Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sharp Aquos Zero 2 Rilis di Taiwan, Smartphone Pertama dengan Refresh Rate 240Hz

0 1.020

Pabrikan asal Jepang, Sharp dikenal tak hanya merilis perangkat elektronik rumah, tetap juga smartphone yang cukup inovatif. Sebut saja Sharp Aquos Crystal yang miliki desain bezel-less, saat smartphone lain di tahun 2014 masih miliki bezel tebal di keempat sisinya. Nah, kali ini Sharp kembali rilis produk dengan teknologi layar yang mutakhir, yaitu Sharp Aquos Zero 2.

Smartphone ini sebenarnya sudah diperkenalkan di negara asal sejak September 2019 lalu. Namun pada saat itu belum diumumkan mengenai harga jual serta ketersediaan di luar Jepang. Kini Sharp telah menghadirkan Aquos Zero 2 di Taiwan, pemasaran pertamanya di luar Jepang. Seri sebelumnya, Aquos Zero diklaim sebagai flagship layar 6 inci paling enteng di dunia.

Baca juga: SHARP Aquos V, Smartphone Baru Rasa Lawas

Keunggulan Sharp Aquos Zero 2

Layar 240Hz Sharp Aquos Zero 2

Spesifikasi smartphone ini bisa dibilang cukup unik, miliki kekurangan yang agak bikin heran. Dari sisi desain, Sharp Aquos Zero 2 terlihat cantik dengan paduan material kaca depan belakang yang melengkung di kedua sudut kiri dan kanan. Desain bodi belakangnya dibuat simpel, dengan dua modul kamera diletakkan di tengah kanan, tak gunakan setup tiga atau empat kamera.

Fitur kunci utama yang dihadirkan pada Sharp Aquos Zero 2 adalah layar depannya. Miliki dimensi 6,4 inci OLED dengan resolusi full HD+ serta waterdrop notch, smartphone ini menjadi yang pertama dengan teknologi refresh rate 240Hz. Yup, bahkan jauh melewati smartphone gaming seperti Nubia dengan refresh rate 144Hz. Layar tersebut sudah terlapis perlindungan Corning Gorilla Glass 6.

Meski begitu, bobotnya masih bisa dibuat lebih ringan 3 gram dari pendahulunya, cuma 143 gram aja. Karena dirilis tahun lalu, maka wajar jika chipset yang digunakan bukan yang terbaru untuk standar flagship di tahun 2020. Snapdragon 855 digunakan untuk memberi tenaga layar super halus tersebut, dipadukan dengan RAM 8GB LPDDR4x serta memori internal 256GB berjenis UFS 3.0. Untuk fitur keamanan, sensor sidik jari di dalam layar tentunya disediakan.

Di sisi belakang, dua kamera yang digunakan adalah kamera utama 12MP f/1.7 serta kamera ultra wide-angle 21MP f/2.4. Di sisi depan, disiapkan kamera selfie beresolusi 8MP f/2.4. Sudah menjalankan Android 10 dan dilengkapi sertifikasi IP65/68 tahan air serta debu, smartphone ini terdengar cukup sempurna secara keseluruhan, kecuali dari segi baterai.

Kapasitasnya hanya 3.130 mAh, jauh dibawah smartphone masa kini yang punya kapasitas baterai setidaknya 4.000 mAh. Dengan kapasitas sekecil itu dan refresh rate yang tinggi, akan sangat hebat bila Sharp Aquos Zero 2 masih bisa digunakan dalam kurun waktu satu hari pemakaian.

Harga Sharp Aquos Zero 2 di Taiwan

Sharp Aquos Zero 2 Misty White

Smartphone ini bakal hadir dalam dua opsi pilihan warna, yaitu Astro Black dan Misty White. Di Taiwan, Sharp Aquos Zero 2 dibanderol seharga TWD21,990, atau sekitar Rp10 jutaan. Sudah dijual secara massal, Sharp berencana untuk lanjut hadirkan smartphone flagship terbaru mereka ini ke berbagai negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, Sharp baru saja hadirkan seri Aquos V yang juga gunakan chipset kelas flagship. Hanya saja, spesifikasinya tergolong cukup tertinggal jaman, gunakan Snapdragon 835 rilisan 2016. Semoga kedepannya Sharp Indonesia juga turut hadirkan smartphone terbaik mereka di tanah air.