Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness, Program Melek Finansial Pribadi

0 923

Selain untuk menyimpan uang, masing-masing pihak perbankan kini punya caranya tersendiri untuk menarik nasabah maupun membuat nasabahnya betah menggunakan layanannya. Salah satunya dengan memberikan fitur ekstra, atau adakan program tertentu. “Financial Fitness” merupakan salah satunya, besutan bank OCBC NISP.

Bertujuan untuk memberdayakan generasi Indonesia supaya memiliki kondisi finansial yang kuat, OCBC NISP meluncurkan solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP. Solusi ini juga hadir untuk menggeser mindset dari menjadi kaya (getting rich) menjadi getting fit. Karena untuk menjadi kaya adalah intangible, alias tidak bisa diukur.

Sementara term ‘getting fit’ di sini adalah memiliki kondisi finansial kuat. Dengan beragam metode pengukuran, seperti dana tabungan, dana darurat, proteksi dan juga investasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Financial Fitness bakal didukung oleh sejumlah influencer, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi daring serta yang disebut Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym.

Baca juga: Perkenalkan “Shape”, F5 Bantu Atasi Keamanan Layanan Keuangan

Financial Fitness Hadir Untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Dalam sebuah kesempatan daring, Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit menyebutkan bila untuk membangun generasi tersebut, diperlukan langkah seperti meningkatkan pemahaman dasar finansial, memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah, dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru. Supaya bisa mengambil keputusan keuangan yang tepat.

“Bertepatan dengan usia OCBC NISP yang ke-80 tahun, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness sebagai solusi komprehensif dan masif, guna membantu pemerintah untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045,” jelas Ka Jit.

Untuk atasi tiga permasalahan keuangan yang telah disebutkan di atas, solusi Financial Fitness akan digerakkan demi tingkatkan literasi keuangan, terutama anak muda. Karena berdasarkan Survei Indeks Literasi Keuangan OJK, indeks literasinya hanya 38,03% dari total populasi.

Ada berbagai metode yang bakal dihadirkan. OCBC NISP akan berkolaborasi dengan beragam komunitas untuk sediakan kelas edukasi dengan narasumber asli, membahas isu finansial yang sedang hangat. Selain itu, bakal disiapkan platform edukasi ruangmenyala.com yang bersifat self-learning.

Nantinya, OCBC NISP juga bakal hadirkan inovasi sebuah tempat untuk melatih kekuatan keuangan dengan beragam fasilitas penunjang. Seperti Financial Fitness Tracker untuk ketahui kadar Kesehatan finansial.

Tunjuk Deddy Corbuzier Sebagai Financial Coach

OCBC Nyala Financial Fitness

Namun yang menjadi highlight adalah NYALA Financial Fitness Squads. Sesuai namanya, kelompok yang berisi beberapa orang terpilih ini bakal berikan bimbingan dan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik. Dengan Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director-nya, bakal berperan sebagai financial coach.

Lewat program ini, Deddy bakal mengajak generasi Indonesia untuk menjadi fit secara finansial. “Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan Latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer.”

Hadirnya solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP ini diharap dapat merangkul masyarakat, terutama generasi muda supaya fit secara finansial. “Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial,” tutup Ka Jit.

Tinggalkan komen