Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kamera iPhone SE (2020) Meraih Skor 101 di DxOMark

0 3.291

Sejak dirilis pada bulan April lalu, smartphone yang satu ini tak henti-hentinya menarik perhatian masyarakat. Terutama bagi mereka yang mengidamkan smartphone berdimensi kecil, atau ingin membeli perangkat Apple termurah. Bagaimana tidak, iPhone SE (2020) dirilis dengan harga mulai dari Rp7 jutaan (di Singapura), dan membawa prosesor yang sama dengan iPhone 11 Pro series.

Tapi tentu tak seperti 11 Pro series, kamera iPhone SE (2020) hanya ada satu di bagian bodi belakangnya. Beberapa menyebutkan jika kameranya sama dengan iPhone 8 atau iPhone XR. Apple sendiri tak menyebutkan secara gamblang, namun secara spesifikasi memang identik. Kamera utama iPhone SE (2020) punya resolusi 12MP f/1.8 dengan OIS, mendukung perekaman video sampai 4K 60fps.

Lalu bagaimana dengan hasil kameranya, apakah serupa dengan iPhone 8 atau iPhone XR? Salah satu organisasi pengujian kamera independen yang sudah sangat dikenal, DxOMark baru saja merilis hasil uji kamera iPhone termurah di tahun 2020 ini. Smartphone tersebut meraih skor 101 untuk uji kamera keseluruhan, dan skor 84 khusus kamera depannya.

Baca juga: Apple Resmi Luncurkan iPhone SE (2020) dengan A13 Bionic, Hanya Rp7 Jutaan

Skor Foto Kamera Belakang iPhone SE (2020) Setara Pixel 3

Hasil foto kamera belakang iPhone SE (2020). (Sumber: DxOMark)
Hasil foto kamera belakang iPhone SE (2020). (Sumber: DxOMark)

Sebagai perbandingan, dua smartphone lain yang miliki skor sama adalah iPhone XR dan Google Pixel 3a, sementara iPhone 11 di 109 & 11 Pro Max di 117. Sebagai informasi, jika sebuah smartphone punya lebih dari satu lensa, maka DxOMark akan berikan skor lebih tinggi untuk fungsi yang lebih banyak.

Secara keseluruhan, DxOMark memuji kemampuan kamera iPhone SE (2020), karena memiliki kualitas foto yang setara dengan smartphone flagship lainnya. Exposure dan reproduksi warna menjadi nilai utama pada kameranya, berikan hasil yang akurat. Termasuk detil foto dalam kondisi outdoor atau cukup cahaya.

Hasil foto iPhone SE (2020) dalam kondisi kurang cahaya.
Belum dilengkapi mode malam khusus, hasil foto low-light iPhone SE (2020) biasa saja. (Sumber: DxOMark)

DxOMark juga menyebutkan dynamic range yang baik. Hal ini berkat penggunaan chipset Apple A13 Bionic, yang mampu tangkap lebih banyak foto dalam sekali jepret untuk kemudian digabung agar hasil foto menjadi lebih baik dan detail. Kekurangannya hanyalah belum adanya mode malam khusus, sehingga masih kurang optimal pada kondisi kurang cahaya atau low light.

Foto potret iPhone SE (2020).
Hasil foto menggunakan mode potret. (Sumber: DxOMark)

Sementara untuk efek bokeh, Apple hanya memanfaatkan olah software untuk hasilkan background blur. Kamera iPhone SE (2020) hanya bisa ambil foto potret dengan objek manusia saja. Kurang halusnya transisi bokeh masih terlihat di beberapa sisi seperti area sekitar tangan dan rambut dari objek. Wajar, mengingat tidak ada lensa kedua untuk ambil informasi kedalaman objek foto yang lebih akurat.

Diuji dengan perekaman 4K 30fps, hasil rekam video iPhone SE (2020) juga menunjukkan kualitas yang baik. Exposure-nya disebut sangat baik, termasuk reproduksi warna dan detail. Sama seperti foto, kualitas ini hanya dapat diraih dalam kondisi cahaya melimpah. Dengan kombinasi OIS + EIS, video cukup stabil namun bukan yang terbaik.

Kamera Depannya Setara iPhone XS Max

Sementara kamera depannya punya spesifikasi yang pas-pasan, apalagi kalau dibandingkan dengan smartphone Android masa kini. Resolusinya hanya 7MP, dengan bukaaan f/2.2 tanpa autofokus. Sementara peremakan video hanya mendukung sampai 1080p 30fps. Kamera depannya mendukung auto HDR berkat A13 Bionic.

Meski dibilang kecil dalam besaran resolusi, kamera selfie iPhone SE (2020) masuk dalam jajaran 20 kamera depan terbaik versi DxOMark. Pencapaian ini dibilang cukup impresif mengingat harganya yang relatif lebih murah dari kompetitor terutama flagship lain. Kemampuannya secara keseluruhan dinilai mencapai iPhone XS Max atau Samsung Galaxy A71.

Hasil foto kamera depan iPhone SE (2020).
Hasil foto kamera depan iPhone SE (2020). (Sumber: DxOMark)

Reproduksi warnanya akurat, yang mana sangat penting untuk sebuah kamera selfie. Sementara efek potretnya juga dinilai memuaskan, meski sama-sama murni menggunakan olah digital. Kekurangannya adalah tingkat noise yang masih tinggi, kualitas foto dalam kondisi kurang cahaya serta lensanya yang lebih rentan terhadap flare. Untuk rekam video, EIS bekerja dengan baik untuk meredam getaran saat proses perekaman.

Kamera depan dan belakangnya memang bukan yang terbaik dalam spesifikasi di atas kertas. Namun skor kamera iPhone SE (2020) bahkan bisa melampaui beberapa flagship yang pernah diuji oleh DxOMark. Sampai saat ini, iPhone SE (2020) tak kunjung tersedia secara resmi di Indonesia. Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk upgrade dari iPhone seri lama, harap bersabar ya.