Samsung Akhirnya Hapus Iklan dari Aplikasi Bawaannya

Jakarta, Gizmologi – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk vendor smartphone agar perangkatnya bisa dijual dengan banderol harga lebih terjangkau. Selain menyesuaikan perangkat keras seperti spesifikasi dan material bodi, juga bisa lewat cara lain seperti software. Misalnya, membenamkan bloatware atau iklan tertentu pada aplikasi yang sudah terpasang sejak awal.

Sudah umum ditemukan pada smartphone terjangkau rilisan Xiaomi dan realme, situasi yang sama ternyata hadir pula di perangkat Samsung. Mulai dari yang terjangkau sampai flagship Galaxy S21 Ultra sekalipun, pengguna bakal dapat melihat banner iklan cukup mengganggu, lewat aplikasi bawaan yang sering diakses seperti aplikasi cuaca.

Samsung memang telah menjanjikan bila hal tersebut akan dihilangkan setidaknya akhir tahun ini. Namun ternyata proses penghapusan iklan di beberapa aplikasi bawaan Samsung sudah mulai terlaksana, lewat laporan beberapa penggunanya. Bahkan salah satu karyawan resmi perusahaan multinasional asal Korea tersebut secara langsung mengonfirmasinya, dikutip dari TizenHelp.

Baca juga: Ini Penyebab Samsung Smart TV Kini Baru Paham Bahasa Indonesia

Dilaporkan Bebas Iklan di Berbagai Negara

Samsung Galaxy Z Fold 3 5G

Sebagai salah satu pengembang layanan Samsung Health, dikonfirmasi bila banner iklan yang ada di bagian paling atas aplikasi bakal dihapuskan sejak 1 Oktober. Meski pernyataan tersebut rilis dari Korea Selatan, iklan tersebut juga sudah hilang di regional lainnya, termasuk Amerika Serikat dan Indonesia. Tak hanya itu, aplikasi bawaan lain dari Samsung juga kini sudah tampil lebih bersih.

Selain dari Samsung Health, iklan juga dihilangkan pada aplikasi Samsung Weather, Samsung Pay dan Galaxy Themes. Dengan begitu, konsumen tak perlu lagi mengernyitkan dahi, terutama ketika membuka dua aplikasi pertama yang bakal lebih sering diakses setiap hari. Melihat iklan pada perangkat flagship seperti Galaxy Z Fold 3 sekalipun.

Kami pun telah mengeceknya langsung dari Galaxy Z Flip 3, dan bisa dikonfirmasi kalau iklan yang sempat ada di beberapa aplikasi tersebut sudah tidak muncul kembali. Hanya saja di dalam aplikasi Samsung Pay, masih ada bagian “Featured” yang tampilkan promo khusus—setidaknya yang satu ini tidak terlalu dominan dan cukup relevan.

Sudah Dicanangkan Sejak Agustus Lalu

Samsung Galaxy F52 5G

Sebelumnya, pihak resmi Samsung telah mengonfirmasi pada pertengahan Agustus lalu, bila akan menghapus semua iklannya di aplikasi bawaan One UI seri Galaxy terbaru. Dikutip dari Yonhap, Samsung menyebutkan bila prioritasnya adalah hadirkan pengalaman terbaik bagi konsumennya, berdasarkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

“Kami menghargai pendapat dari pengguna, dan akan terus berlanjut untuk berkomitmen dalam berikan mereka pengalaman sebaik mungkin dari produk dan layanan Galaxy kami,” isi pernyataan yang kami kutip dari The Verge. Adanya iklan merupakan salah satu cara Samsung untuk mencoba menambah pundi-pundi pemasukan di ranah konten dan layanan periklanan.

Awalnya diperkirakan kalau situasi baru akan berubah ketika nanti One UI 4 berbasis Android 12 dirilis. Namun ternyata perlahan sudah diproses, dan pembaruannya lebih ke sisi server, alias tak perlu melakukan pembaruan apa pun. Bila masih muncul, Gizmo friends tetap bisa coba lakukan update di Galaxy Store, atau clear cache/data aplikasinya.

Tinggalkan komen