alexa

Realme 8 Pro Diperkenalkan, Bawa Sensor 108MP di Harga Rp3 Jutaan

Selain di lini smartphone flagship, tahun ini bakal mulai dipenuhi dengan kompetisi smartphone kelas menengah yang mengusung sensor kamera beresolusi tinggi. Setelah sebelumnya Xiaomi bawa resolusi 108MP lewat lini Redmi Note 10, kali ini giliran kompetitornya, yaitu realme dengan realme 8 Pro.

Pihak realme Indonesia sendiri telah memberikan teaser bila mereka bakal membawa teknologi kamera 108MP tersebut di produk terbarunya nanti. Meski belum tentu sama persis, setidaknya peluncuran realme 8 & realme 8 Pro secara global kemarin (24/3) bisa berikan gambaran akan penawaran terbaru di kelas menengah. Hadir dalam tampilan yang lebih “bold”.

Lihat saja bodi belakangnya yang memiliki tampilan tagar “Dare To Leap” tercetak sangat besar—diklaim terinspirasi dari penggunanya yang sebagian besar merupakan anak muda. realme 8 Pro didesain tipis dan ringan, hanya 8,1mm dengan bobot 172 gram. Bahkan realme 8 sedikit lebih tipis di 7,99mm saja, meski lebih berat sedikit karena perbedaan spesifikasi.

Baca juga: Fokus Pada Performa, realme GT dengan Snapdragon 888 Dijual Rp6 Jutaan

Keunggulan Kamera realme 8 Pro

realme 8 Pro

Menjadi yang terbaik di antara keduanya, realme 8 Pro masih mengusung teknologi layar yang sama dari seri sebelumnya. Punya layar 6,4 inci AMOLED 60Hz, kamera punch-hole serta kecerahan maksimum hingga 1000 nits. Sedikit disayangkan ketika kompetitor lain sudah bisa tawarkan refresh rate mencapai 120Hz.

Chipset-nya pun sama, Snapdragon 720G dengan opsi RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal sampai 128GB. Masih sangat oke, meski memang tak bisa untuk bermain gim dalam setting grafis maksimum. Pada sektor baterai, kapasitas baterai 4,500 mAh bisa diisi dengan cukup instan lewat 50W SuperDart.

Kenapa “cukup”? Karena realme 7 Pro justru sudah membawa teknologi pengisian 65W. Meski begitu, layaknya OPPO Reno5, realme memberikan adaptor 65W dalam paket penjualannya. Setup speaker-nya juga masih mono, meski setidaknya masih ada jack audio 3,5mm di bodi bawahnya.

Yang meningkat signifikan di sini adalah penggunaan sensor utama 108MP. realme menunjuk Samsung untuk gunakan sensor ISOCELL HM2 mereka, dengan dimensi fisik sensor besar 1/1,52 inci. Berbeda dengan milik Galaxy S21 Ultra yang sedikit lebih besar, teknologi yang diusung setidaknya serupa. Mampu hasilkan foto 12MP berkualitas tinggi lewat proses nona-binning, alias gabungkan 9 piksel individu menjadi satu.

Sensor tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk ambil foto dengan zoom 3x tanpa mengurangi kualitas signifikan, plus ambil video 4K meski chipset-nya tergolong sederhana. Juga hadir fitur Ultra Nightscape Video baru, serta Starry Mode video, pertama kali hadir di sebuah smartphone.

realme 8 Membawa Penyegaran Desain & Layar

realme 8

Bila varian Pro tahun ini dan tahun lalu bisa dibilang mirip, maka varian non-Pro lebih identik. Selain perbedaan desain, yang diperbarui adalah layarnya yang punya spesifikasi sama persis realme 8 Pro, meninggalkan panel IPS dengan refresh rate tinggi. Cip yang digunakan pun masih sama, Helio G95 yang tak kalah bertenaga.

Setup kameranya sama persis dengan pendahulunya, yang sejatinya sudah cukup berkualitas. Selain sensor utama 64MP, ditemani sensor ultra-wide 8MP, dan dua modul 2MP untuk makro serta hitam putih. Kedua smartphone menggunakan kamera depan punch-hole 16MP Sony IMX471.

Kapasitas baterai realme 8 justru lebih besar dari realme 8 Pro, yaitu 5,000 mAh dan mendukung pengisian 30W Dart. Keduanya juga sudah menjalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka realme UI 2.0. Memberikan impresi yang cukup menyenangkan saat kami jajal di realme C25, varian entry level yang baru saja diresmikan di Tanah Air.

Harga realme 8 Series di India

realme 8 & 8 Pro

Kalau realme C25 hadir pertama kali di Indonesia, maka kali ini giliran India yang kebagian realme 8 series terlebih dahulu. Kedua varian smartphone terbaru realme ini sudah bisa didapat mulai hari ini lewat situs resmi dan e-dagang India, Flipkart. Menyusul di Inggris pada akhir bulan Maret.

Untuk harganya, realme 8 dibanderol dengan harga mulai dari INR14,999 atau hampir mencapai Rp3 juta. Sementara realme 8 Pro yang mengusung sistem kamera superior di INR17,999 atau Rp3,5 jutaan saja. Akankah hadir dalam waktu dekat di Tanah Air? Kita tunggu saja tanggal mainnya ya!

Tinggalkan komen