Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Pixel 4a Resmi Dirilis, Versi 5G Menyusul dengan Pixel 5

0 3.063

Ketika sebuah smartphone sudah bocor luar dalam dan yang tersisa hanya perilisan resmi saja. Setelah berbulan-bulan ditunda, akhirnya Google resmi merilis smartphone terbaik versi murahnya, Google Pixel 4a. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pixel 4a kali ini hadir dalam satu ukuran saja, alias tidak akan ada varian XL nantinya.

Selain meresmikan Google Pixel 4a, pabrikan perangkat lunak raksasa yang satu ini juga sekaligus mengumumkan dua smartphone baru lainnya yang akan diperkenalkan di masa mendatang. Cara ini bisa dibilang belum pernah dilakukan Google sebelumnya. Apakah ingin mengambil sedikit panggung dari peluncuran iPhone 12 series yang juga segera rilis akhir tahun ini? Kita nantikan saja.

Menurut beberapa pengamat, strategi pengenalan tiga produk smartphone sekaligus ini hadir dengan alasan jaringan. Di Amerika Serikat, tak banyak operator seluler yang berminat untuk promosikan perangkat non-5G, seperti Google Pixel 4a. Maka dari itu, Google sekaligus memperkenalkan Pixel 5 serta Pixel 4 5G, meski hanya sebatas teaser dan tanggal yang belum pasti.

Baca juga: Punya Logo Baru, Google Photos Tampil Lebih Sederhana

Google Pixel 4a Hanya Tersedia Dalam Satu Varian

Google Pixel 4a

Kembali ke Google Pixel 4a. Selain hanya hadir dalam satu ukuran, varian warnanya pun hanya “Just Black” saja, dengan material plastik polikarbonat. Desain kamera belakangnya dibuat persegi, meski hanya terisi oleh satu kamera dan lampu kilat. Plus sensor sidik jari konvensional di bawahnya.

Jika tampak belakang terlihat polos dan sederhana, di bagian depan justru terlihat lebih menarik dari Pixel 4. Google Pixel 4a miliki layar 5,81 inci OLED 1080p, dengan kamera punch-hole dan bezel yang hampir sama tipisnya di keempat sisi. Dengan bobot hanya 144 gram, smartphone ini cocok buat Gizmo friends yang inginkan perangkat kompak.

Meningkat dari seri lamanya, smartphone ini bakal ditenagai dengan chipset kelas menengah dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 730G. Chipset ini bisa dibilang cukup bertenaga, juga digunakan pada smartphone lima kamera Xiaomi seperti Mi Note 10. Apalagi sistem operasi Google Pixel 4a dirancang lebih ringan karena pure Android.

Tanpa slot kartu microSD, kapasitas RAM-nya sedikit membesar di 6GB, dengan memori penyimpanan 128GB yang naik dua kali lipat. Kamera belakangnya masih gunakan sensor legendaris, Sony IMX363 12MP f/1.7 yang miliki OIS. Sensor ini sama seperti Pixel 3, 3a sampai Pixel 4. Namun jika berbicara mengenai Pixel, yang terpenting adalah kemampuan olah foto digitalnya.

Meski menjadi versi lebih murah, fitur seperti Night Sight, Portrait Mode sampai Top Shot tetap ada. Termasuk perekaman video yang mengkombinasikan OIS & EIS, meski diklaim masih belum sebaik iPhone SE (2020) menurut beberapa yang sudah mengulasnya. Sementara di depan, terdapat kamera 8MP f/2.0 fixed focus.

Kapasitas baterainya cukup kecil untuk standar smartphone masa kini, hanya 3,140 mAh. Namun mengingat layarnya yang juga kecil, Google berani mengklaim jika Pixel 4a mampu menyala seharian. Pengisian dayanya sendiri sudah mendukung Power Delivery 18 watt, setidaknya percepat proses pengisian daya.

Selain Pixel 4a, Google Beri Teaser Pixel 5

Google Pixel 5 & 4a 5G
Foto resmi Google Pixel 5 beserta Pixel 4a 5G, akan dirilis akhir tahun ini.

Hadir dengan jack audio 3,5mm, Google Pixel 4a dijual mulai 20 Agustus mendatang. Pre-order sudah dimulai per hari ini untuk pasar Amerika Serikat, dijual seharga USD349 atau sekitar Rp5,1 juta. Sementara varian 5G yang akan menyusul nantinya bakal dijual seharga USD499 (Rp7,3 jutaan).

Harganya signifikan lebih murah dari iPhone SE (2020), dengan kapasitas memori dua kali lebih besar. Hanya saja kehadirannya bisa dibilang cukup terlambat, membuat konsumennya mungkin telah berpindah ke perangkat Apple.

Pertanyaan selanjutnya, apakah perangkat tersebut bakal dijual di Indonesia? Bagaimanapun, baik Google Pixel 4a maupun Google 5 kemungkinan kecil bakal dipasarkan secara resmi di Indonesia. Indonesia sepertinya masih belum menjadi pasar penting bagi Google untuk penjualan smartphone Pixel. Peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dan regulasi IMEI juga bakal menjadi penghambat perangkat ini masuk ke Tanah Air.

Spesifikasi Google Pixel 4a

Display: Full-screen 5.81-inch (147.6 mm) display with transmissive hole
Dimensions and Weight: 5.7 height x 2.7 width x 0.3 depth (inches)
Colors: Just Black
Materials: Polycarbonate unibody • Corning® Gorilla® Glass 3 cover glass
Battery: 3140 mAh
Memory and Storage: 6 GB LPDDR4x RAM • 128 GB storage
Processors: Qualcomm® Snapdragon 730
Rear camera: 12.2 MP dual-pixel • 1.4 μm pixel width • Autofocus with dual pixel phase detection
Front Camera: 8 MP • 1.12 μm pixel size • ƒ/2.0 aperture • Fixed focus
Video: Rear Camera: 1080p @ 30 FPS, 60 FPS, 120 FPS • 720p @ 30 FPS, 60 FPS, 240 FPS
Sensors: Proximity / Ambient light sensor • Accelerometer / Gyrometer
Charging: USB-C 18W adapter with USB-PD 2.0 • 18W fast charging
Buttons and Ports: USB Type-C 3.1 Gen 1 • 3.5 mm audio jack • Power button • Volume controls
SIM: Single Nano SIM • eSIM
Media & Audio: Stereo speakers • 2 microphones • Noise suppression
WLAN: Wi-Fi 2.4 GHz + 5 GHz 802.11a/b/g/n/ac 2×2 MIMO
Bluetooth: Bluetooth 5.0 + LE, A2DP (HD codecs: AptX, AptX HD, LDAC, AAC)
Network: Up to 3xCA DL, 2×2 MIMO • CAT 12 capable of 600 Mbps download, CAT 5 capable of 75 Mbps upload
Hearing Aid Compatibility: M3/T4 HAC Rating • Google’s devices meet the hearing aid compatibility (HAC) requirements set by the FCC. See g.co/pixel/hac
OS Updates: The latest Android 10 + the new Google Assistant with Lens
AR/VR: AR Core