Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Samsung Siapkan Galaxy M41 dengan Baterai 6.800 mAh

0 1.026

Samsung dikenal merilis smartphone dengan baterai besar yang tahan lama, gunakan seri khusus yaitu Galaxy M. Selama tahun 2020 sendiri, Samsung Indonesia telah meresmikan cukup banyak seri smartphone Galaxy M, mulai dari Samsung Galaxy M11 yang menjadi varian termurah, sampai Galaxy M31 dengan baterai terbesarnya, 6.000 mAh, meninggalkan impresi baik pada ulasan kami.

Namun sepertinya tahta baterai smartphone Samsung terbesar akan berpindah tangan. Dikutip dari GSMArena, sebuah lembaga sertifikasi 3C asal China telah merilis sebuah sertifikat yang dipercaya sebagai Samsung Galaxy M41. Sertifikat tersebut rilis pada tanggal 28 Juni kemarin. Menariknya, di dalam bagian model serta spesifikasi, terpampang kapasitas baterai yang bahkan mendekati tablet Samsung Galaxy Tab S6.

Baca juga: Foto Galaxy A01 Core Beredar, Smartphone Termurah Samsung di 2020

Samsung Galaxy M41 Punya Kapasitas Baterai Terbesar

Sertifikasi baterai Samsung Galaxy M41

Ya, seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas, Samsung Galaxy M41 (atau Galaxy M51—penamaan ini baru sebatas rumor) akan memiliki baterai lebih besar lagi dari seri M31, yaitu 6,800 mAh. Sebagai informasi, kapasitas tersebut adalah “rated capacity”, dan bukan “typical capacity” yang biasanya digunakan untuk memasarkan smartphone. Artinya, smartphone ini dapat dipasarkan dengan nilai daya lebih besar, mendekati 7,000 mAh.

Baterai Samsung Galaxy M41

Sebuah situs Safety Korea bahkan juga telah mengunggah gambar baterai Samsung terbesar ini, diproduksi oleh Ningde Amperex Technology Limited dari China. Dengan balutan warna silver, sudah bisa ditebak jika baterai ini memiliki jenis baterai tanam, alias tidak dapat dilepas-pasang.

Kapasitas baterai tersebut bisa dibilang cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, tablet Samsung Galaxy Tab S6 dan S6 Lite saja punya kapasitas 7,040 mAh, dengan dimensi layar yang jauh lebih besar yaitu 10,4 inci. Dengan baterai yang setara, tidak menutup kemungkinan nantinya Samsung Galaxy M41 bakal bisa digunakan lebih dari dua hari pemakaian standar.

Foto Render Samsung Galaxy M41

Samsung Galaxy M41

Informasi awal perihal adanya Samsung Galaxy M41 diunggah oleh akun Twitter @OnLeaks, menunjukkan sebuah foto render seri Galaxy M tertinggi tersebut pada bulan Maret lalu. Kemudian di pertengahan Juni, dikabarkan jika smartphone ini bakal gunakan panel OLED milik pihak ketiga, pertama kali pada smartphone Samsung.

Namun tiga minggu kemarin, terbit sebuah laporan baru jika Samsung telah hentikan pengembangan dari Galaxy M41 sebagai calon suksesor dari M40. Dikutip dari SamMobile, fokus pengerjaan diubah ke Samsung Galaxy M51. Sudah biasa bagi produsen elektronik asal Korea Selatan ini untuk membagikan jenis baterai yang sama ke beberapa tipe smartphone, sehingga sangat mungkin bila baterai 6,800 mAh ini bakal digunakan di Galaxy M51.

Selain bisa digunakan selama lebih dari dua hari, kapasitas baterai ekstra besar akan membutuhkan waktu pengisian daya jauh lebih lama. Apalagi jika Samsung hanya berikan charger 15 watt layaknya kebanyakan smartphone menengah yang dijual oleh mereka. Gizmo friends pilih mana, baterai lebih tahan lama atau pengisian daya lebih cepat?