Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 14 Public Beta Sudah Tersedia, Ini Cara Update-nya!

0 3.087

Menjelang perilisan smartphone terbaru Apple, perangkat lunaknya sudah diperkenalkan lebih dulu pada gelaran WWDC 2020, yang pertama kali diadakan secara daring. Bawa banyak perubahan tampilan, iOS 14 bakal hadir di iPhone terbaru, sampai beberapa seri lama termasuk iPhone 6s yang rilis 2015 lalu. Lepas dua minggu pengenalan, update iOS 14 Public Beta pertama kini sudah tersedia.

Berbeda dengan versi Developer Beta, update iOS 14 Public Beta tak hanya dirilis untuk pengembang aplikasi, tetapi juga penggemar teknologi pada umumnya yang ingin coba fitur terbaru iOS lebih dulu. Biasanya, Public Beta baru tersedia atau diperbarui setelah beberapa versi Developer Beta dirilis. Seperti saat ini, Developer Beta 2 tersedia kemarin dan iOS 14 Public Beta 1 baru dihadirkan.

Cara Update iOS 14 Public Beta

iOS 14 Public Beta

Ingin mencoba update iOS 14 Public Beta? Caranya jauh lebih mudah dari Developer Beta yang harus pakai trik khusus agar bisa mendaftarkan diri tanpa membayar. Public Beta bisa dicoba untuk semua orang dan gratis tentunya. Gizmo friends hanya perlu akses situs beta.apple.com, lalu melakukan proses sign-in di dalamnya. Pastikan memasukkan akun yang sama dengan Apple ID yang ada di perangkat iPhone/iPad.

Nah, disarankan untuk akses situs ini langsung dari peramban Safari iPhone yang ingin kamu pasang iOS 14 Public Beta. Supaya ketika sudah melakukan proses login, bisa langsung klik “enroll your phone”.

iOS 14 Public Beta

Setelah itu, download profile, masuk ke menu Settings, dan install profile untuk mendapatkan pembaruan iOS 14 Public Beta. Lakukan restart, dan pembaruan akan muncul di menu Software Update.

Sama seperti ketika hendak install Developer Beta, wajib hukumnya untuk menyimpan backup sebelum memutuskan untuk naik ke iOS 14 Public Beta. Karena jika ada kendala dikemudian hari, hasil backup dari iOS 14 tak bisa digunakan ketika sudah downgrade atau turun versi ke iOS 13. Dan mengingat ukuran yang cukup besar, pastikan iPhone kamu punya kuota dan memori internal yang cukup agar proses instalasi berjalan mulus ya.

iOS 14 Public Beta Berikan Kesempatan Untuk Coba Fitur Baru

update iOS 14 Public Beta

Seperti biasa, perangkat lunak versi beta tidak disarankan untuk digunakan di smartphone utama Gizmo friends. Karena yang namanya beta, pasti tak terhindarkan dari beberapa bug yang bisa mengganggu keseharian. Kami sendiri sempat mencoba versi awal iOS 14 selama beberapa minggu, dan yang cukup mengejutkan, sudah terasa seperti Public Beta.

Baca juga: Inilah Fitur-fitur Baru iOS 14, Tersedia Mulai iPhone 6s Sampai yang Terbaru

Dalam kata lain, bug-nya tidak sebanyak ketika iOS 12/13 pertama kali dirilis dulu. Di iOS 14, Apple membawa cukup banyak penyegaran terutama pada tampilan homescreen. Untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun pengembangan iOS, widgets bisa ditaruh di antara ikon-ikon statis, membuat tampilannya tidak kaku. Apple juga hadirkan fitur Picture-in-Picture, serupa dengan Android 10, untuk memanfaatkan layar besarnya.