Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 3.1 Plus Mendapat Giliran Pembaruan Android 10

Kalau mungkin produsen smartphone lain fokus rilis produk baru demi penuhi kebutuhan konsumennamun mengesampingkan pembaruan perangkat lunak, hal tersebut justru kebalikan dari HMD Global. Di Indonesia, smartphone yang dirilis terakhir adalah Nokia 2.2 & 4.2, sudah satu tahun lamanya. Meski begitu, HMD terus gulirkan pembaruan secara rutin untuk smartphone yang sudah tersedia.

Setelah Nokia 4.2 yang resmi dapat pembaruan Android 10 pada awal April kemarin, kini giliran Nokia 3.1 Plus, smartphone dengan dimensi terbesar HMD yang mendapatkan pengalaman gestur navigasi baru serta fitur lainnya yang dibawa versi terbaru Android tersebut. Kehadirannya sedikit terlambat, namun tetap layak ditunggu bagi penggunanya.

Baca juga: Review Nokia 3.1 Plus: Ponsel Sesuai Kebutuhan 

Android 10 di Nokia 3.1 Plus Hadir Awal di Indonesia

Android 10 Nokia 3.1 Plus

Pembaruan untuk Nokia 3.1 Plus juga membawa security patch bulan April 2020. Bagi kamu pengguna smartphone Nokia berbahan aluminium unibodi tersebut, bisa langsung cek pembaruan lewat menu Settings – System – System Update. Dirilis dalam beberapa gelombang, Indonesia menjadi satu dari 38 negara yang terpilih dalam gelombang utama. Rencananya, sekitar 10% pasar mendapatkan pembaruan ini sejak 13 Mei lalu. Lalu bertahap ke 50% pada 16 Mei, dan hadir di seluruh perangkat Nokia 3.1 Plus pada 18 Mei 2020.

Karena ini adalah major update, ukurannya pasti lebih besar dari pembaruan bulanan pada umumnya. Jadi siapkan kuota ekstra atau koneksi Wi-Fi yang memadai ya. Android 10 akan membawa segelintir fitur menarik ke Nokia 3.1 Plus, seperti gestur navigasi layar yang baru, mode gelap (dark mode), serta optimalisasi performa agar penggunaan sehari-hari lebih nyaman.

HMD patut diapreasi atas kemampuannya untuk hadirkan pembaruan ini ke smartphone-nya yang tidak menggunakan chipset Snapdragon sekalipun. Nokia 2.2 dengan Helio A22 sudah mendapatkannya berbulan-bulan lalu, sementara masih ada beberapa tipe lain yang juga sudah dijadwalkan. Oh ya, kamu pengguna Nokia 5.1 Plus, harap bersabar karena saat ini sedang ada tahap penyelesaian bug konektivitas. Ketika sudah selesai, HMD akan langsung menggulirkan pembaruan tersebut.

Spesifikasi & Harga Terbaru Nokia 3.1 Plus

Nokia 3.1 Plus telah dirilis pada awal Oktober 2018 lalu. Pada masanya, desain smartphone ini sudah bisa dibilang kekinian, gunakan aspek rasio 18:9 dengan bezel atas dan bawah yang sudah mulai minimalis, meski belum mengadopsi desain notch. Juga berbeda dengan beberapa seri lain yang gunakan material kaca, Nokia 3.1 Plus didesain kokoh gunakan bahan metal.

Layar 6 inci juga diklaim cukup besar saat itu. Dengan kapasitas baterai 3500 mAh, smartphone ini diklaim menjadi smartphone Nokia dengan daya tahan baterai terbaik. Dan meski tergolong kelas menengah kebawah dengan Helio P22, kelengkapan sensornya tidak kalah dengan seri menengah keatas. Hadirnya sensor NFC pada Nokia 3.1 Plus cocok bagi konsumen yang perlu mengisi saldo e-money secara rutin.

Di Indonesia, Nokia 3.1 Plus hadir secara pre-order pada bulan Maret 2019 dengan harga Rp2,3 juta. Saat ini, beberapa penjual di e-commerce lokal menjual smartphone layar besar ini dengan harga tak lebih dari Rp2 juta. Jika kamu mencari sebuah smartphone tangguh, dengan sistem operasi pure Android, ketersediaan sensor NFC dan merk yang cukup membanggakan, Nokia 3.1 Plus masih bisa jadi alternatif di tahun 2020.

3 Komen
  1. michael berkata

    Akhirnya nokia 3.1 plus kebagian android 10 juta. Buat penggemar nokia boleh banget di lirik, jelas bukan buat ngegame tapi bisa buat streaming sama multi tasking dengan bawaan chipset mediatek P22

  2. DODIK berkata

    Alhamdulillah akhirnya dapet andro 10 juga smartphone gwe

  3. Kamerlan Gultom berkata

    Nokia 6 tahun 2017 kapan diperbaharui bisa? Bikin iri aja…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.