Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 13.6 Dirilis, Dapat Mengubah iPhone Menjadi Kunci Mobil Digital

0 1.896

Perangkat lunak iOS 14 memang telah diperkenalkan beberapa bulan lalu lewat acara daring WWDC 2020. Namun perangkat lunak terbaru untuk perangkat Apple tersebut masih dalam tahap perkembangan—pengguna dapat memilih jalur Developer maupun Public Beta jika ingin mencobanya sekarang juga. Sementara untuk seluruh pengguna perangkat iPhone lainnya, Apple baru saja gelontorkan pembaruan iOS 13.6.

Dari 13.5.1, iOS 13.6 hadir dengan pembaruan yang bisa dibilang minor. Memang, terdapat dua fitur peningkatan baru yang bisa dibilang cukup canggih, hanya saja implementasinya masih sangat terbatas. Namun tetap disarankan bagi seluruh pengguna iPhone yang kompatibel mulai dari seri iPhone 6s ke atas, untuk melakukan update agar mendapat perbaikan-perbaikan bug.

Pembaruan ini berukuran sekitar 300MB. Pastikan kuota Gizmo friends cukup, serta baterai dan penyimpanan internal disisakan agar proses instalasi iOS 13.6 berjalan lancar. Prosesnya tak memerlukan waktu lama, dan tentunya data tidak akan hilang. Tapi nggak ada salahnya untuk melakukan back-up terlebih dahulu.

Baca juga: iOS 14 Public Beta Sudah Tersedia, Ini Cara Update-nya!

Selain Digital Car Keys, iOS 13.6 Tingkatkan Fitur Apple News

iOS 13.6

Fitur utama yang ditingkatkan di iOS 13.6 adalah Apple News dan Apple News+. Apple memperkenalkan audio stories, sebuah brief yang disampaikan dari editor Apple News sendiri, disampaikan secara harian dan tersedia untuk lima kota saja. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam kota tersebut.

Apple News juga akan memproduksi sekitar 20 audio stores dalam seminggu, dengan topik yang beragam, dinarasikan oleh aktor suara dari pengisi artikel di Esquire, GQ, TIME, Vogue dan sekelasnya.

Fitur kedua yang dihadirkan adalah digital car keys. Apple sendiri telah mendemonstrasikan fitur ini dalam perhelatan WWDC 2020 kemarin. Dengan iOS 13.6, iPhone yang mendukung akan dapat digunakan untuk membuka, mengunci dan menyalakan mobil. Kunci digital akan tersimpan di iCloud, dan bisa dibagikan secara mudah ke teman atau keluarga hanya lewat iMessage.

Jika baterai iPhone habis, fitur power reserve membuat iPhone masih dapat berfungsi sebagai kunci hingga 5 jam setelah habis daya. Namun untuk kendaraannya, sementara baru BMW 5-series terbaru saja yang mendukung. Jadi fitur ini lebih ke persiapan untuk kendaraan-kendaraan baru yang bakal dirilis nantinya.

Selain iOS 13.6, Apple Juga Perbarui Perangkat Lawas

iOS 13.6 juga bawa peningkatan fitur aplikasi Health, yang kini dapat mendeteksi gejala dari data ECG serta cycle tracking (dengan penggunaan perangkat tambahan seperti Apple Watch). Pengguna juga bisa menambahkan gejala seperti demam, meriang dan flu, untuk dibagikan juga ke aplikasi pihak ketiga.

Dan beberapa perbaikan-perbaikan kecil seperti papan ketik virtual yang muncul ketika tersambung dengan keyboard eksternal, aplikasi yang terganggu ketika sedang sinkron dengan iCloud Drive, serta opsi baru untuk mengunduh pembaruan otomatis ketika tersambung ke wifi. Selain iOS 13.6, Apple juga rilis pembaruan iOS 12.4.8 untuk perangkat lama, membawa perbaikan keamanan.

iPadOS juga diperbarui ke versi yang sama yaitu 13.6. Dan agar mendukung digital car keys, Apple juga hadirkan fitur tersebut ke Apple Watch Series 5 lewat pembaruan watchOS 6.2.8. Dan untuk pengguna perangkat mac, macOS Catalina 10.15.6 diperbarui dengan Apple News dan perbaikan bug seperti USB mouse dan trackpad yang hilang koneksi ketika disambungkan.