alexa

6 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F3

Seperti sang kakak yang bongsor, Oppo F3 tetap menawarkan fitur selfie sebagai salah satu keunggulan utama.

Jakarta, Gizmologi – Menyusul kesuksesan Oppo F3 Plus, si kecil F3 akhirnya menampakan diri di Indonesia. Dijual perdana lewat sesi pre-order, smartphone ini menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki sang kakak.

Keunggulan Oppo F3 apalagi jika bukan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan F3 Plus. Bagi sebagian orang, F3 Plus mungkin dianggap terlalu besar dan kurang compact karena layarnya mencapai 6 inci. Sementara pada F3, ukuran layarnya 5,5 inci yang tentunya lebih mudah digenggam, terutama bagi pengguna yang telapak tangannya kecil.

Bukan cuma ukurannya saja yang lebih kecil, Oppo F3 juga memiliki ketebalan 7,3 mm yang membuatnya 27% lebih tipis dari F3 Plus. Begitupun dengan bobotnya yang cuma 153 g saja. Jadi tampaknya tidak ada alasan lagi bagi pengguna untuk mantap membawanya ke mana saja dan siap untuk digunakan ber-selfie ria kapan saja.

Masih Mengandalkan Fitur Selfie

Selfie? Ya, seperti sang kakak yang bongsor, Oppo F3 tetap menawarkan fitur selfie sebagai salah satu keunggulan utama. Hanya saja, pada kamera depannya, smartphone ini hadir dengan resolusi 13 MP, berbeda dengan F3 Plus yang mengusung kamera 16 MP.

Untungnya, Oppo tidak memangkas fitur dual-camera yang digunakan untuk selfie. Jadi fitur dual-camera 6 MP (1/3.1″ sensor size, F/2.0) + 8 MP, F/2.4) yang ada pada F3 Plus bisa dinikmati pengguna tanpa mengurangi kualitas dan keunggulannya.

Seperti halnya, F3 Plus, engan fitur dual-camera, salah satu kamera Oppo F3 bisa menghasilkan group selfie yang lebih lebar karena mengusung lensa 120 derajat. Dengan begitu pengguna tidak memerlukan selfie stick atau tongsis untuk mendapatkan hasil foto selfie beramai-ramai di mana semua objek berada dalam satu frame tanpa terpotong.

Desain Lebih Kecil dan Tetap Menawan

Oppo F3

Seperti disebutkan di atas, Oppo F3 memiliki desain yang lebih kecil dan tipis dibandingkan F3 Plus. Namun, Oppo sama sekali tidak mengurangi sentuhan mewah pada smartphone ini, dengan melibatkan material aluminium yang diproses dengan 220 fine zirconium sandblasting untuk membuatnya lebih nyaman digenggam dan tetap menonjolkan kesan menawan ketika dipandang. Namun, 6-strings antenna yang ada pada F3 Plus harus absen, digantikan dengan antena bergaris tunggal di bagian bawah dan atas bodi belakangnya.

Layar Tajam dengan Kerapatan Piksel Lebih Tinggi

Dengan ukuran layarnya yang kecil, tidak ada pengurangan kualitas. Justru Oppo F3 memiliki kerapatan piksel yang lebih tinggi yakni 401 ppi sehingga mampu menampilkan gambar yang lebih detil di balik resolusinya yang Full HD. Perlindungan Gorilla Glass 5 juga tidak absen di smartphone ini sehingga membuat layarnya terlindungi dari berbagai jenis goresan yang tidak diinginkan.

Tetap Membawa Fitur Fingerprint Scanner, Minus VOOC

Oppo F3

Fitur F3 Plus yang tidak kalah penting dibawa di Oppo F3 lainnya adalah fingerprint scanner berteknologi Lightning-Fast Touch Acces yang mampu mengamankan penggunaan smartphone dari tangan-tangan jahil dan memberikan akses 0,2 detik saja kepada pengguna. Tidak bisa disangkal, fitur ini merupakan salah satu yang terbaik dibandingkan fitur yang sama pada smartphone lain, karena pengguna tidak perlu menekan tombol fingerprint scanner.

Hanya saja, fitur VOOC Flash Charge harus absen pada Oppo F3. Sebagai penggantinya, smartphone berkapasitas baterai 3200 mAh ini memberikan charger 5V 2A untuk pengisian baterai yang cepat, meskipun tidak secepat VOOC yang memungkinkan pengguna mengisi baterai secara full kurang dari 2 jam saja.

Dapur Pacu Berbasis MediaTek

Tidak seperti kakaknya yang ditenagai chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653, Oppo F3 lebih memilih MediaTek MT6750T. Namun tidak usah khawatir, untuk segmen smartphone kelas menengah, chipset octa-core berkecepatan 1,5 GHz ini terbilang cukup mumpuni untuk kebutuhan mobile pengguna, mulai dari social media hingga multitasking. Apalagi smartphone yang berjalan dengan ColorOS 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow ini memiliki RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diekspan hingga 256 GB.

Harga Lebih Murah

Nah, mengingat F3 adalah versi mini dari F3 Plus, tentunya harga yang ditawarkan juga lebih mini, bukan? Ya, smartphone ini dibanderol seharga Rp 4,399 juta pada masa pre-order yang berlangsung tanggal 4 hingga 12 Mei 2017 di beberapa e-commerce dan seluruh jaringan Oppo Store, dengan hadiah tas ekslusif dari FC Barcelona seharga Rp 1,2 juta kepada 30.000 pemesan pertama.

Jadi, jika kamu yang merasa Oppo F3 Plus terlalu besar dan tidak terjangkau, smartphone ini tampaknya bisa menjadi alternatif yang benar.

Spesifikasi Oppo F3

Tinggalkan komen