Semarak Warganet Peringati HUT ke-76 RI

Jakarta, Gizmologi – Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan ke-76, namun situasi pandemi yang masih terus terjadi, membuat perayaan HUT ke-76 RI ini berbeda dari biasanya. Kendati begitu, masyarakat masih bisa menyemarakkan Hari Kemerdekaan secara daring di media sosial.

Berbagai tagar yang memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pun merajai trending topic Twitter di Tanah Air hari ini, Selasa (17/8/2021). Setidaknya tagar teratas yang terkait Hari Kemerdekaan RI di Twitter adalah #17an, #HUTRI76, #17Agustusan, hingga Happy Independence Day.

Selain ucapan selamat, tidak sedikit dari warganet yang mengungkapkan harapannya agar Indonesia bisa cepat terbebas dari pandemi Covid-19.

https://twitter.com/aiimaulinda/status/1427456873049989166

Upacara Bendera 17 Agustus secara Daring

Sama seperti tahun lalu, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2021 juga akan digelar secara terbatas mengingat pandemi masih belum berakhir. Meski begitu masyarakat luas bisa mengikutinya secara virtual

“Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan bulan kemerdekaan di ruang digital,” kata Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu.

Rumah Digital Indonesia adalah sebuah situs yang dibuat pemerintah untuk merayakan kemerdekaan secara virtual pertama di Indonesia. Seluruh warga Indonesia dapat menikmati berbagai hiburan dan kebudayaan, perlombaan khas 17 Agustus, dan juga belanja produk UMKM dari 34 provinsi.

Masyarakat diperbolehkan ikut upacara bendera di Istana Merdeka secara virtual ini. Cara daftar dan ikut upacara bendera 17 Agustus bersama Jokowi di Istana Merdeka Jakarta:

  1. Klik situs www.rumahdigitalindonesia.id
  2. Nanti kalian langsung dihadapi dengan tombol ‘masuk’, maka klik tombol tersebut
  3. Setelah itu, kalian akan disuguhkan informasi sekilas tentang Rumah Digital Indonesia. Kalian cukup pilih next, sesudah itu pilih bagian ‘peta’ yang ada di bawah.
  4. Lalu cari lokasi ‘panggung nasional’ berada dan klik tombol warna merah.
  5. Klik arah panah kemudian live streaming siaran upacara HUT ke-76 RI berjalan.
  6. Jangan lupa pilih fitur besarkan layar yang ada di tengah-tengah. Begitu juga ubah suara yang semula mute.

 

Tinggalkan komen