alexa

Samsung Galaxy F52 5G Bawa Layar 120Hz & Snapdragon 750G, Harga Rp4 Jutaan

Mendominasi pasar smartphone di beberapa negara tertentu, produsen elektronik asal Korea Selatan, Samsung menghadirkan produk khusus wilayah regional untuk akomodir kebutuhan spesifik penggunanya. Setelah perkenalkan F-series mereka, kini sekuelnya, Samsung Galaxy F52 5G diresmikan di China. Usung kombinasi spesifikasi yang menarik.

Ya, diawali sejak tahun lalu, Samsung mulai mencoba untuk hadirkan perangkat 5G dengan harga yang lebih murah, tak sekadar hanya di lini flagship saja. Setelah merilis Galaxy S21 series, Galaxy A52 juga dihadirkan dalam versi 5G. Meski memang, yang masuk ke Indonesia terbatas di jaringan 4G saja, termasuk pula Galaxy A72.

Mungkin karena merek yang masuk dalam lima besar jajaran terbaik secara jumlah pengapalan ini belum menganggap hal tersebut penting saat ini. Berbeda di Indonesia, berbeda pula di negara lainnya. Untuk itu, Samsung Galaxy F52 5G dihadirkan di China, bawa kemampuan jaringan masa depan tersebut dengan harga lebih affordable.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M12: Kompetitif & Mengejutkan

Spesifikasi Samsung Galaxy F52 5G

Samsung Galaxy F52 5G

Secara desain, smartphone terbaru Samsung satu ini terlihat cukup berbeda bahkan dari seri Galaxy M. bodi belakangnya dibuat polos dengan permukaan glossy, tanpa pola permukaan khusus. Desain modul kameranya tampak berbeda dari yang lain, sementara sisi bingkainya dibuat mendatar, mirip iPhone 12 series. Demi menekan biaya dan faktor kepraktisan, sensor sidik jari dijadikan satu dengan tombol power.

Setelah hadirkan Galaxy M12 secara resmi beberapa pekan lalu, Samsung nampaknya semakin kompetitif dalam hal spesifikasi. Tak terkecuali Galaxy F52 5G yang meski harganya terjangkau, sudah mengusung refresh rate 120Hz, lebih tinggi dari A-series sekalipun. Panelnya sendiri masih TFT, berdimensi 6,6 inci dengan resolusi full HD+.

Peletakan kamera depan berjenis punch hole pada smartphone 5G murah ini dibuat sedikit berbeda, karena letaknya di sebelah atas kanan. Resolusinya sendiri sudah cukup tinggi di 16MP, melengkapi setup empat kamera di belakangnya. Selain sensor utama 64MP, terdapat pula sensor ultra wide-angle 8MP, dan dua sensor 2MP untuk hasilkan foto objek jarak dekat maupun efek potret atau bokeh.

Supaya bisa berikan jaringan 5G dan performa yang cukup, Samsung menunjuk Qualcomm dengan salah satu cip terbarunya, Snapdragon 750G. Cip tersebut dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, di mana pengguna masih bisa menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 1TB.

Harga Samsung Galaxy F52 5G Cukup Kompetitif

Samsung Galaxy F52 5G

Tak seperti M-series yang gunakan UI versi sederhana, Galaxy F52 5G dilengkapi dengan One UI 3.1 berbasis Android 11. Kapasitas baterainya bukan yang terbesar di kelasnya, yaitu 4,500 mAh. Setidaknya dukungan fast charging 25W tersedia, agar bisa mengisi daya hingga penuh dalam waktu yang lebih cepat.

Sudah tersedia secara pre-order, Samsung Galaxy F52 5G tersedia dengan harga CNY1,999 di China, atau sekitar Rp4,4 jutaan saja bila dikonversikan. Harga yang cukup terjangkau bila dilihat dari spesifikasinya, cukup bersaing dengan smartphone 5G terjangkau rilisan realme dan OPPO, bisa disandingkan dengan OPPO A74 5G yang sudah tersedia di Tanah Air.

Tinggalkan komen