Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 1 Jadi Smartphone Termurah Berbasis Android 10

0 6.137

Jika beberapa tahun lalu, hanyalah smartphone kelas flagship saja yang rutin mendapat pembaruan perangkat, maka kali ini situasinya sudah berbeda. Tak sedikit produsen smartphone yang secara rutin gelontorkan software update bahkan ke seri kelas menengahnya, sampai menengah kebawah. Samsung dan realme, misalnya, berikan pembaruan keamanan sampai versi Android terbaru.

Lain cerita dengan smartphone Android Nokia, yang sudah sediakan Android 10 mulai Nokia 1 sampai Nokia 9 PureView. Ketika dirilis, smartphone terbitan HMD Global ini memang mengantongi status sebagai Android One. Secara otomatis, smartphone yang masuk dalam program Android One akan mendapat jaminan pembaruan perangkat lunak plus keamanan bulanan. HMD janjikan dua tahun pembaruan OS dan tiga tahun keamanan untuk setiap perangkatnya.

Ya, tak terkecuali Nokia 1 yang pertama kali dirilis sejak tahun 2018. Ini adalah perangkat Android seri terbawah HMD, tersedia di Indonesia bulan Juli 2018 dengan harga Rp999 ribu. Jalankan Android Oreo (Go edition), kini HMD sudah memperbaruinya dengan Android 10. Ya, smartphone kurang dari Rp1 juta, dengan software terbaru.
Baca juga: Nokia 5310 (2020), Ponsel Musik Harga Mulai Rp599 Ribu

Pengguna Nokia 1 Bisa Update ke Android 10 Go Edition

Informasi ini disampaikan langsung oleh Juho Sarvikas, Chief Product Officer dari HMD Global. Android 10 untuk Nokia 1 dirilis secara bertahap untuk beberapa negara tertentu, di antaranya Bangladesh, Cambodia, Filipina, India, Indonesia, Laos, Myanmar, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Vietnam.

https://twitter.com/sarvikas/status/1280498996054654976

Sekitar 10% pengguna Nokia 1 yang berada dalam negara-negara tersebut bakal mendapatkan pembaruan Android 10 saat ini juga. Diharapkan akan meraih 50% pengguna pada 10 Juli mendatang, dan 100% di 12 Juli 2020. Pengguna tak perlu khawatir jika pembaruan ini akan memberatkan smartphone, mengingat akan tetap hadir dalam edisi Go edition.

Ya, Nokia 1 memang dirilis dengan spesifikasi yang sangat pas-pasan. Dimensi layarnya bisa dibilang imut jika dibandingkan dengan smartphone Android lain saat ini, hanya 4,5 inci dengan resolusi 480p. Chipset yang digunakan juga pas-pasan, MediaTek quad-core Cortex-A53, dipasangkan dengan RAM 1GB plus memori internal 8GB. Pembaruan ini membutuhkan ruang sekitar 900MB untuk diunduh, jadi pengguna harus bebersih memori sebelum melakukan pembaruan.

Nokia 1 Jalankan Android Versi Ringan

Nokia 1

Dengan sistem operasi Android 10 Go edition di Nokia 1, sistem operasi secara keseluruhan dibuat lebih ringan dan ramah memori. Aplikasi-aplikasi bawaan hadir dalam versi sederhana, gunakan HTML5 agar tidak memberatkan kinerja prosesor. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan pengalaman menggunakan smartphone di harga yang sangat terjangkau.

Saat ini, jika dicari di e-commerce lokal Indonesia, Nokia 1 dapat dibeli dengan harga mulai Rp899 ribu saja. Smartphone murah, dengan pure Android dan sudah mendapat pembaruan ke Android 10. Jika Gizmo friends sedang mencari smartphone sekunder, Nokia 1 cocok jadi salah satu pilihan terbaik yang ramah di kantong.


Cek harga produk Nokia di official store

Shopee Eraspace Lazada Tokopedia Blibli