Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple WWDC 2020 Diadakan Secara Virtual, 22 Juni Mendatang

0 263

Adanya situasi pandemi seperti sekarang memaksa para perusahaan atau organisasi besar untuk mengambil keputusan-keputusan yang masif. Dimulai pada Februari lalu, dimana acara tahunan Mobile World Congress 2020 terpaksa dibatalkan. Menyusul, MWC, Google juga memutuskan untuk menunda Google I/O ke tahun 2021. Namun berbeda dengan Apple dan acara WWDC mereka.

Konferensi tahunan yang difokuskan untuk pengembang aplikasi perangkat Apple ini akan tetap dilaksanakan. Ya, Apple WWDC 2020 bakal diadakan mulai tanggal 22 Juni mendatang. Dan untuk pertama kalinya, acara diadakan secara virtual, menghindari kemungkinan berkumpul secara fisik dalam jumlah banyak pada satu tempat.

WWDC 2020 Diklaim Jadi Yang Terbesar

Tim Cook WWDC 2019
Tim Cook saat membuka Apple WWDC 2019.

Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple mengatakan bahwa Apple WWDC 2020 akan menjadi yang terbesar, menyatukan komunitas pengembang global yang kini jumlahnya sudah melebihi 23 juta orang dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selama seminggu, mereka akan mempelajari tentang masa depan platform Apple. “Kami tak sabar untuk bertemu secara daring dengan komunitas pengembang secara global, dan membagikan kepada mereka semua metode baru yang telah kami kerjakan untuk bantu mereka membuat aplikasi dan layanan yang lebih luar biasa,” tambah Phil.

Baca juga: Apple dan Google Kerja Sama Bangun Teknologi Pelacak Covid-19

Tahun ini adalah gelaran Apple WWDC yang ke-31, dimana para pengembang aplikasi kreatif dan inovatif yang tersebar di seluruh dunia akan memiliki akses lebih dulu untuk perkembangan iOS, iPadOS, macOS, tvOS serta watchOS kedepannya, serta belajar dari pengembang Apple untuk bersama-sama meningkatkan pengalaman konsumen Apple. Pengembang disarankan untuk mengunduh aplikasi Apple Developer agar dapat mengetahui jadwal presentasi, sesi dan lainnya yang akan mulai diinformasikan pada bulan Juni mendatang. Informasi tersebut juga nantinya akan dikirimkan melalui email bagi pengembang yang mendaftarkan diri melalui website Apple Developer.

Jelang WWDC 2020, Apple Berikan Tantangan Untuk Pelajar

Swift Student Challenge WWDC 2020Pengembang dapat meregistrasikan diri melalui aplikasi Apple Developer yang ada di App Store, maupun halaman web Apple Developer secara gratis. Khusus untuk para pelajar dan mahasiswa, Apple juga mengadakan Swift Student Challenge, berlangsung mulai tanggal 5 sampai 17 Mei mendatang. Memanfaatkan aplikasi Swift Playgrounds pada perangkat iPad dan Mac, mereka ditantang untuk membuat skenario interaktif di dalam Swift playground yang bisa dinikmati tak lebih dari tiga menit. Pemenangnya akan mendapatkan jaket serta set pin eksklusif edisi WWDC 2020.

Menurut Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple, pelajar adalah bagian yang tidak kalah penting dari komunitas pengembang Apple. Tahun lalu, ada lebih dari 350 pelajar yang hadir langsung ke WWDC, berasal dari 37 negara berbeda. “Saat menantikan Apple WWDC 2020, meski pertemuannya diadakan secara virtual, kami ingin mengenali dan merayakan kontribusi kreatif dari pengembang muda kami dari seluruh dunia,” tambah Craig.