Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pisah dari Huawei, Honor Rilis Laptop MagicBook Pro & Smart Band

1 2.822

Bila Gizmo friends melewati sebuah kabar yang lewat sejak November 2020 tersebut, Honor yang awalnya menjadi sub-brand atau e-brand dari Huawei, kini sudah lepas kepemilikan. Honor MagicBook Pro (2021) dan Honor Band 6 menjadi salah satu produk pertama yang diresmikan pasca Honor berdiri sendiri.

Keputusan akan pemisahan tersebut terpaksa dilakukan, karena adanya tekanan terkait aturan dagang Amerika Serikat. Kini Honor sepenuhnya berada dalam naungan perusahaan baru bernama Shenzhen Zhixin New Information Technology Co., yaitu konsorsium yang terdiri dari beberapa serta rekan bisnis yang dilatari pemerintah resmi.

Dengan begitu, Honor bebas untuk merilis produk tanpa harus mengikuti peraturan dari perusahaan induk lamanya. Termasuk dengan menyertakan layanan Google ke dalam smartphonenya. Namun di awal tahun 2021 ini, kedua perangkat yang dikenalkan secara global bukanlah smartphone, melainkan laptop dan sebuah smartband.
Baca juga: Resmi, Honor Bakal Lepas dari Kepemilikan Huawei

Spesifikasi & Harga Honor MagicBook Pro (2021)

Honor MagicBook Pro 2021

Sayangnya, Honor MagicBook Pro (2021) hadir dengan perubahan yang tergolong minor. Dan bagi konsumen yang inginkan performa maksimum, justru akan merasa bila laptop terbaru Honor kali ini seperti mengalami downgrade atau turun kelas. Saat diluncurkan tahun lalu, Honor MagicBook Pro gunakan prosesor dari AMD.

Yang digunakan pun bukan yang biasa, tetapi Ryzen 5 4600H 7nm dengan CPU 6-core dan 12-thread, memiliki daya 45W TDP. Tahun ini, Huawei MagicBook Pro (2021) beralih kepada Intel, gunakan CPU Intel Core i5-10210U alias generasi ke-10. Chipset tersebut miliki arsitektur quad-core 14nm.

Secara spesifikasi di atas kertas, sudah terlihat mana yang lebih unggul. Namun dalam urusan olah grafis, Honor juga tak kalah dengan menyematkan VGA NVIDIA GeForce MX350. Ditambah opsi RAM hingga 16GB dan penyimpanan berjenis NVMe 512GB, performanya bakal tetap terjaga. Meski varian tahun sebelumnya bisa dibilang kencang untuk sebuah laptop yang bukan berjenis workstation.

Fitur-fitur lainnya masih sama dengan generasi sebelumnya. Mulai dari segi desain, dimensi layar 16,1 inci full HD yang mendukung warna 100% sRGB, hingga sensor sidik jari yang disematkan ke dalam tombol power. Webcam atau kameranya pun juga masih terletak di jajaran papan ketik atau keyboard, yang sebenarnya kurang pas untuk panggilan video.

Dengan baterai 56Wh, Honor klaim penggunaan hingga 11,5 jam dalam sekali charge. Mengisi daya Honor MagicBook Pro (2021) juga tergolong cepat, mendukung 65W power adapter sehingga bisa isi ke 50% dalam waktu 30 menit saja.

Tahun ini, Honor berharap bisa kembali masuk ke pasar Amerika Serikat, serta menjual perangkat ini di India. Belum ada informasi mengenai ketersediaan, namun untuk harga, Honor MagicBook Pro (2021) bakal dibanderol seharga USD1,000, atau sekitar Rp14 jutaan.

Honor Band 6 Diresmikan Untuk Pasar Global

Honor Band 6

Selain laptop, Honor juga memperkenalkan Honor Band 6 secara global. Sebelumnya, perangkat wearable berjenis smartband ini diperkenalkan pada bulan November di negara asal. Melanjutkan kesuksesan seri Band 5, Honor tingkatkan desainnya dengan layar lebih besar.

Tanpa tombol di bagian depan, dimensi panel AMOLED-nya 1,47 inci, cukup luas untuk sebuah smartband. Fiturnya juga tentu dibuat lengkap sesuai dengan perangkat wearable masa kini. Sebut saja monitor denyut jantung, kualitas tidur hingga pengukuran saturasi oksigen dalam darah.

Daya tahan baterainya sendiri diklaim bisa sampai dua minggu penggunaan. Untuk harganya sendiri, berkisar di USD35 atau sekitar Rp490 ribuan. Sedikit lebih murah dari harga yang diperkenalkan untuk pasar Tiongkok.

Tunjukkan Komen (1)