Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jumlah Instalasi Naik 160%, SHAREit Aplikasi Sumber Media dengan Pertumbuhan Global Tercepat

0 56

Aplikasi berbagi file SHAREit semakin memperkuat dominasinya di tataran global. Aplikasi besutan Smart Media4U Pte. ltd tersebut menempati posisi nomor 1 secara global dalam hal pertumbuhan di antara sumber-sumber media. Hal itu berdasarkan laporan dari The AppsFlyer Performance Index Edition XI.

Pertumbuhan SHAREit mencapai 160% dalam jumlah instalasi aplikasi. Peningkatan ini berbarengan dengan lonjakan basis klien SHAREit, sehingga membuatnya berada di posisi teratas di Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara yang mendominasi penggunaan SHAREit selama masa pandemi.

Hal itu sejalan dengan survey dari Internet Service Provider Association (APJII) dan Indonesia Survey Center (ISC). Survei APJII menyebutkan, 73,2 persen masyarakat Indonesia tidak lagi mengakses internet melalui PC dan hanya 19,7 persen dari total responden yang menggunakan laptop untuk mengkases internet harian.

 

Dampak Pandemi dan Adaptasi Kebiasaan Baru

Ditemukan perubahan kebiasaan signifikan di antara pengguna internet selama masa pandemi COVID-19. Sehubungan dengan terjadinya Adaptasi Kebiasaan Baru, teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat, namun juga terjadi pergeseran besar dalam penggunaannya.

Kebijakan kerja dan belajar dari rumah telah menumbuhkan bisnis berbasis berbagi file dan penyedia konten secara signifikan, yang membuat SHAREit memimpin di industri. Menurut We Are Social digital report 2020, 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan menempatkan SHAREit di posisi nomor 4 dari jumlah download di tahun 2019. Pencapaian ini diraih dengan melihat kinerja SHAREit dari AppsFlyer Performance Index Edition X, berada di peringkat ketiga dan kelima dalam hal pertumbuhan, masing-masing di Asia Tenggara dan India.

Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director, SHAREit Indonesia, mengatakan, Indonesia merupakan negara yang perekonomiannya digerakkan oleh perangkat seluler dan industri hiburan digitalnya tampil sebagai sektor yang amat menarik.

“Saya terkesan dengan investasi, visi strategis, dan tujuan jelas untuk mengembangkan kesuksesan SHAREit. Ke depan, saya ingin menjalin hubungan dan asosiasi penting sehingga kami bisa menjadi penyedia hiburan holistik,” ujar Aat dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (18/11).

Shareit Google Play IndonesiaIa tak menampik, selama masa pandemi ini keadaan sangat sulit, tidak pasti dan menantang, tetapi menjadi komitmen kami untuk tetap berkembang dan selalu berkinerja tinggi. “Melihat pasar Indonesia merupakan yang terkuat di Asia Tenggara, kami sangat tersentuh ketika menyaksikan pertumbuhan dan pengakuan ini di tengah tantangan dunia pada 2020 dan hal ini meninginspirasi kami untuk selalu berkomitmen mewujudkan keunggulan di masa mendatang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, SHAREit saat ini memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) SHAREit telah menembus 500 juta pengguna di seluruh dunia, tersedia dalam 45 bahasa lokal di 200 negara.

Menurut Aat, SHAREit tidak hanya menyediakan konten, tetapi juga pilihan permainan yang luas, menjadikannya one-stop-shop untuk kebutuhan hiburan digital. SHAREit dapat digunakan secara online dan offline dan juga memberikan peluang yang lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis. SHAREit juga menjadi ekosistem pertama yang bermitra dengan Google Play untuk melakukan verifikasi, autentikasi, serta atribusi terhadap setiap aplikasi peer 2 peer.