Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

BBC Sounds Hangatkan Persaingan Aplikasi Music Streaming, Sanggupkah Bertahan?

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Kantor berita pemerintah Inggris, BBC, baru saja meluncurkan BBC Sounds sebagai pengganti iPlayer Radio. Persaingan aplikasi music streaming diprediksi kian ramai dengan hadirnya pemain baru ini.

Setelah hampir satu abad BBC melakukan siaran radio ke seantero Inggris, BBC akhirnya nyemplung ke pasar persaingan aplikasi music streaming.

Kehadiran BBC Sounds diharapkan menjadi solusi BBC bertarung di tengah ledakan popularitas aplikasi music streaming yang sudah ada, seperti Spotify, Apple Music dan YouTube Music.

Sebenarnya BBC pernah meluncurkan medium podcast dan menayangkan acara bagus, seperti The Archers, Desert Islands dan The Infinite Monkey Cage, sebelum akhirnya firma ini memutuskan masuk ke persaingan aplikasi music streaming agar tak kehilangan fans-nya.

BBC sounds tersedia mulai hari ini melalui iOS dan Android. Secara intinya, produk baru di persaingan aplikasi music streaming ini masih menjadi radio hibrid dan podcast player. Bedanya, BBC mengubah cara menampilkan konten agar bisa memberikan pengalaman sebagaimana bisa dinikmati pada penyedia music streaming besar, seperti Spotify, tulis engadget.com.

Pemain lawas dalam industri music streaming. Foto: telegraph.co.uk
Related Posts
1 daripada 3

Sebagai contoh, ada Collections, dengan label, misalkan Funny Chat, Upgrade Your Life, Live Sessions dan Dance Mixes. Ada pula aplikasi, seperti hip hop, klasik, kriminal dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kesemuanya mengandung campuran dari podcast pilihan sendiri dan on-demand radio.

Label tersebut mirip dengan genre yang ada di Apple Music dan aplikasi music streaming lainnya. Agar bergengsi, BBC Sounds tidak menampilkan daftar “tradisional” melainkan yang benar-benar bermutu tinggi. BBC tidak mempunyai kontrak lisensi yang bisa menawarkan kendali track per track jadi pengguna tidak bisa melewatkan lagu pada daftar Discover Weekly tetapi masih bisa dikurasi dan dipersonalisasi.

“Daftar editorial tersebut memungkinkan kami bisa menampilkan lebih banyak konten,” kata Ben Chapman, Kepala Digital untuk Radio pada BBC.

Aplikasi ini akan melacak kebiasaan mendengarkan penggunanya lalu menyarankan acara atau lagu melalui bagian Recommended for You yang baru. “Bagi banyak orang, genre akan menjadi hal yang mereka pedulikan, dan bagi yang lain akan lebih ke soal suasana hati saat itu. Tetapi juga, fokus besarnya adalah bagaimana anda memperkenalkan pendengar ke hal baru. Inilah hal yang menjadi kunci dari BBC,” kata Dan Taylor-Watt, Kepala BBC iPlayer.

Dengan beberapa fitur tersebut, sanggupkah BBC Sounds bertahan di tengah ketatnya persaingan aplikasi music streaming saat ini?

Baca juga: 5 Aplikasi Wajib untuk Fans Sepak Bola Piala Dunia 2018