Catat! Pre-Order iPhone 13 Series Dimulai 12 November

Jakarta, Gizmologi – Pertanda kehadiran smartphone terbaru Apple secara resmi di Tanah Air memang sudah mulai bermunculan. Kalau sebelumnya sertifikat TKDN sudah tersedia, kini giliran tanggal dari pre-order alias PO iPhone 13 Series sudah diumumkan. Langsung dari peritel resminya di Indonesia.

Ya, setiap tahunnya Apple memang rilis smartphone terbaru dan terbaiknya dalam beragam varian berbeda. Sama persis seperti tahun lalu, tahun ini Apple hadirkan empat seri iPhone 13. Terdiri dari iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan tentu saja, iPhone 13 Pro Max. Dengan banderol harga yang berbeda-beda, kini perbedaan varian standar dan Pro semakin jauh.

Meski begitu, keempat iPhone baru ini memiliki kesamaan dalam hal peningkatan fitur. Tentu, chipset yang digunakan seragam, sama-sama Apple A15 Bionic. Menariknya, Apple membuat bodi keempat serinya sedikit lebih berat dan tebal. Alasannya? Demi menyematkan kapasitas baterai lebih besar, supaya daya tahannya lebih lama untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Review iPhone 13 Pro: Seri Terbaik Tanpa Kompromi

PO iPhone 13 di iBox & Digimap

PO iPhone 13 iBox

Nah, bagi Gizmo friends yang sudah tidak sabar untuk melakukan PO iPhone 13 series, ada kabar baik nih. Dua peritel terbesar perangkat Apple secara resmi di Indonesia, iBox dan Digimap, sama-sama mengunggah gambar untuk PO iPhone 13 & 13 Pro series. Keempatnya bakal tersedia dalam waktu yang bersamaan.

Baik iBox Indonesia maupun Digimap Indonesia pun bakal mulai menggelar PO iPhone 13 series dalam waktu yang sama pula. Yakni 12 November 2021, mulai pukul 00.01 WIB. Jadi bagi para kamu Apple fanboy yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan unit resmi iPhone terbaru, harus standby tengah malam agar tidak kehabisan ya.

Semua seri iPhone terbaru memang sudah lolos TKDN, dan sertifikatnya telah terbit pada 30 September kemarin. Gap atau jarak antara peluncuran global dan perilisannya pun bisa dibilang mirip seperti iPhone 12 series, alias sesuai dugaan banyak orang. Maka tak heran kalau PO iPhone 13 sudah dibuka bahkan sebelum natal atau akhir tahun.

iPhone 13 - TKDN

Menariknya, dalam situs P3DN, juga ditemukan kalau iPad mini generasi terbaru, serta smartwatch Apple Watch Series 7 telah lolos sertifikasi TKDN. Namun baik Digimap dan iBox masih belum berikan informasi terkait dua produk tersebut. Juga belum ada daftar harganya, meski PO iPhone 13 bakal segera dibuka. Mungkin mendekati tanggal, ya.

iPhone 13 Punya Desain Kamera Berbeda

iPhone 13

Dari tampak luar, yang paling berbeda secara desain adalah iPhone 13 dan iPhone 13 Mini. Tak lagi memiliki dua kamera yang diletakkan atas bawah, kini peletakannya dibuat berseberangan. Alasannya? Bukan hanya karena estetika saja, namun sensor utamanya punya modul lebih besar, menyamai iPhone 12 Pro Max.

Yup, akhirnya Apple membawa teknologi stabilisasi sensor-shift kepada iPhone versi termurah, dengan harapan perekaman video bakal lebih mulus meski tanpa menggunakan alat bantu. Varian warnanya juga berbeda, termasuk seri Pro yang kini memiliki warna biru lebih terang dan pucat, atau yang Apple sebut sebagai Sierra Blue.

Sementara bagi mereka yang inginkan opsi terbaik, iPhone 13 Pro series membawa setup tiga sensor kamera yang sepenuhnya berbeda. Sensor utamanya punya dimensi yang lebih besar, memungkinkan lebih banyak cahaya yang dapat ditangkap. Sensor telefoto 3x optical zoom ditemani dengan ultra-wide yang kini mendukung autofokus, sehingga bisa dimanfaatkan juga untuk foto jarak dekat alias makro.

Tinggalkan komen