Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik

3 9.442

Bagi penikmat musik, kini pilihan untuk menikmati lagu favorit dikala menjalani hari sudah semakin banyak. Mulai dari yang lebih memilih untuk menggunakan earphone kabel, headphone untuk kualitas suara prima, atau earphone TWS demi kepraktisan. Namun jangan salah, meski dimensinya kecil, keluaran suaranya tetap prima kok.

Menjadi pendatang baru, Honor melalui lini perangkat AIoT-nya, hadir dengan Honor Choice TWS. Dengan harga Rp399 ribu saja, perangkat ini bakal bersaing dengan banyak competitor lain di segmen harga sama. Salah dua yang mungkin paling populer adalah Redmi AirDots serta realme Buds Q. Namun TWS pertama Honor ini punya keunggulan tersendiri.

Ketika saya tidak berekspektasi apa-apa mengingat harga serta barang generasi pertama yang umumnya belum sempurna, saya dibuat terkejut denga napa yang bisa Honor tawarkan lewat perangkat ini. Penasaran dengan kualitasnya secara keseluruhan? Berikut ulasan lengkap Honor Choice TWS.

Desain

Honor Choice TWS

Mirip sama yang mana? Yak, betul. Ketika pertama kali saya melihat, Honor Choice TWS terlihat persis dengan earphone TWS milik Apple, lebih-lebih seri premiumnya yaitu AirPods Pro. Mulai dari bentuk case sampai masing-masing earbud. Ya sisi positifnya, bakal terlihat premium juga secara otomatis. Materialnya juga nggak kelihatan murahan.

Sama seperti ketika saya membuka case Huawei Freebuds 3i pertama kali, case Honor Choice TWS terasa premium. Mekanisme buka tutupnya solid, dengan daya pegas yang mantap, berbeda dengan TWS murah pada umumnya yang biasanya asal bisa dibuka tutup saja. Untuk meletakkan earbud ke dalam, juga ada magnet untuk permudah perangkat masuk ke dalam lubang case.

Honor Choice TWS

Case-nya cukup kompak, sangat mudah dikantongi dengan bobot 47 gram saja. Sementara desain earbud-nya sangat nyaman di telinga saya, dan cukup kuat untuk menyumbat atau isolasi suara dari luar. Positifnya, bisa lebih fokus dengarkan musik. Namun jika kamu hendak berbicara dengan teman, harus lepas setidaknya satu earbud supaya ngobrol lebih lancar.

Ada sertifikasi IP54 untuk tahan dari cipratan air. Honor berikan dua pasang eartip lainnya untuk disesuaikan dengan penggunanya. Oh ya, di telinga saya, earbud Honor Choice TWS terasa sangat pas dan nyaman digunakan berlama-lama. Hanya saja ketika berolahraga, bakal sering mundur sedikit sehingga isolasi serta dentuman bass jadi berkurang.

Fitur

Honor Choice TWS

Tak banyak fitur yang bisa dibahas pada perangkat ini, karena hadir tanpa aplikasi tertentu untuk kustomisasi pintasan, atau pembaruan perangkat lunak. Jadi tinggal disambungkan saja ke Android, iOS atau perangkat lain. Honor Choice TWS juga dilengkapi fitur noise cancellation “for calls”, alias berbeda dari active noise cancellation.

Dengan total empat mikrofon, melakukan panggilan telepon dengan perangkat ini memang cukup menyenangkan. Penerima telepon dapat mendengarkan suara saya dengan jelas, meski sedang di luar, banyak suara kendaraan, ditambah saya yang sedang menggunakan masker kain.

Pengoperasian

Honor Choice TWS

Sama seperti milik Huawei, Honor Choice TWS punya sistem gestur sentuh dengan jumlah pintasan serupa. Dua kali tap untuk play/pause lagu, sentuh dan tahan kiri atau kanan earbud untuk maju atau mundur ke lagu sebelumnya.

Saya sendiri menggunakan perangkat ini utamanya dengan iPhone XR. Koneksi berjalan dengan mulus, hampir bebas hambatan. Hanya selama dua minggu pengujian, saya sempat mengalami momen dimana suara tiba-tiba hilang selama 2-3 detik, kemudian muncul suara dari kiri, lanjut dari kanan.

Tanpa fitur seamless connectivity, ketika sudah tersambung dengan perangkat A, maka untuk sambungkan ke perangkat B harus memastikan perangkat A tidak aktifkan Bluetooth. Hal ini karena tidak ada metode lain untuk masuk ke mode pairing, mengingat di case-nya pun tidak disediakan tombol khusus.

Tanpa mode gaming khusus, latensi yang dibawa yaitu 130ms. Untuk pemain gim kasual sih masih cukup-cukup saja ya.

Baterai

Ini adalah salah satu keunggulan dari perangkat ini. Honor Choice TWS mengklaim dapat digunakan selama 24 jam penuh. Penting, memang, namun bagi saya yang lebih penting adalah durasi pemakaian non-stop selama satu kali. Biasanya, rata-rata earphone TWS di harga serupa hanya bertahan sekitar 3,5-4 jam.

Sementara Honor Choice TWS sanggup digunakan hingga sekitar 5,5 jam, sebelum akhirnya perlu diletakkan di dalam charging case lebih dulu. Mengisi daya case-nya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam, lewat port yang sudah kekinian yaitu USB-C.

Kualitas Audio

Honor Choice TWS

Dan ini adalah bagian terbaik dari Honor Choice TWS. Secara spesifikasi di atas kertas, driver 7mm di masing-masing earbud tidak terdengar wah. Namun kualitasnya sangat prima, yang terbaik yang pernah saya coba di segmen harga sama.

Di situs resminya, Honor memang menuliskan jika disematkan “Advanced HD Driver System”. Entah hanya bahasa marketing atau bukan, kualitas audionya memang benar-benar prima. Bass-nya dominan, tetapi mid dan high masih tetap tidak kalah dominan. Tidak flat, jadi saya nggak perlu akses equalizer lagi untuk naikkan bass atau treble.

Honor Choice TWS cocok untuk dengerin lagu-lagu dari Jordan Rakei sampai Nadin Amizah. Karakteristiknya cenderung ke warm sedikit, tapi masih cocok untuk beragam genre lagu lainnya, tak hanya pop atau EDM saja.

Kesimpulan

Honor Choice TWS

Silakan langsung dibeli. Yup, perangkat ini hadir dengan banyak kelebihan. Mulai dari kualitas audionya, kualitas panggilan telepon, kenyamanan saat digunakan maupun daya tahan baterainya yang prima. Seluruh hal yang esensial dipenuhi dengan baik lewat Honor Choice TWS.

Yah, kalau dicari-cari kekurangannya, mungkin ada di reliabilitas koneksi yang memang tidak sempurna, minimnya fitur karena tidak ada aplikasi khusus, dan desainnya yang tidak orisinil. Tapi poin terakhir justru malah bisa menjadi daya tarik untuk beberapa orang. Sesuaikan dengan selera Gizmo friends masing-masing ya.

Spesifikasi Honor Choice TWS

Speaker: 7mm dynamic driver per earbud
Mic: quad-mic (2 di masing-masing earbud)
Warna: Putih
Berat: -+4,3g (earbud), 41,7g (charging case)
Charging port: USB-C, no wireless charging
Baterai: 55 mAh (per earbud), 500 mAh (charging case)
Waktu charge: sekitar 1,5 jam
Music playback: sampai 6 jam
Call: sampai 4 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.0, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IP54 tahan cipratan air
Fitur: touch gesture
Harga resmi: Rp399 ribu

Beli perangkat Honor di:

LAZADA SHOPEE JD.ID

84%
Bagus!

Review Honor Choice TWS

Dengan banderol harga yang tergolong murah, Honor mampu berikan kualitas perangkat earphone TWS yang memuaskan secara keseluruhan lewat Honor Choice TWS.

  • Design
  • Audio
  • Features
  • Battery
3 Komen
  1. […] Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik […]

  2. […] Baca juga: Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik […]

  3. […] Baca juga: Review Honor Choice TWS: Earphone Nirkabel Murah Terbaik […]

Tinggalkan Balasan