Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Smartphone 5G Diprediksi Akan Mencapai 15 Juta Unit di 2019

Penjualan smartphone di dunia tahun ini sepertinya akan mengalami penurunan. Memang penurunannya tidak signifikan, malah di tahun depan akan naik kembali berkat adanya 5G. Teknologi seluler generasi kelima tersebut mendapatkan respon lumayan besar, di mana kehadiran smartphone 5G kian ditunggu-tunggu.

Dilansir dari commbusiness.co.uk (11/9/2019), analisa dari Gartner menunjukkan adanya penurunan penjualan smartphone di tahun ini, sekitar 2,5 persen year over year. Dengan kata lain, penjualan smartphone di tahun ini mentok di angka 1,5 miliar unit.

Namun begitu, dalam laporan Gartner, angka ini akan kembali naik di 2020. Pasalnya, banyak operator telekomunikasi yang telah mulai menguji coba teknologi 5G, walau ada sebagian kecil yang sudah mengadopsinya. Analis juga berharap jika smartphone 5G buatan Apple  yang meluncur di 2020, akan menjadi momentum untuk menarik semua vendor ikut serta terjun ke 5G.

Baca juga: Huawei Ungkap Sejumlah Tantangan Adopsi 5G di Indonesia

Related Posts
1 daripada 399
samsung galaxy a90 5G
Samsung Galaxy A90 5G (Foto: Cnet)

“Siklus pergantian smartphone oleh pengguna semakin panjang, ditambah dengan larangan Huawei menggunakan teknologi smartphone milik AS, cukup berpengaruh pada penurunan penjualan smartphone tahun ini, khususnya di paruh pertama 2019. Tampaknya penurunan ini akan terus terjadi sepanjang paruh kedua tahun ini,” ujar Annette Zimmermann, VP Research Gartner.

Menurut Zimmermann, meskipun sudah banyak produsen yang mulai mengeluarkan smartphone 5G dan para operator juga sudah ada yang mulai mengkomersilkannya, namun tetap saja di tahun ini angka penjualan smartphone turun. Penjualan akan mulai terlihat agresif di tahun 2020, seiring dengan cakupan dan ketersediaan layanan 5G yang mulai banyak.

Gartner memprediksi jumlah smartphone 5G yang terjual sampai akhir 2019 akan mencapai angka 15 juta unit. Namun itu tetap saja merepresentasikan sekitar 1 persen dari total penjualan smartphone sepanjang tahun. Jepang, Eropa Barat, dan Amerika Utara diprediksi akan mengalami penurunan paling drastis di tahun ini.

Beberapa vendor smartphone yang sudah mulai menjajakan smartphone 5G adalah LG V50 ThinQ, Oppo Reno 5G, Samsung Galaxy S10 5G, dan Xiaomi Mi Mix 3 5G. Kedepannya pasti banyak vendor-vendor smartphone yang akan mengaplikasikan 5G di ponsel buatannya.