Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Raspberry Pi 400, Komputer Murah & Ringkas Dalam Bentuk Keyboard

0 1.913

Adanya masa pandemi membuat masyarakat lebih banyak melakukan pekerjaan atau kegiatan belajar dari rumah. Dengan begitu, dari yang awalnya menggunakan fasilitas seperti komputer, ‘terpaksa’ harus membeli atau memiliki perangkat tersebut secara pribadi. Alhasil, penjualan komputer harga murah atau terjangkau meningkat selama pandemi, karena alasan kebutuhan.

Salah satu pembuat komputer PC terjangkau, Raspberry mengaku jika penjualan produknya meningkat selama pandemi Covid-19. Bersamaan dengan itu, mereka merilis Raspberry Pi 400. Sebuah perangkat baru yang sangat ringkas, tak hanya berdimensi kecil, namun dibuat menyatu di dalam sebuah papan ketik atau keyboard. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Misi dari Raspberry adalah untuk hadirkan sebuah komputer personal yang terjangkau, punya performa tinggi, serta mudah diprogram untuk berbagai kebutuhan masyarakat di seluruh dunia. Tentu, tak bisa dibandingkan performanya dengan PC Gaming. Setidaknya, perangkat seperti Raspberry Pi 4 sudah punya performa 40 kali lebih cepat dari versi originalnya.

Baca juga: MSI AiO PC PRO Series, Komputer All-in-One Cocok Buat WFH

Keunggulan Raspberry Pi 400

Raspberry Pi 400

Raspberry Pi 400 juga terinspirasi dari misi tersebut. Selain performa, faktor yang tak kalah penting adalah tingkat “user friendly” sebuah perangkat. Untuk itu, produk terbaru Raspberry ini didesain dalam bentuk keyboard, agar lebih sedikit perangkat yang ada di meja kerja, untuk set-up lebih simpel. Layaknya komputer klasik seperti BBC Micros, ZX Spectrums & Commodore Amigas.

Dibandingkan Pi 4 yang rilis pertengahan tahun lalu, Raspberry Pi 400 punya performa lebih tinggi dan suhu lebih dingin. Dimensinya sendiri tidak terlalu besar di 285mm x 122mm x 23mm, dengan jumlah 78 tuts keyboard (atau 79, bergantung dari varian regional yang dipilih).

Punya desain minimalis, seluruh port diletakkan di bagian belakang atas. Terdapat 2 port USB-A 3.0, 1 port USB-A 2.0, 2 port micro HDMI (yang mendukung output hingga 4k 60fps), serta slot kartu microSD sebagai sistem atau penyimpanan. Juga tentunya port Gigabit Ethernet untuk koneksi data lewat kabel,  selain dukungan Wi-Fi 802.11b/g/n/ac.

Sementara untuk performanya sendiri, digunakan sebuah prosesor rilisan Broadcom seri BCM2711. Prosesor ini memiliki CPU quad-core Cortex A72, 64-bit dengan clockspeed mencapai 1,8GHz. Dipasangkan dengan RAM 4GB LPDDR4, Raspberry Pi 400 dirasa sudah sangat cukup untuk keperluan bekerja dari rumah maupun sekolah daring. Dan untuk dayanya sendiri, menggunakan adapter USB-C dengan daya 15W.

Harga Raspberry Pi 400

Raspberry Pi 400

Lalu seberapa murah harga dari perangkat terbaru dari Raspberry ini? Dijual dalam dua bentuk paket, Raspberry Pi 400 dibanderol dengan harga USD 70 saja alias Rp1 juta (unit only). Gizmo friends hanya perlu menambahkan monitor maupun perangkat seperti mouse dan setup komputer personal siap digunakan.

Selain itu, juga tersedia paket “Personal Computer Kit”, lengkap dengan USB mouse, USB-C power supply, kartu microSD 16GB dengan Raspberry Pi OS yang sudah ter-install, converter micro HDMI ke HDMI dan buku panduan. Semuanya dijual seharga USD 100 (Rp1,4 jutaan).