Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy F41, Seri Baru dengan Baterai 6,000 mAh

0 4.706

Rumor mengenai adanya lini seri smartphone Samsung baru memang telah beredar beberapa minggu belakangan. Dikabarkan, produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut bakal hadirkan F-series sebagai lini khusus untuk hadirkan smartphone dengan keunggulan pada fitur kameranya. Namun rumor tersebut seolah ditampik dengan kehadiran resminya.

Meluncur resmi di India, Samsung Galaxy F41 resmi diperkenalkan sebagai seri F pertama. Ketika melihat desainnya, mungkin akan terlihat sangat familiar bagi Gizmo friends. Ya, benar sekali, smartphone ini hampir secara menyeluruh gunakan basis dari Galaxy M31, mulai dari desainnya, penggunaan waterdrop notch sampai kapasitas baterai besar 6,000 mAh.

Dalam iklan yang dirilis untuk perkenalkan lini smartphone terbarunya tersebut, huruf “F” diterjemahkan menjadi “full-on”, di mana smartphone ini dibuat powerful untuk penuhi kebutuhan anak muda masa kini. Perbedaan yang paling terlihat mungkin hanya opsi warnanya saja, lebih fresh dari Galaxy M31 dengan pilihan warna Fusion Green, Fusion Blue dan Fusion Black.

Baca juga: Rekomendasi Samsung Galaxy A Harga Sejutaan untuk Belajar Online

Spesifikasi Samsung Galaxy F41

Galaxy F41

Layar depannya gunakan panel Super AMOLED dengan resolusi full HD+, punya dimensi cukup luas di 6,4 inci. Samsung janjikan reproduksi warna mencapai 110% NTSC. Yang sedikit disayangkan, meski sudah gunakan AMOLED, sensor sidik jarinya masih diletakkan di bodi belakang, belum menyatu pada layar atau gunakan in-display fingerprint sensor.

Prosesornya sendiri juga masih sama, gunakan chipset Exynos 9611 yang sama seperti Galaxy A51, dengan RAM 6GB LPDDR4x serta pilihan memori 64GB/128GB. Selain slot kartu microSD sampai dukungan kapasitas 512GB, konektivitas pada Samsung Galaxy F41 juga cukup lengkap, mulai dari jack audio 3,5mm sampai port USB-C.

Samsung menyematkan kamera beresolusi tinggi baik di depan maupun belakangnya. Di dalam notch-nya terdapat kamera 32MP untuk swafoto berkualitas, sementara sensor utama kamera belakangnya punya resolusi 64MP. Sensor tersebut ditemani dua sensor lainnya; 8MP ultra wide-angle serta 5MP untuk hasilkan efek bokeh lewat Live Focus. Smartphone ini juga dilengkapi fitur Single Take, mampu hasilkan beragam jenis konten dalam satu sentuhan.

Untuk perekaman video, Galaxy F41 mendukung hingga resolusi 4K, dan berikan opsi mode lain seperty hyperlapse dan boomerang. Agar bisa digunakan lebih dari satu hari penuh, kapasitas baterai 6,000 mAh dari Galaxy M31 juga dibawa ke seri ini. Dengan dukungan adaptive fast charger 15 watt, butuh waktu sekitar 2 jam 40 menit untuk isi daya sampai penuh.

Dan sama seperti Galaxy M series, Samsung Galaxy F41 juga bakal gunakan One UI Core 2.1 berbasis Android 10. Dengan penggunaan “core”, maka dipastikan fiturnya tak selengkap seperti pada Galaxy A series.

Harga Samsung Galaxy F41

Warna Galaxy F41

Selain opsi warna yang lebih segar, yang menarik dari Samsung Galaxy F41 adalah banderol harganya. Lebih murah dari Galaxy M31, smartphone ini bakal hadir di India pada 16 Oktober mendatang. Harga resminya mulai dari INR17,000 atau Rp3,4 jutaan (dan Rp3,6 jutaan untuk varian 128GB).

Di rentang harga tersebut, Samsung bakal langsung berkompetisi dengan beberapa produsen lainnya seperti Xiaomi dan realme. Meski belum dilengkapi sensor NFC, kamera punch-hole atau pun refresh rate tinggi, Samsung masih punya keunggulan pada dimensi baterainya.



Cek harga smartphone Samsung di E-commerce:

 LAZADA SHOPEE Tokopedia Blibli