Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco X3 NFC, Smartphone Kencang Harga Rp3 Jutaan

1 12.616

Setelah bocoran tampilan serta spesifikasinya beredar sejak bulan lalu, akhirnya smartphone dari Poco yang satu ini telah diperkenalkan secara resmi. Kehadirannya dinanti berkat desainnya yang original, serta harganya yang dikabarkan sangat terjangkau. Lebih murah dari Poco F2 Pro yang hadir resmi di Indonesia, sebagai smartphone dengan Snapdragon 865 paling murah.

Benar, smartphone tersebut dinamakan Poco X3 NFC. Iya, kata “NFC” di sini memang hadir sebagai bagian namanya. Entah mengapa Poco sampai perlu menyematkan kata tersebut, meski memang tak banyak smartphone di segmen harga yang sama memiliki fitur yang umumnya digunakan masyarakat Indonesia untuk cek maupun top-up saldo e-money.

Oke, kembali ke smartphone-nya. Poco X3 NFC kali ini hadir dengan desain yang memang benar-benar orisinil, tak lagi menjiplak desain dari Redmi. Bodi belakangnya menggunakan bahan plastik polikarbonat, dengan logo Poco yang mentereng di bagian bawahnya. Dengan sertifikasi IP53, smartphone ini tahan cipratan air serta debu.

Spesifikasi Poco X3 NFC

Poco X3 NFC

Tak seperti F2 Pro, Poco X3 NFC menggunakan kamera depan berjenis punch-hole. Layarnya sendiri punya dimensi besar di 6,67 inci, gunakan panel IPS dengan resolusi full HD+. Refresh rate-nya sudah setara dengan flagship 2020, yaitu 120Hz dengan touch sampling rate dua kalinya. Cocok sekali untuk performa mobile gaming tinggi.

Kamera depannya sendiri punya resolusi 20MP f/2.2 yang mendukung teknologi pixel binning. Sementara di bagian belakang, terdapat empat sensor kamera. Sensor utamanya gunakan Sony IMX682, beresolusi 64MP f/1.89 dan dimensi sensor besar di 1/1,73 inci. Sementara sensor keduanya adalah 13MP f/2.2 ultra wide-angle, dan masih ada lagi dua sensor 2MP f/2.4 yang masing-masing untuk depth dan macro sensor.

Poco X3 NFC belum dilengkapi dengan 5G, namun disebut sebagai smartphone 4G paling powerful. Menggunakan chipset Snapdragon 732G, smartphone ini hadir dengan RAM 6GB dan dua opsi penyimpanan internal (64/128GB). Dan untuk menjamin kelancaran ngegim, disiapkan teknologi pendingin LiquidCool Technology 1.0 Plus yang mampu turunkan suhu hingga 6 derajat Celsius.

Performa kencang juga diimbangi dengan daya tahan baterai yang lama. Kapasitas baterai Poco X3 NFC mencapai 5,160 mAh, serta hadir dengan fast charger 33 watt. Poco juga masih menyematkan jack audio 3,5mm, di sebelah port USB-C. Juga hadir fitur speaker stereo, kombinasi speaker yang terletak di bawah dengan earpiece yang berfungsi sebagai speaker sekunder.

Harga Poco X3 NFC

Poco X3 NFC

Diluncurkan di negara asalnya, Poco X3 NFC mulai dapat dibeli di beberapa e-commerce China seperti Amazon, AliExpress, Gearbest dan lainnya pada tanggal 8 September 2020. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Shadow Gray dan Cobalt Blue.

Varian termurah dengan opsi memori 6+64GB dijual seharga 199 Euro, atau sekitar Rp3,4 jutaan. Sementara untuk varian memori 128GB dibanderol 249 Euro (Rp4,3 jutaan). Sama seperti Xiaomi, ini adalah harga untuk penjualan awal, yang kemudian dinaikkan setelah beberapa waktu penjualan dilaksanakan. Kalau saja bisa hadir di Indonesia, tentunya bakal sangat menarik, terutama hadir lengkap dengan sensor NFC.