Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Ambisi Masuk 3 Besar Merek Smartphone di Indonesia

0 1.441

Dalam waktu relatif singkat, realme mendapat respon positif dari konsumen di Indonesia. Sehingga produk-produk yang dirilisnya pun laris di pasar. Menjelang peluncuran dua produk unggulannya, yaitu realme 7 Pro dan realme C17, produsen smartphone asal Tiongkok tersebut mempertegas kembali komitmennya akan pemenuhan kebutuhan teknologi untuk anak muda di Indonesia.

Setelah berhasil menduduki peringkat TOP 4 di Q1-2020, realme kini semakin berambisi dan termotivasi untuk menjadi TOP 3 smartphone brand di Indonesia pada akhir tahun ini. “Tujuan ini ditetapkan bukan tanpa dasar. Sejak pertama kali hadir di Indonesia tepat dua tahun lalu, produk tech trendsetter realme sudah disambut dengan antusiasme tinggi dari para anak muda pecinta teknologi,” kata Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia, saat konferens pers virtual Biz talk with realme (9/10).

Baca juga: Review realme 7: Makin Sempurna untuk Segmen Harga Rp3 Jutaan

Tercatat sejak kuartal pertama tahun 2019 hingga kuartal ketiga tahun 2020, realme telah mengalami peningkatan pangsa pasar dari 1.4% hingga menjadi 16% dan realme memproyeksikan mampu meraih pangsa pasar lebih tinggi lagi pada akhir kuartal keempat tahun 2020.

Seri Angka yang Paling Diminati

Pertumbuhan pesat dalam waktu yang singkat ini dapat tercapai berkat konsistensi realme dalam menghadirkan produk smartphone dan AIoT dengan trendsetting technology yang dibutuhkan oleh pasar Indonesia.

Dari keempat seri smartphone yang dimiliki realme, yaitu Seri C, Seri Angka, Seri narzo, dan Seri X –  Seri Angka merupakan seri yang paling diminati oleh pasar Indonesia. Dengan keunggulan masing-masing, Seri Angka hadir membawa teknologi sekelas flagship dan membuat tolok ukur baru di kelas mid-range dengan trendsetting technology dan trendsetting design namun hadir dengan harga terbaik yang bisa didapatkan oleh anak muda di Indonesia.

Bulan September lalu, Seri Angka, tepatnya realme 7 series berhasil mencatatkan pencapaian luar biasa. Sebanyak 15.000 unit berhasil terjual habis di fase pre-order dan flash sale, hanya berselang satu hari dari tanggal peluncuran.

Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung dan sekitarnya, serta Makassar secara berurutan merupakan kontributor terbesar bagi penjualan realme di Indonesia. Selain kota-kota besar tersebut, realme juga disambut sangat baik di beberapa kota lainnya seperti Jember, Jambi, dan Sampit, dimana realme tercatat menduduki posisi dua besar untuk merek smartphone secara regional.

Prestasi ini bisa tercapai berkat komitmen realme yang mengusung konsep real price, real stock, dan real service di seluruh wilayah Indonesia. realme selalu memastikan ketersediaan produk untuk memenuhi permintaan pasar, tak jarang produk realme sudah dapat dibeli dengan harga yang sama di hari peluncuran produk tersebut.

Besarnya antusiasme para anak muda kepada realme, mendorong Indonesia menjadi pasar No. 1 di pasar Asia Tenggara serta TOP 3 di pasar global. Hal ini pula yang membuat realme memberikan beberapa prioritas kepada pasar Indonesia dengan meluncurkan beberapa produk andalannya untuk pertama kalinya di dunia. realme juga kerap mendengarkan dan merealisasikan permintaan anak muda seperti menghadirkan fitur NFC di mana Fitur NFC ini dihadirkan secara khusus untuk pasar Indonesia.

Perkuat Ekosistem AIoT 1+4+N

Tahun 2020, realme tidak hanya ingin fokus ke smartphone tetapi realme juga ingin membangun ekosistem produk AIoT-nya secara cepat dan berkesinambungan. Setelah mengalami pertumbuhan penjualan AIoT secara keseluruhan sebesar 1.551,4% di kuartal pertama hingga kuartal ketiga tahun 2020, realme juga menargetkan kontribusi penjualan AIoT sebesar 30 persen dari total penjualan smartphone di Indonesia.

Hingga saat ini, realme telah meluncurkan berbagai perangkat AIoT berupa perangkat smart audio, perangkat smart wearable serta realme Smart TV di Indonesia. Seiring dengan strategi “1+4+N”, realme berencana untuk membawa lebih banyak portfolio produk AIoT dan menggapai tujuan menjadi No. 1 AIoT Brand di Indonesia.