alexa

Similarweb: Tokopedia Jadi E-commerce Paling Banyak Dikunjungi di Semester I 2021

Jakarta, Gizmologi – Pandemi telah mendorong peningkatan nilai transaksi e-commerce sepanjang semester I-2021 yakni sebesar 63,4 persen menjadi Rp186,7 triliun. Bahkan, Bank Indonesia (BI) memperkirakan hingga akhir tahun 2021 transaksi e-commerce dapat meningkat 48,4 persen sepanjang tahun 2021 menjadi Rp395 triliun.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, belum lama ini mengatakan, peningkatan transaksi ini banyak dilakukan oleh pedagang ritel yang juga merupakan UMKM. Peningkatan transaksi e-commerce tersebut menjadi cerminan bahwa digitalisasi UMKM sangat penting, apalagi mengingat ekonomi dan keuangan digital di tengah COVID-19 tumbuh sangat cepat.

Selain itu, ia menjelaskan mayoritas e-commerce saat ini sudah banyak yang memakai uang elektronik dalam transaksi pembayarannya. Adapun untuk transaksi uang elektronik pada paruh pertama tahun ini berhasil tumbuh 41 persen mencapai Rp132 triliun, sehingga keseluruhan tahun diperkirakan mencapai Rp278 triliun.

Baca juga: Begini Strategi Jangka Panjang Tokopedia Bangun Masa Depan Digital Indonesia

Tokopedia Platform E-commerce Paling Banyak Dikunjungi

Tokopedia trafik
Data Similarweb kunjungan e-commerce selama semester 1 tahun 2021

Tingginya minat masyarakat berbelanja daring membuat kunjungan ke situs belanja melesat. Menurut Data Similarweb periode Januari-Juni 2021, Tokopedia merupakan platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat di Indonesia. Setiap bulannya, Tokopedia dikunjungi setidaknya 132,8 juta kali.

Sementara itu kompetitornya yaitu Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli, masing-masing secara berurutan menempati peringkat 2 hingga 5. Similarweb mencatat bahwa Shopee mengantongi kunjungan bulanan 116 juta kali. Sementara itu Bukalapak yang hari ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia dikunjungi 28,9 juta kali setiap bulannya. Pengunjung bulanan Lazada mencapai 25,69 juta kali, dan Blibli dengan 17,98 juta kunjungan pada periode yang sama.

Pada periode Januari-Maret 2021, Similarweb juga mencatat Tokopedia sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Tanah Air. Setiap bulannya, Tokopedia dikunjungi 126,4 juta kali. Sementara Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli, masing-masing secara berurutan menempati peringkat 2 hingga 5. Shopee dengan kunjungan bulanan 117 juta kali, Bukalapak 31,27 juta kali, Lazada 28,2 juta kali, dan Blibli 18,52 juta kali dikunjungi setiap bulannya.

Berkaitan dengan monthly unique visitors (MUV) atau pengunjung unik setiap bulan periode Januari-Maret 2021, peringkat 1-5 ditempati oleh Tokopedia dengan 38,93 juta MUV, Shopee 35,75 juta MUV, Bukalapak 12,83 juta MUV, Lazada 11,22 juta MUV, dan Blibli dengan 9,642 juta MUV.

Data Similarweb Januari-Juni 2021
No. Ecommerce and Shopping Monthly Visits Monthly Unique Visitors
Jan-Mar 2021 Apr-Jun 2021 Jan-Mar 2021 Apr-Jun 2021
1 Tokopedia 126,4 juta 139,2 juta 38,93 juta 42,98 juta
2 Shopee 117 juta 115 juta 35,75 juta 34,95 juta
3 Bukalapak 31,27 juta 26,54 juta 12,83 juta 10,91 juta
4 Lazada 28,2 juta 25,19 juta 11,22 juta 9,938 juta
5 Blibli 18,52 juta 17,44 juta 9,642 juta 9,001 juta

Pada bulan April-Juni 2021, Tokopedia tetap menjadi platform e-commerce di Indonesia yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Similarweb mencatatkan bahwa setiap bulannya, Tokopedia dikunjungi 139,2 juta kali. Meningkat 12,8 juta dibandingkan data Januari-Maret 2021. Di sisi lain, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli, masing-masing secara berurutan menempati peringkat 2 hingga 5.

Shopee tercatat mengantongi kunjungan bulanan 115 juta kali, turun 2 juta dibandingkan data Januari-Maret 2021. Bukalapak 26,54 juta kali dikunjungi setiap bulannya, turun 4,73 juta dibandingkan data Januari-Maret 2021.

Jumlah pengunjung bulanan Lazada 25,19 juta, turun 3,01 juta dibandingkan data Januari-Maret 2021. Terakhir ada Blibli dengan 17,44 juta kali dikunjungi setiap bulannya, turun 1,08 juta  dibandingkan data Januari-Maret 2021.

Berkaitan dengan MUV periode April-Juni 2021, peringkat 1-5 ditempati oleh Tokopedia dengan 42,98 juta MUV, Shopee 34,95 juta MUV, Bukalapak 10,91 juta MUV, Lazada 9,938 juta MUV, dan Blibli dengan 9,001 juta MUV.

Adapun traffic share April-Juni 2021, peringkat 1-5 ditempati juga ditempati oleh Tokopedia sebesar 27,68 persen, Shopee 22,86 persen, Bukalapak 5,28 persen, Lazada 5,01 persen dan Blibli 3,47 persen.

Tinggalkan komen