Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor Band 6 Dirilis, Fitness Tracker dengan Desain Layar Penuh

0 3.817

Dengan lebih banyak masyarakat yang memiliki concern atau kesadaran terhadap kesehatan, terutama selama pandemi, perangkat wearables kini lebih diminati di pasaran. Apalagi smartband atau gelang pintar yang bisa didapat dengan harga sangat murah. Salah satu merek yang menjadi paling populer adalah Honor, dengan seri Honor Band mereka.

Setelah rilis Honor Band 5, sudah waktunya bagi merek asal Tiongkok ini rilis generasi penerusnya. Untuk itu, Honor Band 6 diperkenalkan secara resmi. Berbeda dari lima generasi sebelumnya, kali ini Honor seolah mencoba untuk buramkan batas antara smartband dengan smartwatch. Bisa dilihat dari desainnya yang nampak jauh berbeda.

Baca juga: Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik

Honor Band 6 Punya Layar Lebih Besar

Honor Band 6

Sekilas, Honor Band 6 terlihat seperti Huawei Watch Fit, smartwatch yang telah diresmikan penjualannya di Indonesia. Namun tidak sama persis, mengingat layarnya masih lebih kecil di 1,47 inci. Usung desain persegi panjang, layar tersebut sudah mengusung panel AMOLED, dengan resolusi 194 x 368 piksel dengan lengkung kaca 2.5D untuk beri efek lebih elegan.

Yang sedikit unik, smartband ini dipasarkan sebagai fitness tracker pertama di dunia dengan tampilan layar penuh (full-screen). Hal tersebut dikarenakan bagian depannya tak dilengkapi tombol kapasitif. Hanya ada satu tombol fisik di sebelah kanan untuk menyalakan layar saja. Sementara logo Honor terletak di sisi kiri.

Otomatis, bagian strap-nya juga jadi lebih lebar, dan secara dimensi layar pun sudah masuk ke teritori smartwatch. Mungkin untuk Gizmo friends yang senang akan dimensi kecil Honor Band 5, bakal merasa tidak cocok dengan penerusnya yang lebih besar ini. Ada tiga pilihan warna strap (Meteorite Black, Seagull Grey, Coral Powder), sementara bodinya tetap berwarna hitam.

Selebihnya, Honor Band 6 dilengkapi dengan fitur olahraga serupa. Terdapat 10 jenis olahraga yang bisa dicatat, plus beragam fitur kesehatan lainnya. Di antaranya Huawei TruSleep monitoring untuk monitor kualitas tidur, Huawei TruSeen 4.0 untuk deteksi aktivitas detak jantung 24 jam, serta monitor kadar oksigen dalam darah.

Untuk pengguna wanita, juga hadir sebuah fitur untuk monitor jadwal menstruasi. Sementara daya tahan baterai 180 mAh dari Honor Band 6 diklaim bisa digunakan hingga 2 minggu. Punya sertifikasi 5 ATM membuat perangkat ini bisa digunakan di kedalaman air hingga 50 meter. Oh ya, meski lebih besar, bobotnya relatif ringan di 18 gram saja (tanpa strap).

Harga Honor Band 6

Honor Band 6

Honor merilisnya dalam dua varian, tanpa dan dengan NFC untuk wilayah tertentu yang membutuhkan metode pembayaran contactless serta panggilan asisten suara. Masing-masing dibanderol seharga 249 Yuan & 289 Yuan, atau sekitar Rp543 ribu & Rp631 ribu.

Perdana dijual di China, penjualannya dimulai secara pre-order sejak 4 November ini, dan mulai tersedia di pasaran 11 November mendatang. Berkaca dari peluncuran produk Huawei sebelum-sebelumnya, tidak membutuhkan waktu lama hingga akhirnya dijual resmi di Tanah Air. Semoga berlaku juga untuk Honor ya.