DAMRI yang merupakan bagian dari badan usaha milik negara (BUMN). Kerja sama tersebut membuat masyarakat dapat membeli tiket bus secara contactless, hanya melalui smartphone saja.

Lewat kolaborasi antara DANA dan DAMRI, masyarakat dapat menggunakan metode pembayaran yang lebih aman, baik secara daring maupun luring untuk bepergian dengan armada DAMRI. Meneruskan tujuan awal teknologi DANA yang dibangun dengan kolaborasi berbagai platform maupun ekosistem. Demi tercapainya sebuah situasi keuangan digital yang lebih inklusif.

Baca juga: DANA Goals Ajak Kalangan Muda Menabung Lewat Aplikasi

Mendorong Budaya Cashless Kepada Masyarakat

Aplikasi DAMRI Apps - DANA
DANA lengkapi pilihan metode pembayaran baik secara luring maupun daring lewat aplikasi.

Vince Iswara, CEO dan co-founder DANA mengatakan, “Sinergi dengan DAMRI merupakan bagian dari upaya DANA untuk terus mendorong budaya cashless dan contactless, sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi digital yang makin mudah, aman dan nyaman.” Sementara bagi DAMRI, kolaborasi ini lengkapi berbagai metode pembayaran non-tunai dan non-kartu.

Sekaligus permudah masyarakat untuk membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara atau pun kawasa pariwisata. “Kerja sama ini memperluas jangkauan ekosistem pembayaran cashless untuk setiap pembelian tiket DAMRI,” terang Setia N Milatia Moemin, Direktur Utama DAMRI lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (31/3).

Ia menambahkan, langkah tersebut menambah pilihan metode pembayaran digital yang dapat diakses melalui situs tiket.damri.co.id, aplikasi DAMRI Apps yang baru tersedia di Google Play Store, serta lewat agen resmi penjualan lain secara luring di pool DAMRI. Sehingga solusi yang ditawarkan menjadi menyeluruh.

Hadir Untuk Pembelian Lewat Daring Maupun Luring

Ilustrasi DANAVIZ

Bagi konsumen yang ingin membeli tiket secara daring, DANA akan tersedia sebagai opsi pembayaran di aplikasi dan situs resminya. Tinggal pilih layanan yang diinginikan, mulai dari tiket baandara, antar kota atau tempat wisata. Pilih tempat keberangkatan dan destinasi, jam dan tempat duduk, lalu isi data diri.

Setelah itu, DANA dapat dipilih sebagai metode pembayaran, yang nanti tampilan akan berpindah ke DANA Cashier Page. Sementara untuk transaksi luring, calon penumpang bisa datang langsung ke loket DAMRI. Pilih tujuan, jam keberangkatan dan tempat duduk, menunjukkan ID card, kemudian diikuti dengan pemindaian QRIS dari aplikasi DANA.

Saat ini, sudah ada lebih dari 100 rute perjalanan yang disediakan oleh DAMRI, mulai dari Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, Pontianak dan lainnya. DANA juga telah implementasikan teknologi DANAVIZ (Visual Identity AuthoriZation) pada aplikasinya, memungkinkan pengguna untuk menggunakan wajah sebagai sistem keamanan buka aplikasinya. Fitur ini hadir sebagai metode opsional, di mana pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Tunjukkan Komen (1)