Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Rilis Snapdragon 732G, Bakal Digunakan di Seri POCO Terbaru

0 1.483

Agar sebuah smartphone menjadi semakin kencang dan efisien daya, produsen chipset tentu perlu untuk memperbarui seri perangkat keras mereka dari masa ke masa. Selain merilis generasi atau seri penomoran baru (untuk jenis smartphone baru seperti smartphone 5G terjangkau, misalnya), mereka juga perbarui chipset untuk segmen yang sama.

Baru-baru ini, Qualcomm telah merilis sebuah pembaruan dari seri chipset yang umumnya digunakan pada smartphone kelas menengah atas, atau flagship murah (affordable flagship), yaitu Snapdragon 732G. Sesuai dengan tebakan Gizmo friends, ini adalah lanjutan dari chipset Snapdragon 730G, yang ternyata sudah dirilis lebih dari satu tahun lalu, tepatnya April 2019.

Snapdragon 732G membawa peningkatan pada kemampuan AI, serta CPU dan GPU yang sudah ditingkatkan. Lewat sebuah rilis di situs resminya, Kedar Kondap selaku VP of Product Management dari Qualcomm Technologies, Inc. menyebutkan bila chipset ini akan memberikan pengalaman gaming yang tinggi, AI serta performa yang superior.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 675, Prosesor Menengah yang Usung Fitur Premium

Snapdragon 732G Punya Clockspeed CPU Lebih Kencang

Qualcomm Snapdragon 732G

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa Qualcomm telah bekerja sama dengan POCO. Ya, chipset ini akan pertama kali digunakan untuk smartphone baru mereka, yang dirumorkan adalah POCO X3 dengan desain serta spesifikasi yang sempat bocor beberapa waktu lalu. Jadi, apa saja peningkatan yang dibawa di seri pembaruan kali ini?

Pada bagian CPU, arsitekturnya masih sama, gunakan seri Qualcomm Kryo 470. Namun prime core clock speed-nya telah ditingkatkan, kini dapat mencapai angka 2,3GHz (dari yang sebelumnya di 2,2GHz). Sementara GPU Adreno 618 yang diusung punya peningkatan pada proses render grafis hingga 15%, membuatnya lebih nyaman ketika digunakan untuk mobile gaming atau video editing.

Snapdragon 732G juga dilengkapi fitur Snapdragon Elite Gaming untuk gameplay yang lebih sealmess dan realitistis, serta AI Engine generasi keempat untuk aplikasi yang memerlukan olah perangkat lunak tingkat tinggi, serta tingkatkan efisiensi daya. Chipset ini masih belum mendukung 5G, namun sudah dilengkapi modem LTE kelas tinggi untuk kecepatan untuk serta performa Wi-Fi yang optimal.

Hadir Untuk Pengalaman Flagship 4G Terjangkau

Qualcomm memang seolah mengerti jika permintaan untuk chipset kelas ini cukup tinggi. Berbagai produsen telah menggunakannya untuk smartphone di kelas yang berbeda-beda. Google sendiri telah menyematkan seri Snapdragon 730G di smartphone terjangkau barunya, Pixel 4a yang sempat tertunda perilisannya selama berbulan-bulan.

Sementara di Xiaomi, chipset yang sama digunakan untuk ‘camera flagship’ mereka, yaitu Mi Note 10 series. Smartphone tersebut memiliki lima sensor kamera belakang, dengan sensor utama memiliki besaran resolusi 108MP. Spesifikasi tersebut menuntut olah CPU serta GPU yang tinggi, dan chipset dari Qualcomm mampu memenuhi kebutuhan tersebut, meski bukan seri 800.

Maka tentu akan lebih baik ketika Snapdragon 732G hadir dengan peningkatan performa yang cukup merata, serta cocok bagi konsumen yang mungkin masih belum merasa diperlukan adanya dukungan 5G, sehingga harga perangkat lebih terjangkau. Kita nantikan saja kehadiran resminya di smartphone yang dirumorkan sebagai Poco X3 NFC ya.