Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Acer Aspire GX-281: PC Desktop Rumahan yang Powerful untuk Gaming

Persaingan vendor PC desktop di ranah gaming terasa lebih ketat dan sempit. Pasar yang lebih spesifik membuat ragam produk yang ditawarkan harus memiliki nilai keunikan dengan spesifikasi menarik. Salah satunya dengan mengombinasikan variasi hardware ke dalam sebuah unit yang akan dilahirkan seperti Acer Aspire GX-281.

Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat konsumen terbagi dua jika bicara tentang PC desktop. Pertama adalah mereka yang ingin lebih personal dengan memilih merakit desktop sendiri. Selanjutnya adalah mereka yang ingin paket siap saji sehingga tak perlu pusing memikirkan kombinasi hardware yang tepat. Nah, bagi kamu yang masuk kategori terakhir bisa coba menyimak ulasan saya kali ini tentang desktop gaming, Acer Aspire GX-281.

Casing ala Predator

Sebuah desktop gaming biasanya memiliki ciri lazim dari tampilan casing-nya. Konsep luar angkasa atau model anti-mainstream sering dihadirkan agar lebih eye catching. Bagusnya hampir semuanya mampu disajikan dengan baik dan stylish, tidak terkecuali Acer Aspire GX-281.

Orang pasti akan lansung menyadari sejak pertama melihat casing-nya, bahwa desktop ini memang dikhususkan untuk gaming. Bahkan sebelum kamu mencari tahu tentang spesifikasinya. Percayalah!

Lekukan tajam di sisi depan bagaikan moncong kapal luar angkasa tersaji – entah bagaimana – dengan sebuah gaya. Mungkin karena lampu indikator LED yang membentuk huruf V di sana. Tambahan lubang ventilasi yang menyerupai insang pada ikan. Serta paduan warna hitam dan merah, yang identik dengan seri laptop gaming Predator yang juga dari Acer.

Desktop ini sendiri memiliki dimensi 6,89 x 18,24 x 15,67 mm sehingga tidak terlalu sulit ketika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Materialnya yang kuat juga membuat kamu tidak perlu khawatir jika casing terbentur dengan benda lain di sekitar kamar rumahmu.

Port dan Konektivitas

Acer Aspire GX-281 dilengkapi port USB 3.1 Type-C dengan kemampuan membaca data sangat cepat. Port USB 3.1 Type-C memiliki kemampuan transfer data dari komputer dengan kecepatan dua kali lebih cepat mencapai 10 Gbps dibandingkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan hanya 5 Gbps. Dibandingkan port lainnya, port USB Type C ini memiliki daya tahan lebih lama sehingga lebih awet dan tidak cepat rusak.

Menariknya, port USB Type-C ini memungkinkan pasang cabut flash disk atau kabel USB sebanyak 10.000 kali. Jumlah pasang cabut yang banyak, meski tentu saja kamu tidak perlu menghitungnya tiap kali melakukan aktivitas tersebut.

Tersedia pula dua port untuk mic dan speaker, serta satu tambahan untuk SD Card. Serta tombol power pada bagian atas casing. Serta DVD ROM yang sudah tertanam tepat di bawah logo Acer. Variasi port dan perangkat multimedia tersebut memang lazim dijumpai pada model casing saat ini. Juga untuk memudahkan pemasangan perangkat pendukung.

Terakhir di bagian belakang, telah tersedia masing-masing port USB 3.1 Type-A (di bawah seri C) dan USB 2.0. Juga tiga port audio dan satu untuk dipakai koneksi LAN. Sementara kebutuhan multimedia ditunjang dengan keberadaan port HDMI dan tiga Display Port. Keberadaan tiga Display Port tersebut, membuatmu dapat mengaplikasikan penggunaan tiga layar sekaligus untuk gaming.  Soal konektivitas, desktop ini dilengkapi Wi-Fi IEEE 802.11ac yang tertanam di motherboard.

Wireless Charging

Acer Aspire GX-281 sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home 64-bit sejak pembeliannya. Sehingga kamu hanya perlu mencari aplikasi game yang kamu inginkan dan segera bisa dimainkan.

Salah satu yang menjadi kelebihan GX-281 adalah fitur wireless charging. Fitur wireless charging ini dapat mengisi ulang perangkat ulang seperti ponsel. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan meletakkan ponsel pada wireless charging deck di casing atas GX-281, maka secara otomatis ponsel kamu akan mengisi daya baterai. Konektivitas dengan ponsel juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Bluetooth 4.0.

Spesifikasi Gaming

Related Posts
1 daripada 14

Acer Aspire GX-281 dibekali motherboard plat merah dari AMD B350 Express Chipset. Sehingga tersemat pula prosesor dari “rahim” yang sama yakni Ryzen 7 1700X dengan 8 core dan 16 thread yang punya kemampuan kerja hingga 3.4 GHz. Pada versi lain juga dijejalkan untuk kebutuhan prosesor dari Intel.

Acer sudah menjejalkan GX-281 menggunakan kartu grafis RX 480 dengan kemampuan 4GB DDR5. Seri yang pernah jadi seri tertinggi dari Radeon – sebelum munculnya rilis terbaru yakni RX 500 series – masih mampu menangani game rating AAA. Kartu grafis ini memiliki level konsumsi rendah hanya 75 watt.

Dukungan tambahan didapat dari memori RAM 16 GB Dual-channel DDR4 2133 MHz yang dapat ditingkatkan hingga 64GB. Untuk penyimpanan, desktop ini menyediakan penyimpanan sebesar 256GB M.2 2280 Solid State Drive dan harddisk 1 TB 3.5-inch 7200 RPM. Sebagai sumber tenaga, desktop ini disokong power supply dengan kapasitas 500 Watt.

Kombinasi tersebut sudah sangat mampu dipakai untuk menjalankan game berbasis Virtual Reality (VR). Sehingga kamu cukup membeli perangkat google lansiran HTC, Oculus, atau seri lain yang sudah tersedia di pasaran.

Performa

Dibekali spesifikasi di atas, saya sempatkan untuk memainkan beberapa game pada Acer Aspire GX-281. Meski bukan rilisan terbaru, namun saya rasa cukup bisa mewakili. Terutama dengan mengatur grafis pada rata kanan (full high).

Rise of the Tomb Raider menjadi pilihan pertama. Game ini lumayan memakan memori data dan kerja kartu grafis. Detail ruang terbuka yang menjadi ciri khasnya jadi sebab utama. Ada banyak bayangan, dedaunan, atau guyuran air yang bisa ditemukan. Benchmark yang didapat lewat game tersebut hasilnya sungguh memuaskan. Rataan frame per detik ada di kisaran angka 60.

Pengalaman serupa juga didapat ketika menjajal game lain dari Rockstar, yakni Grand Theft Auto V. Rataan frame rate yang tinggi di kisaran 59 FPS membuat permainan berlangsung nyaman. Dan kedua uji coba game tersebut agaknya sudah menjadi gambaran betapa bertenaganya desktop ini.

Bagi saya rataan frame per detik yang cukup nyaman di mata adalah 30 FPS. Maka ketika desktop ini mampu memberikan hasil memuaskan pada dua game tersebut. Agaknya hal yang sama bisa dicapai ketika kamu memainkan game AAA terbaru rilisan 2018.

Kesimpulan

Namanya saja Acer Aspire GX-281 merupakan dekstop untuk gaming, maka apa yang akan kita dapatkan darinya jelas diperuntukan untuk bersenang-senang bermain game. Mulai dari tampilan casing cover, spesifikasi, serta fitur yang meyertai memudahkan kamu untuk mengekspolrasi kebutuhan gaming harianmu.

Selain bermain game, keberadaan fitur penunjang lain juga memudahkan ragam aktivitas menggunakan desktop ini. Menonton film, charging ponsel, edit video terasa mudah karena dukungan hardware yang memang sudah masuk kelas high-end.

Memang masih ada lagi seri di atasnya dengan spesifikasi yang mungkin lebih mantap. Namun biaya yang dikeluarkan untuk seri ini sepertinya sudah sepadan dan dipertimbangkan dengan matang oleh Acer. Layak untuk jadi pilihanmu yang tak mau pusing memilih hardware yang tepat untuk membuat desktop rakitan sendiri.

Spesifikasi Acer Aspire GX-281

Sistem operasi Windows 10 Home (64-bit)
Prosesor AMD RyzenTM 7 1700X 3.4Ghz processor
Grafis AMD Radeon™ RX 480, 4 GB GDDR5
Chipset AMD® B350 Express Chipset
RAM 16 GB Dual-channel DDR4 2133 MHz
Storage 256GB M.2 2280 Solid State Drive + 1 TB 3.5-inch 7200 RPM
Fitur WLAN : 802.11ac/a/b/g/n, aggregate bandwidth up to 867 Mb/s ; Bluetooth® 4.0 LE LAN : Gigabit Ethernet • Wireless Charging Deck • Wireless Keyboard + Mouse
Dimensi 6,89×18,24×15,67mm
Power Supply 500 W
Audio Creative Sound Blaster X-Fi MB5
Wireless Connectivity Wi-fi IEEE 802.11ac, bluetooth 4.0 + LE and 1 port LAN
Harga 22.900.000

 

83%
Powerful!

Review Acer Aspire GX-281

Acer Aspire GX-281 merupakan dekstop untuk gaming, maka apa yang akan kita dapatkan darinya jelas diperuntukan untuk bersenang-senang bermain game. Mulai dari tampilan casing cover, spesifikasi, serta fitur yang meyertai memudahkan kamu untuk mengekspolrasi kebutuhan gaming harianmu.

  • Design
  • Features
  • Port & Connectivity
  • Performance
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: