Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Review Lenovo Ideapad S340 Ryzen: Membuatmu Lebih Produktif

Lenovo menghadirkan laptop clamshell klasik lewat Ideapad S340. Modelnya yang sederhana, ternyata tak menghalangi potensi Lenovo Ideapad S340 Ryzen jadi sebuah perangkat favorit. Karena tak hanya pembaruan desain dengan kesan modern minimalis. Tapi juga diisi dengan berbagai fitur penunjang kerja, di kantor maupun sekolah.

Laptop ini menjadi salah satu yang diantisipasi sejak akhir tahun lalu. Sampai berganti tahun kini, rasanya masih pantas menjadikan Lenovo Ideapad S340 sebagai salah satu unggulan dalam rimba laptop kelas entry level. Terlebih, laptop ini juga dibekali dengan prosesor AMD Ryzen untuk menunjang performanya.Lalu apa saja yang menjadikannya layak untuk diunggulkan dan diperhitungkan dalam daftar beli kamu?

Simak review Lenovo Ideapad S340 Ryzen berikut ini.

Desain

Lenovo Ideapad S340 RyzenLenovo Ideapad S340 mengusung desain thin and light. Dimensi laptop ini memang cenderung tipis untuk kelasnya, yakni perpaduan Panjang x Lebar x Tinggi/ Tebal (323.6mm x 228mm x 17.9 milimeter). Bobot berat sekitar 1,5 kilogram juga relatif ringan. Membuat laptop ini mudah serta nyaman dibawa bepergian menggunakan tas.

Di luar dimensi dan bobot. Lenovo Ideapad S340 juga memiliki desain apik. Dapat dilihat dari tarikan garis diagonal pada tepian depan belakang laptop, sedikit banyak serupa dengan seri-seri terdahulu namun dengan finishing lebih baik. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan material alumunium yang menyelimuti casing laptop. Membawa kesan kokoh dan nyaman pula saat digenggam.

Kemudian penempatan logo Lenovo pada bagian casing yang bergeser ke tepian. Membuatnya tampak seperti tag file dokumen. Dan tentu saja pilihan warna miliki Lenovo Ideapad S340, yakni biru dof (Abbys Blue) maupun abu-abu (Platinum Grey) yang nampak elegan.

Pada sekitar layar akan didapati desain bezel yang lebih pada sisi samping dan atas. Tampilan narrow bezel seperti ini lumayan berdampak pada kenyamanan mata saat menatap layar. Selain tampilan laptop itu sendiri yang jadi lebih baik.

Sementara untuk penempatan port konektivitas pada tiap sisi laptop, tidak ada yang istimewa. Selain karena kelas laptop ini memang masih di level menengah. Peruntukkan Ideapad S340 memang lebih kepada produktivitas kerja, bukan gaming atau editing yang menuntut banyak port.

Baca juga: Lenovo ThinkBook 14, Laptop Tangguh dan Stylish untuk untuk Pebisnis

Display

Lenovo Ideapad S340 Ryzen Laptop Lenovo Ideapad S340 dibekali dengan layar idaman pengguna laptop kelas menengah. Terutama mereka yang peduli pada kenyamanan mata saat berlama-lama di depan layar. Hal yang dijawab Lenovo melalui laptop ini.

Display dengan lebar 14 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel menjadi pembuka dari apa yang ditawarkan pada Ideapad S340. Selanjutnya, setelah layar laptop dinyalakan, kamu akan menyadari bahwa teknologi IPS LCD tersemat di sana. Ditambah fitur anti-glare yang tidak memantulkan cahaya dari belakang.

Tambahan lain terkait bagian display laptop ini, antara lain tingkat kecerahan dapat diatur hingga 250 nits, serta layar mampu dibuka hingga 180 derajat dalam hingga sejajar dengan keyboard. Fitur-fitur yang tersemat itu biasanya ditemukan pada seri laptop high-end.

Perkembangan dan pergeseran teknologi pada kelas laptop di atasnya, memungkinkan hal itu dapat diaplikasikan pada laptop kelas menengah seperti Ideapad S340 ini. Yang diuntungkan tentu saja pengguna seperti kita. Dapat memiliki laptop berkualitas dengan harga terjangkau.

Port dan Konektivitas

Lenovo Ideapad S340 Ryzen Laptop ini sudah menawarkan pilihan port dan konektivitas ragam terbaru. Dua port USB 3.1 Gen1 ada di bagian sisi kanan laptop. Beriringan dengan card reader yang dapat digunakan untuk mengakses memori eksternal.

Sementara pada bagian sisi kirinya. Kamu dapat memanfaatkan port HDMI sebagai media tambahan untuk terhubung dengan perangkat lain. Ada pula combo audio jack di sana. Tentu untuk digunakan sebagai penghubung perangkat audio eksternal seperti speaker maupun headset.

Speaker bawaan di laptop ini sebenarnya sudah cukup memadai. Dilengkapi fitur 2 x 2W stereo speakers, Dolby Audio Premium. Kualitas output audio yang dihasilkan sudah cukup untuk dapat dinikmati telinga.

Konektivitas nirkabel Ideapad S340, sama seperti laptop kebanyakan. Tersedia fitur konektivitas WiFi dan Bluetooth di dalamnya. Dengan Bluetooth tersebut, kamu dapat menggunakannya untuk terhubung dengan mouse maupun TWS (True Wireless Stereo) yang mulai populer. Dan, ya, kedua perangkat berbasis Bluetooth  4.2 tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan ke laptop ini.

Terakhir untuk urusan port ialah USB Type 3.1 Type-C. Dan kesemua port USB pada Ideapad S340 dapat digunakan sebagai dispense power alias pengisi baterai ponselm. Sehingga kamu tak perlu khawatir ketika kehilangan kepala charger saat bepergian membawa ponsel, selama masih membawa laptop ini. Tentu dalam keadaan baterai terisi penuh atau membawa charger unit laptopnya itu sendiri.

Fitur Lain

Lazimnya laptop multipurpose lain. Lenovo Ideapad S340 sudah dilengkapi dengan kamera untuk mendukung kegiatan video call, maupun live streaming. Kamera depannya memiliki kemampuan lensa HD 720p. Cukup tinggi sehingga mampu memproduksi kualitas gambar yang halus.

Laptop ini sudah dibekali dengan sistem operasi bawaan orisinil Windows 10 Home x64 dari Microsoft. Sehingga kamu tidak perlu lagi bersusah payah mencari bajakan, atau mengeluarkan uang tambahan untuk menebus software OS terpisah. Dan dapat segera memakai laptop untuk bekerja.

Performa Lenovo Ideapad S340

Ryzen yang dikembangkan AMD, memang mulai mendapat tempat beberapa tahun belakangan. Struktur teknologi dan kinerja yang semakin baik, membuat konsumen awam mulai banyak yang melirik laptop berbasis Ryzen. Dan Lenovo pun menempatkan Ryzen sebagai bagian dari produknya, selain masih adanya Intel untuk versi lain dari Ideapad S340 ini.

Prosesor AMD Ryzen 3 yang disematkan pada laptop ini memiliki otak kerja dual-core berkecepatan 2,6 GHz Turbo. Dengan kemampuan maksimal di angka 3,5 GHz. Prosesor kelas terendah dari keluarga Ryzen ini sudah cukup mumpuni dalam mengolah beragam aktivitas kerja. Apalagi masih didukung perangkat lain yang dapat menjadikan kinerja lebih maksimal.

Lenovo Ideapad S340 Ryzen benchmarkPerlu diketahui, bahwa Ideapad S340 dilengkapi pula dengan kartu grafis, AMD Radeon RX Vega 3. Kartu grafis ini sudah terintegrasi. Kartu ini menjadi salah satu kartu grafis entry level milik AMD. Selain itu, kartu grafis yang memiliki basis arsitektur Vega generasi 5 ini mampu dijalankan hingga kecepatan 1100 MHz. Walau pada akhirnya semua bergantung pada konfigurasi yang dijalankan.

Namanya saja kartu grafis entry level. Tak perlu berharap banyak saat hendak menggunakannya untuk gaming. Dalam pengujian yang dilakukan netbookcheck.net, karena kami belum sempat melakukannya sebab dikejar kejar tayang, tak ada frame rate wajar untuk game terbaru. Game seperti Read Dead Redemption atau Star Wars Jedi Fallen Order hanya mampu di angka kisaran 10 fps pada setting low. Sementara untuk Fifa 20 dapat mencapai 40an fps, tetap di setting low.

Dukungan memori untuk Ideapad S340 datang dari RAM 8GB DDR4-2400Mhz (4GB onboard + 4GB SODIMM). Dapat di-upgrade hingga maksimal 12 GB, dapat memanfaatkan satu slot RAM tambahan. Untuk sistem operasi dan penyimpanan internal menggunakan SSD 512GB M.2 PCIe 2280 NVMe. Penggunaan SSD selain memangkas bobot laptop, juga membuat kinerja dalam booting maupun saat menjalankan aplikasi lain dapat berlangsung lebih cepat.

Konfigurasi kerja tersebut didukung dengan baterai 3 cell 52,5 WHr lithium-po. Dibekali dengan rapid charge untuk proses pengisian lebih cepat. Dalam penggunaan normal, laptop ini mampu digunakan hingga sekitar 8 jam lamanya. Akan menjadi lebih singkat saat digunakan pula untuk gaming atau streaming video player.

Keseluruhan sistem perangkat keras yang tertanam di dalam Ideapad S340 sudah sangat mumpuni untuk mendukung fungsi kerja, di sekolah maupun kantor. Memang akan kesulitan jika hendak menjadikannya sebagai media gaming. Tapi, toh, Lenovo memang tidak hendak masuk ke semua segmentasi pasar lewat laptop ini.

Kesimpulan

Lenovo Ideapad S340 seri Ryzen memiliki setiap aspek yang dibutuhkan untuk sebuah laptop kerja. Mulai dari desain apik, pilihan konfigurasi perangkat keras maupun lunak sudah tersedia di sini. Seandainya kamu tidak menambahkan memori kerja pun, laptop ini dirasa masih sanggup menjalankan aplikasi kerja dengan maksimal.

Sedangkan kebutuhan gaming dapat disiasati dengan memainkan ragam game jadul atau casual, sekadar untuk mengusir penat. Namun bila dimaksudkan untuk menjalankan gaming lebih berat, lebih baik lupakan laptop ini dari daftar beli.

Lenovo memberi banderol sekitar Rp 6.499.000 untuk Ideapad S340 veri Ryzen. Termasuk murah, ketika membandingkannya dengan apa yang didapat dari sebuah perangkat penunjang produktivitas ini. Maka diakhir kata, laptop ini sangat kami rekomendasikan untuk dimiliki. Sikaat!

Spesifikasi Lenovo Ideapad S340

Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

  • Device Type
    Idepad
  • Model / Series
    S340
  • Released
    31 Oktober, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 6.499.000

Platform

  • Processor
    AMD Ryzen 3 3200U
  • VGA (Graphic Card)
    AMD Radeon RX Vega 3
  • RAM (Memory)
    8 GB
  • Storage
    512 GB
  • Operating System
    Windows Home x64

Body

  • Dimensions
    323.6mm x 228mm x 17.9 milimeter
  • Display
    IPS LEC LED Backlight Full HD
  • Battery
    3 cell 52,5 WHr lithium-po

Connectivity

  • Webcam
    720p
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    4.2
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    802.11 AC 1x1 & 2x2
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    2 x USB 3.1 (1 supports charging)
    USB-C
    HDMI
    4-in-1 SD card reader
    Headphone / mic combo
    DC jack

Other

  • Audio
    2 x 2W stereo speakers

 

81%
Affordable!

Review Laptop Lenovo Ideapad S340

Lenovo Ideapad S340 seri Ryzen memiliki setiap aspek yang dibutuhkan untuk sebuah laptop kerja. Mulai dari desain apik, pilihan konfigurasi perangkat keras maupun lunak sudah tersedia di sini.

  • Design
  • Display
  • Perfomance
  • Features
  • Battery