Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Siap Genjot Adopsi 5G di Asia Pasifik

0 682

Menurut perusahaan riset pasar GfK, wilayah Asia Pasifik menyumbang 50% dari penjualan ponsel pintar global pada 2019. Era 5G mendatang diharapkan akan menghasilkan potensi pengiriman 170 juta unit ponsel pintar secara global.

Saat peluncuran 5G secara komersial di beberapa pasar kawasan APAC pada tahun 2020, diperkirakan akan menciptakan peluang pengembangan yang belum pernah terjadi pada kawasan ini. Selain itu, tingkat pertumbuhan pasar barang konsumsi teknologi (termasuk IOT dll) pada APAC Emerging Market akan memimpin dunia pada tahun 2020, mencapai 5%.

Sebagai pioneer global dalam pengembangan jaringan 5G, OPPO membentuk tim standar komunikasi 5G pada 2015 dan telah mengaplikasikan paten komunikasi 5G pada lebih dari 20 negara di dunia dengan lebih dari 2,500 paten global untuk aplikasi 5G. Pada Februari 2019 silam, perusahaan teknologi asal China ini juga meluncurkan “OPPO 5G Landing Project” di Barcelona.

OPPO bekerjasama dengan mitra operatior global, merilis perangkat Reno 10x Zoom 5G di Swiss, Inggris, Australia dan Itali secara ekslusif. Di ajang APAC HUB Center, aliansi mitra dari “OPPO 5G Landing Project” melanjutkan ekspansinya dengan 15 mitra operator baru di kawasan Asia Pasifik. OPPO juga akan bekerjasama lebih erat lagi dengan mitra pada rantai industri untuk mengantarkan teknologi 5G kepada pengguna pada kawasan ini.

Sebagai salah satu daerah yang paling dinamis pada segi ekonomi dunia, wilayah Asia Pasifik diharapkan menawarkan peluang baru untuk pengembangan 5G dan pembangunan ekosistem konektivitas cerdas. OPPO akan tetap fokus pada penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi. OPPO juga akan memperkuat tim regionalnya dan meningkatkan kemampuan untuk meraih peluang dengan mitra pada rantai industri di masa depan.

Henry Tang, Chief 5G Scientist OPPO mengatakan, dengan teknologi 5G yang semakin dewasa dan peningkatan pada Big Data, Komputasi Awan, dan Kapabilitas Kecerdasan Buatan, pihaknya akan membuat ruang yang luas untuk pembangunan berkelanjutan pada teknologi ini, yang akan mengarah kepada produk–produk dan layanan baru. “Pada awal kedatangan teknologi 5G di tahun 2020, OPPO akan memperkuat inovasi pada teknologi 5G untuk membawa pengalaman lebih baik kepada pengguna global,” ujarnya.

Dengan peluncuran komersial 5G secara global dan peningkatan teknologi kecerdasan buatan, OPPO menanggap bahwa ‘Intelligent Connectivity‘, daripada Internet of Things, akan benar-benar menghadirkan pengalaman pengguna yang revolusioner.

“Kami bertujuan untuk menciptakan layanan gaya hidup pintar lintas-skenario dan multi-perangkat pada empat tempat utama – pribadi, rumah, kantor, dan perjalanan – dengan fokus kuat pada pengalaman produk yang interaktif. Sementara itu, kami akan terus memperluas kapasitas interkonektivitas kami, membangun jaringan layanan untuk meberikan pengalaman pengguna yang baru dan lebih menarik,” ujar Bobee Liu, Wakil Presiden OPPO dan Presiden Intelligent Mobile Devices.

Perangkat OPPO 5G CPE T1 yang akan dikuncurkan dalam Q1 2020

Salah satu mitra yang digandeng adalah Qualcomm, perusahaan semikonduktor asal San Diego, Amerika Serikat. Qualcomm menyediakan platform Mobile Snapdragon 865 terbaru dalam perangkat flagship premium yang sangat dinanti-nantikan pada tahun 2020. Untuk mendukung penyebaran awal 5G di kawasan ini, Qualcomm juga melengkapi Modem Snapdragon X50 5G pada perangkat OPPO 5G CPE T1.

Pada event ini, OPPO juga memamerkan rangkaian perangkat cerdas mendatang, termasuk 5G CPE T1, headphone nirkabel Enco Free, AR Glass, serta banyak pencapaian dalam teknologi pengisian daya, 5G, pencitraan, dan pengoptimalan perangkat lunak.

OPPO 5G CPE T1 adalah hub koneksi untuk penggunaan pada area rumah dan kantor, memperluas pengalaman koneksi jaringan Wi-Fi 5G kecepatan tinggi dan rendah latency. OPPO 5G CPE T1 ditenagai oleh modem Qualcomm Snapdragon X55 5G, mendukung mode standalone (NSA) dan non-standalone (SA) modes, dynamic spectrum sharing (DSS) dan roaming global 5G.

Headphone juga merupakan salah satu perangkat penting yang muncul di pada era konektifitas cerdas 5G. Enco Free true wireless headphones, yang memulai debutnya di acara ini, menggunakan teknologi Bluetooth dual-pass low-latency dan dilengkapi dengan speaker ultra-dinamis. OPPO berencana untuk meluncurkan headphone Enco Free di wilayah Asia Pasifik pada Januari 2020 dengan harga RM 499 (setara dengan 1,7 juta rupiah).