Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bocoran iPhone 12 Series, Bakal Punya Desain Baru & Layar 120Hz

0 1.407

Apple telah merilis smartphone flagship mereka, iPhone 11 series pada September 2019 lalu. Meski memiliki peningkatkan yang cukup baik terutama dalam sektor kamera, banyak yang mengeluhkan desainnya yang masih sama seperti generasi sebelumnya. Serta dimensi notch yang relatif lebar, terutama jika dibandingkan dengan smartphone Android yang ada saat ini.

Memasuki pertengahan tahun 2020, sudah saatnya untuk rumor-rumor iPhone 12 bertebaran. Tak hanya konsep bikinan perseorangan, desain CAD-nya sudah dibuat dengan daftar spesifikasi yang diklaim berasal dari sumber terpercaya. Penasaran nggak, apa saja peningkatkan yang bakal dibawa oleh iPhone 12? Berikut kumpulan rumor desain dan spesifikasi iPhone 12.

Baca juga: Apple iPad Pro 2020 Hadir dengan LiDAR Scanner & Magic Keyboard Baru

Empat Seri iPhone 12 Punya Desain Mirip iPad Pro

Dari foto CAD yang disebar oleh EverythingApplePro, iPhone 12 bakal hadir dalam empat varian; iPhone 12, 12 Max, 12 Pro & 12 Pro Max. Sekilas keempat smartphone ini terlihat serupa dengan 11 series, terutama modul kamera dan material kaca yang digunakan. Namun jika dilihat lebih dekat, keempat smartphone ini bakal memiliki desain bezel yang berbeda.

iPhone 12 series diklaim akan memiliki bodi samping serupa iPad Pro, dengan sudut yang dibuat tajam. Rumor akan perubahan desain seperti ini sudah berjalan sejak lama, dimana iPhone 12 nantinya akan punya desain yang kembali seperti iPhone 4 atau 5 series. Selain itu, bagian bezel dan notch juga akan dibuat lebih kecil. Dimensi iPhone 12 akan menyerupai iPhone SE 2020, meski dimensi layarnya jauh lebih besar di 5,4 inci. iPhone 12 Pro series akan tetap menggunakan material kaca dengan finishing matte, untuk mencegah terlihatnya bekas sidik jari. Tapi kabarnya warna Midnight Green akan digantikan dengan hero color baru, yaitu Navy Blue.

Keempat seri iPhone 12 bakal menggunakan panel OLED, peningkatan yang cukup signifikan mengingat iPhone 11 series masih menggunakan IPS LCD. Dan agar dapat bersaing dengan flagship Android terbaru saat ini, iPhone 12 Pro bakal mengusung teknologi ProMotion yang ada di iPad Pro, dengan refresh rate hingga 120Hz. Namun Jon Posser mengatakan bahwa fitur ini masih tentatif, karena pihak Apple sedang mencoba mengoptimalkan agar tidak memakan banyak daya baterai.

Kamera iPhone 12 Pro Series Dilengkapi Sensor Baru

iPhone 12 series

Apple dikabarkan telah mencoba sensor kamera 64MP untuk iPhone barunya, tetapi dikabarkan tidak puas dengan hasilnya. Sehingga iPhone 12 series akan tetap memiliki sensor utama 12MP, dengan ukuran sensor yang lebih besar dan peningkatan lain untuk perbaiki hasil foto saat kondisi gelap.

Khusus iPhone 12 Pro, sensor telefotonya akan punya tingkat pembesaran yang lebih baik yaitu 3x optical zoom, dan mendukung night mode. Apple juga akan menambahkan LiDAR sensor yang ada di iPad Pro terbaru, untuk membantu percepat proses fokus serta mode potret saat rekam video.

Dukungan 5G tentunya bakal hadir melalui chipset Apple A14 Bionic. iPhone 12 akan memiliki RAM 4GB, sementara seri Pro lebih besar dengan 6GB. Kapasitas tersebut memang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan smartphone Android yang bisa sampai 12GB, namun Apple dikenal hemat sumber daya termasuk memori, mengingat sistem operasinya hasil rancangan sendiri.

Untuk harga, varian termurah iPhone 12 dengan memori 128GB akan dijual mulai $649 (Rp9,7 jutaan). Harga tersebut lebih murah $50 jika dibandingkan dengan iPhone 11. Sementara iPhone 12 Pro bakal dijual dengan harga mulai dari $999 (Rp14,9 jutaan) sampai $1399 (Rp20,9 jutaan) untuk varian Pro Max dengan memori 512GB. Kita nantikan kebenaran dari rumor-rumor ini ya!