alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Prosesor Intel Seri B Dirilis untuk Perangkat Desktop Form-Factor

Intel baru saja memperkenalkan prosesor Intel terbaru dari basis Tiger Lake generasi ke-11. Prosesor ini akan mengisi ceruk pasar perangkat desktop form-factor, memalui tampilan desain yang lebih spesifik. Dengan demikian pengguna tidak perlu mencari di pasaran untuk mendapatkan prosesor ini secara terpisah dari dekstop.

Seri prosesor Intel yang dimaksud terdiri atas empat kelas berbeda. Yakni Intel Core i9-11900KB, Core i7-i7-11700B, Core i5-11500B, dan terakhir Core i3-111000B. Seperti terlihat pada ketiga seri tersebut, memiliki kode “B” di akhir seri. Menunjukkan bahwa ini memang masuk ke jenis prosesor seri B, atau dalam kamus produk Intel digunakan untuk menyebut kelas mid-range. Dan memang diperuntukkan bagi pengguna yang tidak butuh pada kecepatan tinggi (overclock) perangkat komputernya.

Dikutip dari Tomshardware, Intel bekerja sama dengan pelanggan yang tertarik memperluas daftar produk mereka, lewat desain dekstop form-factor. Prosesor Intel Core i9 11900KB menjadi solusi melalui spesifikasi dan performa spesial untuk desain tersebut. Cukup bertenaga dan berada di rentang harga lebih terjangkau sesuai pasar yang dituju.

Baca juga: INBook X1, Laptop Pertama Infinix Harga Mulai Rp7 Jutaan

Spesifikasi Prosesor Intel dalam Desain Form-Factor

prosesor Intel
Desain form-factor umumnya dipakai untuk kebutuhan perkantoran.

Istilah form-factor banyak digunakan dalam sebuah bisnis untuk memberi klasifikasi maupun perbedaan bentuk dari suatu barang. Dalam industri komputasi, khususnya desktop, form-factor dapat mengacu pada perbedaan tampilan desktop dari sebuah perangkat PC. Yang umumnya berasal dari pabrikan secara langsung.

Seperti disebutkan di atas, dimana pengguna tidak perlu mencari prosesor Intel baru ini. Sebab jenis prosesor tersebut akan dijual dalam wujud desktop siap pakai. Biasanya berasal dari brand rekanan Intel yang sudah memiliki desain dekstop tersendiri. Seperti Lenovo, Asus, maupun HP.

Penggunaan desain form-factor lazim digunakan oleh perusahaan dalam jumlah banyak. Biasanya penggunaan desktop semacam ini lebih menekankan pada aspek komputasi dasar. Jadi memang tidak perlu yang namanya komputer dengan tenaga besar atau bahkan kemampuan overclocking.

Spesifikasi keempat prosesor baru ini sebenarnya sudah sangat baik, kok. Dimulai dari Core i9-11900KB yang memiliki 8-core, 16-thread, dengan clock speed 3.3 GHz dan dapat dipacu hingga 4.9GHz. Lalu Core i7-11700B memiliki clock speed 3.2 GHz, turbo 4.8 GHz. Agak berbeda dengan Core i5-11500B, yang memiliki 6-core, 12-thread, dengan clock speed 3.3GHz. Dan terakhir Core i3-11100B memiliki 4-core, 8-thread dengan clock speed 3.6 GHz.

Semua prosesor Intel baru ini berukuran 10 nanometer. Dan sudah dilengkapi dengan GPU terintegrasi di dalamnya yang cukup kuat menjalankan grafis visual standar dalam penggunaan harian.

Tinggalkan komen