Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Keuntungan Membekali Anak-anak dengan Smartphone

Jangan cuma orang tuanya dong yang kualitas hidupnya bertambah dengan smartphone, si kecil juga bisa lho, Gizmolovers!

Bill Gates pernah dikabarkan melarang anaknya untuk memiliki smartphone. Buat kamu yang sudah punya anak, berhubung itu bukan anaknya Bill Gates, rasanya nggak masalah jika kamu berikan smartphone untuk si kecil.

Terlepas dari kontroversinya, di mana katanya bisa menyebabkan ketergantungan, ternyata perangkat smartphone juga mendatangkan manfaat tersendiri jika digunakan anak-anak. Apa aja sih manfaatnya?

1. Membuatnya Tetap Terhubung

Kamu tidak perlu setiap waktu menelpon atau mengirimkan teks berkali-kali ke si kecil buat mengetahui kalau dia baik-baik saja. Cukup manfaatkan fitur GPS yang ada pada smartphone, kamu bisa memantau keberadaannya. Bahkan, kalau kamu seposesif masa-masa pacaran, bisa juga manfaatkan fitur Share Live Location di WhatsApp yang memungkinkan kamu bisa mengetahui ke mana aja dia berada hingga 8 jam.

2. Kreativitas dan Kecerdasan Bertambah

Siapa bilang konten di smartphone isinya negatif-negatif aja? Kalau kamu berpikiran positif, bisa kok dapat konten-konten positif. Banyak game-game edukatif yang tersedia di Google Play dan App Store buat meningkatkan kreativitas anak. Bahkan di YouTube sendiri banyak video-video edukatif yang bisa menambah wawasannya. Pokoknya kamu jangan kaget ya, jika sewaktu-waktu si kecil bisa membuat postcard lucu bertuliskan “I Love You” kreasinya sendiri atau menyanyikan lagu “Imagine”-nya John Lennon dengan fasih.

Related Posts
1 daripada 317

3. Mendukung Pelajaran di Sekolah

Sebagai perangkat yang terhubung dengan internet, tentu saja smartphone memungkinkan kita bisa mendapatkan informasi apa saja, begitu pun buat anak. Dengan internet, si kecil mendapatkan informasi pendukung dari apa yang dia pelajari di sekolah. Misalnya, untuk pelajaran sains, dia bisa mengetahui wujud aktual dari berbagai planet yang belum pernah ditunjukkan dalam buku pelajaran atau ucapan gurunya di sekolah.

4. Menambah Kemampuan Bercerita

Dengan fitur kamera pada smartphone, si kecil bisa tergugah untuk mendokumentasikan sesuatu yang ditemuinya berupa foto atau video. Dia bahkan bisa menunjukkan kepada kamu dan menceritakan apa saja temuannya di luar sana. Di sini kemampuan anak untuk bercerita bisa terasah dengan sendirinya. Keren kan?

5. Mengeksplor Dunia

Si kecil bisa mengetahui betapa besarnya dunia ini dengan smartphone. Bahkan, dia bisa mengetahui bahwa di luar sana ada manusia yang berbeda rasnya termasuk keunikan budayanya. Makanya nggak usah kaget jika sewaktu-waktu dia minta diajak jalan-jalan ke Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, sebuah desa di Wales yang memiliki nama terpanjang di dunia.

Nah, sebesar apa pun manfaat smartphone pada anak, kamu tetap harus mengontrol penggunaannya. Jadi pastikan perangkat yang digunakan telah terinstal aplikasi Parental Control atau App Control yang membuatnya terhindar dari konten-konten negatif.