alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Riset Jakpat: Tokopedia Jadi E-Commerce Unggulan, Paling Nyaman Digunakan

Dalam era digital yang semakin memudahkan masyarakat, banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba memberikan layanan masing-masing untuk menarik perhatian konsumen. Dari berbagai jenis bisnis, situs e-dagang atau e-commerce merupakan salah satunya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa digunakan oleh Gizmo friends untuk mendapatkan keperluan harian.

Menjadi salah satu e-commerce terbesar di Tanah Air, Tokopedia nampaknya terus berinovasi terhadap pelayanannya agar bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Menurut sebuah riset yang baru dilaksanakan oleh lembaga survei Jakpat, Tokopedia memiliki tampilan aplikasi yang paling diminati oleh masyarakat. Tak hanya itu, iklan atau TVC mereka juga jadi yang nomor satu, bahkan dibandingkan dengan iklan jenis produk/layanan lain saat Ramadan 2021.

E-Commerce Tokopedia Punya Tampilan Terbaik

Tokopedia - iOSSelain menjadi salah satu bentuk hiburan masyarakat selama pandemi (siapa yang tak suka window shopping, bukan?), e-commerce juga digunakan untuk penuhi keperluan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan makanan, pakaian hingga hobi sampai elektronik rumah. Dapat diakses dari smartphone secara mudah melalui aplikasi.

Lewat sebuah postingan media sosial akun resmi Jakpat, diketahui bila Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan pekerja dewasa dan profesional, bersaing dengan dua kompetitor lain seperti Shopee dan Lazada.

Jakpat juga melakukan survei e-commerce dengan penilaian tampilan terbaik, di mana Tokopedia menjadi aplikasi e-commerce dengan tampilan terbaik menurut responden. Penilaian didasari oleh beberapa faktor, di antaranya; kemudahan pencarian produk, tampilan warna paling nyaman, menu tampilan dan tampilan presentasi produk yang paling mudah.

Raih Iklan Televisi Ramadan Terbaik 2021

wakaf uang tokopedia salamJakpat juga merilis laporan survei mereka terkait dengan iklan televisi yang ditayangkan selama Ramadan. Responden diminta untuk menilai 20 iklan dari beragam produk dan jenis layanan yang tayang selama masa Ramadan, dengan beragam atribut seperti intensitas pembelian, minat, keunikan, kepercayaan dan relevansi masing-masing iklan.

Dari 120 responden yang diajukan pertanyaan dalam pekan terakhir Ramadan kemarin, Tokopedia berhasil menjadi yang paling unggul. Baik dari keseluruhan (dibandingkan langsung dengan 19 iklan lainnya), maupun untuk iklan kategori e-commerce, mengungguli Shopee dan Lazada.

Masing-masing TVC memiliki pendekatan yang berbeda, dan untuk iklan khusus Ramadan, Tokopedia gunakan pendekatan yang berikan promo khusus pada bulan yang spesial bagi masyarakat muslim tersebut lewat TVC “WIB Waktu Indonesia Belanja”, meraih skor ads index 81,5. Posisi kedua ditempati oleh produk mi instan, sementara kompetitor e-commerce lain berada di posisi keenam dan kedelapan.

Berdasarkan tingkat relevansi, keunikan dan keberhasilan untuk memunculkan rasa percaya bagi penonton iklan, Tokopedia juga menjadi yang paling unggul bagi para responden dibandingkan iklan perusahaan lain.

Telah Hadirkan Banyak Inovasi Untuk Aplikasinya

Tokopedia AndroidPencapaian ini sejatinya tak mengherankan. Pasalnya, sejak tahun lalu Tokopedia cukup ngebut untuk tingkatkan aplikasinya. Di akhir Oktober 2020, misalnya, aplikasi versi iOS mendapat sederet peningkatan. Selain bisa gunakan NFC untuk top-up e-money langsung, dihadirkan widget khusus untuk pantau status pengiriman barang.

Tak hanya itu, bahkan aplikasinya juga hadir di Apple Watch, lengkap dengan tampilan berwarna gelap (dark mode) yang bakal lebih nyaman dipandang dalam kondisi pencahayaan tertentu. Inovasi tersebut membawa Tokopedia menjadi aplikasi terbaik di Apple App Store, dalam kategori “Great on iOS 14” dan ditampilkan pada halaman depan di bulan yang sama.

Berbeda di Android, fitur yang memanfaatkan NFC sudah ada sejak 2018. Tokopedia berikan inovasi lain berupa Dynamic Feature, mungkinkan smartphone hanya mengunduh fitur utama aplikasi yang dibutuhkan saja. Bisa mengurangi ukuran aplikasi sampai 27%, cocok untuk smartphone Android yang punya memori cekak. Tagihan listrik maupun paket data pun bisa ditanyakan lewat perintah suara ke asisten Google.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Tokopedia

Tinggalkan komen