Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Punya Lebih dari 100 juta Pengguna, SHAREit Raih Ranking Pertama di Google Play Indonesia

0 1.476

Walaupun namanya kurang moncer jika dibanding aplikasi media sosial, namun aplikasi untuk sharing ini popularitasnya tak dapat dimungkiri. Data terbaru AppAnnie menyebutkan, aplikasi SHAREit meraih peringkat pertama untuk semua kategori aplikasi di Google Play Indonesia dengan lebih dari 100 juta pengguna.  Sebelumnya, SHAREit juga sukses menjadi aplikasi teratas di Google Play India.

Pencapaian tersebut patut diacungi jempol. Michael Qiu, CEO SHAREit Technologies Co Ltd, mengatakan dengan posisi Indonesia sebagai salah satu pasar perangkat mobile terbesar, keberhasilan memuncaki Google Play Indonesia semakin memperkuat posisi SHAREit sebagai salah satu aplikasi yang paling diminati di dunia khususnya di kalangan millennial.

Diungkapkan, keberhasilan SHAREit di Indonesia tidak terlepas dari terus meningkatnya populasi pengguna smartphone. Hal ini juga didorong oleh perkembangan tren gaya hidup digital di kalangan konsumen yang diikuti dengan meningkatnya kegiatan berbagi/transfer file atau file sharing. Konsumen Indonesia yang semakin cerdas tentunya akan memilih teknologi berbagi file yang tidak memakai kuota paket data, menawarkan kecepatan lebih tinggi dari Bluetooth, dan dapat dilakukan secara lintas platform.

SHAREit1Kejelian memahami kebutuhan dan potensi pasar menjadi salah satu faktor yang membuat SHAREit sebagai start-up asal Tiongkok yang mampu berkibar di tingkat global. Mereka menjadi aplikasi yang paling populer di banyak negara termasuk Indonesia.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki SHAREit seperti kemampuan transfer file hemat biaya tanpa koneksi Internet dan fitur berbagi file secara real time melalui Share Zone, tak heran kalau aplikasi ini begitu diminati oleh kalangan millennial. Didorong cara unik distribusi spontan melalui perbincangan dari mulut ke mulut antar penggunanya, membuat SHAREit memiliki tren pertumbuhan yang cepat di seluruh dunia.

Perhatian pada kebutuhan pasar lokal yang spesifik juga harus menjadi perhatian startup yang ingin bermain di pasar global. SHAREit, misalnya, menawarkan desain yang disesuaikan untuk mempermudah penggunaan di negara berbeda dan menyediakan 39 jenis bahasa untuk memudahkan penggunanya di seluruh dunia. Untuk memperkuat posisinya di pasar, SHAREit juga mengadakan aktifitas-aktifitas bernuansa lokal untuk menarik perhatian pengguna dengan budaya yang berbeda-beda.